in ,

Berikut 10 Jenis Fobia Yang Mungkin Belum Anda Ketahui Sebelumnya

Paraskavedekatriaphobia, Takut tanggal 13 pada hari jumat

Kepoinkuy.com – Fobia bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. Bagi sebagian orang, perasaan takut seorang pengidap fobia sulit dimengerti. Itu sebabnya, pengidap tersebut sering dijadikan bulan bulanan oleh teman sekitarnya.

Fobia sebenarnya termasuk ke dalam penyakit gangguan kecemasan. Kondisi ini dapat membuat penderitanya depresi, panik, serta membatasi kegiatan.

Dilansir dari berbagai sumber, Pernahkah Anda merasa takut akan sesuatu yang sebenarnya tidak masuk akal? Bisa jadi Anda menderita fobia. Berikut 10 jenis fobia yang mungkin belum Anda kenal.

Efebifobia

Efebifobia
Efebifobia Fobia takut Remaja

Takut akan remaja. Rasa takut akan remaja disebut juga sebagai efebifobia, pertama diciptakan sebagai “ketakutan dan kebencian terhadap remaja,” hari ini fenomena ini diakui sebagai “karakterisasi akurat, berlebihan dan sensasional anak muda” dalam berbagai pengaturan di seluruh dunia. Studi dari rasa takut terhadap remaja terjadi dalam sosiologi dan studi remaja.

Coulrofobia

Coulrofobia
Coulrofobia, Takut badut

Takut badut. Orang yang mengalami fobia ini juga bisa jadi menangis, berteriak, dan marah kalau ada badut di dekatnya.

Arachibutyrofobia

Arachibutyrofobia
Arachibutyrofobia

Rasa takut akan selai kacang yang menempel di langit-langit mulut. Bagi banyak orang dengan Arachibutyrophobia, hanya menghindari selai kacang sudah cukup untuk mengatasi gejalanya. Dalam hal ini tidak mungkin, atau jika makan selai kacang secara teratur adalah sesuatu yang ingin Kamu lakukan tanpa rasa tidak nyaman, mencari pengobatan adalah pilihan terbaik untuk mengelola kondisi tersebut.

Baca Juga : 7 Jenis Fobia Paling Aneh Yang Mungkin Saja Kalian Miliki

Akustikofobia

Akustikofobia
Akustikofobia, Takut akan Kebisingan

Takut kebisingan. Fobia ini membuat seseorang takut akan semua jenis suara, termasuk suara sendiri. Bahkan meski sedang tidak mendengar suara apapun, terkadang penderita berhalusinasi dan seperti mendengar suara dalam kepala mereka.

Didaskaleinofobia

Didaskaleinofobia
Didaskaleinofobia, Takut akan Sekolah

Takut pergi ke sekolah. Didaskaleinophobia adalah ketakutan pergi ke sekolah. Asal kata Didasko adalah bahasa Yunani (artinya mengajar) dan fobia adalah bahasa Yunani (artinya takut). Didaskaleinophobia dianggap sebagai fobia spesifik, yang biasanya di perbincangkan di dalam keluarga.

Ablutophobia

Ablutophobia
Ablutophobia, Takut Mandi

Takut mandi. Ablutofobia adalah ketakutan yang terus menerus dan tak bisa dikendalikan atas aktivitas mandi, mencuci muka, atau membersihkan tubuh. Fobia ini spesifik situasional. Ablutofobia sering terjadi pada anak kecil dan wanita. Hanya saja, ketakutan ini biasanya perlahan menghilang pada anak kecil begitu mereka belajar bahwa mandi bukanlah sesuatu yang harus ditakuti.

Pogonophobia

Pogonophobia
Pogonophobia,Takut jenggot

Takut jenggot. Fobia pada janggut bisa menimbulkan perasaan takut yang berlebihan karena ada sebagian janggut yang terlihat lebih mengerikan daripada yang lain. Gejala yang sering muncul sebagai tanda pogonophobia adalah mual, berkeringat, dan napas yang memburu.

Cherophobia

Cherophobia
Cherophobia, Takut bahagia

Cherophobia adalah sebutan bagi orang-orang yang merasa takut untuk bahagia. Ketika seseorang mengalami cherophobia, dirinya akan cenderung menjauhi segala aktivitas yang berhubungan dengan hal yang menyenangkan. Di sisi lain, seseorang dengan cherophobia juga bukanlah sosok individu yang selalu bersedih. Mereka hanya tidak ingin terlibat dalam kegiatan yang dapat menimbulkan emosi positif atau rasa bahagia yang mendalam.

Paraskavedekatriaphobia

Paraskavedekatriaphobia
Paraskavedekatriaphobia, Takut tanggal 13 pada hari jumat

Takut akan hari Jumat tanggal 13.Hari Jumat pada tanggal 13 di bulan apapun dan tahun berapapun dianggap sebagai hari sial dalam banyak kepercayaan takhayul di Britania Raya dan Amerika Serikat. Di banyak negara lain, seperti Spanyol, Selasa-13 memiliki kepercayaan takhayul yang sama. Ketakutan akan Jumat-13 disebut paraskavedekatriaphobia atau paraskevidekatriaphobia. Hal ini merupakan bentuk khusus dari triskaidekafobia, atau fobia (ketakutan) terhadap angka 13.

Genufobia

Genufobia
Genufobia, Takut Lutut

Takut lutut. Fobia ini bisa terjadi karena pengalaman negatif seseorang di dalam hidupnya yang berhubungan dengan lutut. Rasa tak nyaman saat melihat lutut juga bisa disebabkan oleh orang tua atau diri mereka sendiri yang membiasakan pakaian yang menutupi lutut, sehingga saat dewasa, mereka tidak terbiasa melihat lututnya sendiri. Fobia ini juga bisa disebabkan oleh luka traumatis yang meninggalkan bekas di lutut seseorang atau orang yang mereka kenal. Beberapa orang merasa ketakutan dengan tindakan berlutut karena merasa hal tersebut adalah bentuk penyerahan diri.

Itulah beberapa jenis fobia/phobia yang mungkin kalian tidak pernah mendengarnya, apakah kalian termasuk dalam fobia diatas?

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. IG @ikhsanbakhri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ini Dia Tips Menggunakan Masker Yang Benar Untuk Menghindari Tertularnya Penyakit

6 Zodiak Yang Terlihat Sempurna, Padahal Sebaliknya!