in

Waspada, Ini 10 Tanda Seseorang Sedang Memata-matai Komputer Anda

Bersantai di depan layar Anda sendiri tidak selalu berarti Anda benar-benar sendirian. Peretas tidak pernah beristirahat dan selalu mencari tempat yang rentan di komputer Anda untuk mencuri data Anda.

Dengan mengklik berbagai banner dan situs, Anda mungkin membiarkannya masuk ke komputer Anda tanpa menyadarinya. Daya tahan baterai yang rendah, melambatnya komputer Anda, program yang tidak merespons, atau beranda yang tiba-tiba berubah dapat menjadi beberapa tanda serius bahwa orang lain sedang mengintai data pribadi anda seperti yang dilansir Brightside.

Kami ingin meningkatkan kesadaran pembaca kami tentang pencurian data dengan menjelaskan tanda-tanda bahwa mata-mata malware bisa berada di komputer Anda. Berikut tanda-tanda bahwa komputer atau laptoo anda sedang di mata-matai.

1. Baterai laptop sangat cepat habis.

Baterai laptop cepat habis
Baterai laptop cepat habis

Jika terdapat perangkat lunak ganjil yang berjalan di latar belakang saat laptop atau komputer sedang aktif anda harus waspada karena ia sedang menggunakan inti prosesor. Beberapa program seperti ini bisa berupa spyware atau virus. Masa pakai baterai yang singkat juga bisa menjadi tanda bahwa seseorang sedang melakukan cryptomining didalam prosesor Anda yang terinfeksi malware. Program ini dapat menyebabkan komputer menjadi cepat panas dan laptop akan jauh lebih boros baterai.

2. Aplikasi sering tidak merespon atau hang.

 

Not Responding
Not Responding | via brightside

Peretas selalu mencari cara baru untuk mengumpulkan data Anda. Mereka dapat memasukkan kode ke aplikasi Anda untuk membuatnya mengumpulkan semua informasi yang dibutuhkan. Ini dapat membuat aplikasi berjalan lebih lambat, bertingkah aneh, dan sering crash. Untuk melindungi diri Anda sendiri, cobalah untuk tidak memasukkan data keuangan Anda seperti nomor kartu kredit atau kode ke dalam aplikasi, dan selalu membuat kata sandi yang rumit.

3. Komputer terasa lambat.

Komputer terasa lambat
Komputer terasa lambat

Jika komputer Anda cukup baru, dan Anda mengetahui bahwa tiba-tiba itu tidak berfungsi secepat yang seharusnya, ini mencurigakan. Ini bisa menjadi tanda bahwa ia terinfeksi malware seperti worm atau Trojan Horses. Perangkat lunak berbahaya tersebut dapat masuk ke komputer Anda melalui program yang Anda unduh, karena sering kali disamarkan sebagai perangkat lunak yang sah. Mereka menghabiskan banyak sumber daya prosesor, yang membuat komputer Anda berjalan lebih lambat.

4. Webcam tiba-tiba mulai merekam.

Webcam tiba-tiba mulai merekam
Webcam tiba-tiba mulai merekam | via brightside

Itu bukan pertanda baik jika Anda melihat bahwa webcam dan mikrofon Anda merekam sendiri. Ini bisa saja mengkhawatirkan, karena jika seseorang memata-matai Anda, mereka tidak hanya mencoba mencuri data Anda, tetapi mereka juga dapat mengambil foto Anda dan merekam suara Anda. Lebih baik untuk menutupi webcam Anda dan nyalakan mikrofon hanya ketika diperlukan, dan seringlah ganti kata sandi Anda.

5. Lampu tidak dikenal berkedip di komputer Anda.

Lampu tidak dikenal berkedip di komputer Anda | via brightside

Tanda lain yang harus Anda perhatikan ialah : Saat orang lain mengendalikan komputer Anda, Anda mungkin memperhatikan bahwa lampu pengirim dan penerima berkedip meskipun Anda tidak aktif. Virus atau malware mata-mata dapat mengunduh dan mengunggah data dari dan di komputer Anda tanpa Anda menyadarinya.

