in ,

10 Fakta Unik Tentang Sistem Imun Atau Kekebalan Tubuh Manusia

Tertawa Bahagia

Kepoinkuy.com – Sistem imun adalah sekelompok sel, protein, jaringan, dan organ khusus yang bekerja sama melawan segala hal yang berbahaya bagi tubuh.

Sejatinya kita hidup berdampingan dengan banyak mikroorganisme, yakni kuman, bakteri, jamur, atau virus. Para mikroorganisme tersebut lantas menjadi ‘ancaman’ bagi kesehatan tubuh.

Dilansir Healthline, sistem kekebalan terdiri dari macam-macam kelenjar dan sel yang bekerja secara simultan untuk menjadi perisai tubuh. Mari kita belajar mengetahui berbagai fakta unik tentang sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga : 5 Manusia Yang Memiliki Kelebihan Khusus Bak Superhero Dalam Dunia Nyata

Terdiri dari 5 liter darah dan getah bening

fakta unik sistem imun
Darah

Sistem kekebalan tubuh adalah sistem pertahanan kompleks yang didukung oleh lima liter darah dan getah bening. Getah bening adalah cairan yang jernih dan tidak berwarna yang mengalir ke seluruh jaringan tubuh.

Bersama-sama, kedua cairan ini mengangkut semua elemen sistem kekebalan sehingga masing-masing dapat menjalankan fungsinya dalam melindungi tubuh.

Leukosit, ksatria putih pembunuh dan pemakan musuh

darah putih
Leukosit atau Darah Putih | materi

Seperti ksatria putih yang membunuh naga untuk menyelamatkan kerajaan, sel-sel darah putih juga ‘maju ke medan perang’ saat tubuh diserang bahaya.

Ada dua jenis sel darah putih, yaitu fagosit dan limfosit. Fagosit dapat bergerak melalui pembuluh darah dan jaringan untuk menelan atau menyerap organisme yang menyebabkan penyakit, patogen, dan racun.

Kadang-kadang ketika fagosit telah menyerap patogen, ia akan mengirim zat kimia yang membantu limfosit mengidentifikasi jenis patogen. Setiap patogen membawa jenis antigen tertentu, dan setiap limfosit di tubuh Anda membawa antibodi yang dimaksudkan untuk melawan antigen bawaan patogen.

Tubuh menciptakan antibodi baru setiap kali terinfeksi antigen baru

bakteri
Bakteri

Seperti jenderal yang terus-menerus memperbarui strategi setiap musuh baru menyerang, tubuh juga menyesuaikan diri dengan menciptakan antibodi baru setiap kali terinfeksi antigen baru.

Jika antigen yang sama menginfeksi Anda untuk kedua kalinya, tubuh Anda dapat dengan cepat membuat salinan antibodi yang sesuai untuk menghancurkannya.

Satu tetes darah dapat mengandung hingga 25.000 sel darah putih. Tetapi para prajurit pemberani ini hanya hidup hingga beberapa minggu, jadi mereka harus selalu diperbarui.

Demam dan peradangan adalah pertanda baik

demam
Demam | mayoclinic

Terserang demam dan peradangan memang tidak menyenangkan, tetapi itu adalah pertanda bahwa tubuh Anda melakukan tugasnya dengan baik. Demam melepaskan sel darah putih, meningkatkan metabolisme, dan menghentikan organisme tertentu berkembang biak.

Peradangan terjadi ketika masing-masing sel yang rusak melepaskan histamin. Histamin menyebabkan dinding sel membesar. Inilah yang menjadi pemicu ruam, panas, nyeri, dan pembengkakan radang. Akibatnya, tubuh Anda akan membatasi efek iritasi.

Sistem imun juga bisa stres

Infeksi Virus
Infeksi Virus

Apakah Anda pernah melakukan aktivitas tinggi seharian dan tiba-tiba menemukan diri Anda sakit? Itu adalah sistem kekebalan Anda yang sedang memberi sinyal bahaya.

Jika Anda tidak tidur lebih dari lima jam setiap malam, sistem kekebalan Anda bisa menjadi depresi, sama seperti Anda. Kondisi ini membuat Anda lebih rentan terhadap pilek, flu, dan infeksi.

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. “Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuha wa atazawwaj biha watakuna shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Galaksi kita akan bertabrakan, 17 Fakta menarik luar angkasa

Mencuci Wajah

4 Cara Mudah Perawatan Wajah Bagi Pria Untuk Tetap Awet Muda