in ,

CuteCute LoveLove OMGOMG

10 Cara Tepat Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat

Berbagai macam jenis diet melalui media periklanannya menjanjikan penurunan berat badan secara efektif. Dan Akhirnya, produk mereka cepat menarik perhatian dan perbincangan publik. Meski nyatanya, efektivitas produk-produk yang dijual tersebut membutuhkan syarat dan ketentuan tertentu dari diri seorang konsumen.

Beberapa program diet memang menyiksa dan hanya membuat kamu kelaparan. Jika tekad kamu untuk menurunkan berat badan tidak kuat, mungkin kamu hanya bisa bertahan beberapa hari saja.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika kita membiasakan pola makan yang sehat alih-alih melakukan diet ketat. Selain membuat kondisi tubuh lebih bugar, cara ini juga akan menurunkan berat badan.

Kira-kira apa saja langkah yang tepat untuk dilakukan? Yuk, simak berikut ini!

10 Cara Tepat Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat

1. Jangan lewatkan sarapan yang sehat setiap hari

Banyak orang yang beranggapan bahwa tidak sarapan akan mengurangi kalori yang didapatkan tubuh dalam sehari. Justru yang terjadi adalah sebaliknya. Ketika perut dibiarkan lapar dari pagi, kamu akan terdorong untuk makan lebih banyak di siang hari.

Studi dari The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2014 mengatakan bahwa selain menyehatkan, kebiasaan ini juga bisa menghentikan kamu untuk makan banyak di siang hari. Akan tetapi, tetap pilih menu yang tepat dan sesuaikan porsinya ya. Sarapan yang direkomendasikan adalah sereal, susu, dan buah.

2. Awali waktu makan dengan minum air putih dan makan sayuran

Kamu bisa mengelabui pikiran untuk tidak makan terlalu banyak, lho! Caranya adalah dengan mendahulukan air putih dan sayuran ketika makan. Dilansir dari The Healthy, langkah ini bisa membantu kamu untuk merasa lebih kenyang sebelum lanjut ke makanan yang lebih berat. Dengan begitu, kamu tidak akan makan terlalu banyak.

3. Ganti makanan dengan yang rendah lemak

Sebisa mungkin, ganti sumber makananmu dengan yang rendah lemak. Misalnya, untuk mayonnaise, produk susu, keju, dan lain-lain. Perbedaan rasa antara keduanya tidak jauh kok. Jadi, tidak perlu ragu untuk beralih ke alternatif yang lebih sehat tersebut

4. Jangan telat makan siang

Studi yang dipublikasikan oleh International Journal of Obesity menemukan adanya keterkaitan antara makan siang yang lebih awal dengan penurunan berat badan. Hasil penelitian menunjukkan orang yang makan sebelum pukul 15.00 bisa mengurangi berat 25 persen lebih banyak daripada yang makan telat.

5. Tambahkan sayuran ke setiap menu makananmu

Sama seperti poin sebelumnya, tujuan dari cara ini adalah untuk membuat kamu merasa lebih kenyang. Akhirnya kamu tidak akan makan kalori terlalu banyak. Selain itu, menambahkan sayuran ke setiap makanan juga bisa membuat kamu lebih sehat, iya kan?

6. Hindari makan berat dan snack di malam hari

Makan malam memang dikenal sebagai salah satu pantangan saat diet. Masalah ini telah dibuktikan oleh banyak penelitian ilmiah, salah satunya adalah studi University ofPennsylvania School of Medicine tahun 2017.

Peneliti mengatakan bahwa kebiasaan tersebut dapat meningkatkan kadar insulin, glukosa, kolesterol, dan trigliserida (lemak dalam darah). Jadi selain membuat gemuk, makan malam juga buruk untuk kesehatan kita. Sebagai gantinya, jika lapar, coba konsumsi buah dan perbanyak minum air mineral.

7. Hindari minum minuman yang manis

Siapa yang sering minum boba, milk tea, soda, dan minuman manis lainnya? Mereka memang menyegarkan, tetapi tidak baik untuk kesehatanmu jika dikonsumsi terlalu sering.

Dilansir dari WebMD minuman yang mengandung gula memiliki kalori yang tinggi tetapi tidak mengenyangkan. Kamu tetap harus makan, jadi kalori yang kamu konsumsi semakin tinggi. Gantilah minuman tersebut dengan air putih, susu rendah lemak, atau jus buah tanpa tambahan gula.

8. Kurangi karbohidrat dan tambahkan protein

Untuk mengurangi berat badan, kamu perlu membatasi jumlah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Sebagai penggantinya, tambahkan protein yang lebih banyak. Ini adalah kunci dari diet keto. Kamu bisa menirunya walaupun tidak melakukan sepenuhnya. Dengan pola makan ini, kamu akan terbiasa untuk mengurangi porsi karbohidrat yang kaya akan kalori.

9. Makan dengan tenang dan tidak tergesa-gesa

Kesibukan yang padat sering kali memengaruhi cara makan kita. Karena diburu-buru oleh jadwal, kita pun berusaha makan lebih cepat. Namun ternyata kebiasaan ini tidak sehat dan bisa membuat kita lebih rentan terhadap kenaikan berat badan.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian The American Journal of Clinical Nutrition. Sebagai gantinya, cobalah untuk makan dengan lebih pelan dan menikmatinya dengan baik

10. Ilusi mata juga bisa membantu

Apakah ilusi mata yang dimaksud? Dilansir dari The Healthy, kita bisa mencoba menggunakan piring yang lebih kecil ketika makan. Dengan begitu, porsi yang diambil pun akan berkurang secara otomatis.

Selain itu, kamu juga bisa mengganti sendok dengan garpu jika memungkinkan. Laman Food Quality and Preference menemukan bahwa dengan garpu, orang cenderung makan lebih lambat. Ini membantu kita untuk mencerna makanan lebih baik, akhirnya kamu pun lebih cepat kenyang.

Cara-cara di atas tidak sulit untuk dilakukan, kan? Jika kamu ingin menurunkan berat badan dengan mudah dan sehat, yuk cobain mulai sekarang!

Written by Rian D. Saputra

“Semangat mengubah hidup dengan doa, kesabaran, keikhlasan, ikhtiar akan menjadi ibadah yang sempurna di hadapan Allah”

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Operasi Plastik

Apakah Operasi Plastik Menggunakan Bahan Dari Plastik?

Viral, Seorang Pria Asal India Tewas Karena Bermain Game PUBG