6. Banyak iklan pop-up muncul.

Banyak iklan pop-up muncul
Banyak iklan pop-up muncul

Terkadang, saat berselancar di internet, Anda mungkin secara tidak sengaja mengeklik spanduk yang mencurigakan. Spanduk ini dapat menyuntikkan komputer Anda dengan virus periklanan yang akan membuat iklan dan plug-in muncul di sekitar layar Anda. Tidak hanya mengganggu untuk dilihat, tetapi juga memungkinkan peretas untuk mendapatkan akses ke data Anda melalui komputer Anda.

7. Beranda browser anda tiba-tiba berubah

Beranda browser anda tiba-tiba berubah
Beranda browser anda tiba-tiba berubah | via brightside

Satu lagi tanda yang mengkhawatirkan adalah keadaan beranda browser Anda. Jika Anda membukanya dan menyadari bahwa itu berbeda dari yang biasanya Anda miliki, disini Anda perlu memperhatikan Juga, Anda mungkin memperhatikan bahwa browser Anda terbuka dan memberi Anda situs web yang sama sekali berbeda dari apa yang Anda coba buka. Ini berarti bahwa komputer Anda terinfeksi dengan beberapa jenis perangkat lunak mata-mata.

8. Peramban Anda terus-menerus dialihkan.

Beranda browser anda tiba-tiba berubah
Beranda browser anda tiba-tiba berubah | via tanpavirus

Jika Anda mencari sesuatu di Google dan mengarahkan Anda ke situs web yang tidak dikenal dan mencurigakan dan alih-alih menunjukkan hasil pencarian Anda yang bermasalah. Ini mungkin Trojan yang tidak diinginkan. Dalam hal ini Anda perlu memeriksa ekstensi browser Anda dan menghapus ekstensi yang tidak Anda instal sendiri.

9. Anda melihat program tidak dikenal yang diinstal di komputer Anda.

Anda melihat program tidak dikenal yang diinstal di komputer Anda
Anda melihat program tidak dikenal yang diinstal di komputer Anda | via brightside

Salah satu cara paling umum komputer Anda dapat dimonitor dari jarak jauh adalah melalui malware. Anda harus secara teratur memeriksa program yang diinstal. Terkadang beberapa perangkat lunak yang tidak diinginkan dapat diinstal, ketika Anda mencoba untuk menginstal sesuatu di bundleware. Jika Anda melihat beberapa program mencurigakan yang belum pernah Anda coba dapatkan di komputer Anda – Anda harus segera menghapusnya.

10. Aktivitas browser yang mencurigakan.

Aktivitas browser yang mencurigakan
Aktivitas browser yang mencurigakan | via brightside

Memeriksa riwayat peramban anda merupakan cara terbaik untuk menangani masalah keamanan. Jika Anda melihat ada situs web yang tidak pernah Anda kunjungi, ini mungkin pertanda bahwa Anda perlu memperhatikannya. Aktivitas browser yang mencurigakan juga dapat berarti bahwa seseorang sedang memata-matai Anda dan telah mencoba untuk mendapatkan akses ke data pribadi Anda.

Berikut tips sederhana untuk menghindari virus dan program yang mencurigakan di komputer Anda.

  1. Jangan lupa memperbarui sistem keamanan komputer atau laptop Anda secara rutin.
  2. Hindari situs web yang mencurigakan.
  3. Unduh perangkat lunak hanya dari situs web yang dapat dipercaya.
  4. Jangan buka email dari pengirim yang tidak dikenal.
  5. Perhatikan banner Tautan mencurigakan sebelum mengkliknya kemudian pastikan Anda dialihkan ke halaman web yang tepat.
  6. Instal program anti-virus yang handal serta pindai sistem Anda secara teratur, dan jangan abaikan pemberitahuan anti-virus.

Nah itulah beberapa tanda bahwa komputer anda sedang dimata-matai, jadi mulai sekarang kita mulai waspada dan selalu update anti virus anda.

What do you think?

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. “Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuha wa atazawwaj biha watakuna shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh”.

Ini Dia 10 Penyebab Mata Kamu Sering Berair

Inilah 3 Zodiak Yang Super Sensitif, Kamu Salah Satunya?