in

11 Alternatif Pemanis Pengganti Gula Yang Aman Bagi Tubuh

Stevia | sc alodokter

Kepoinkuy.com – Makanan tanpa gula memang terasa hambar dan tidak lezat. Namun pemakaian gula berlebih dalam makanan ataupun minuman sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak gigi, obesitas, hingga diabetes.

Dilansir dw, ada berbagai macam alterlatif pengganti gula yang tidak berbahaya bagi tubuh, apasajakah berikut 11 macam alternatif pemanis pengganti gula yang aman bagi tubuh.

Xylitol

Xylitol
pemanis pengganti gula – xylitol | sc indiamart

Xylitol mengandung 2,4 kalori setiap gramnya atau 40 persen kalori lebih sedikit dibandingkan gula biasa. Dikenal dengan sebutan gula birch, Xylitol adalah gula yang didapat dari ekstraksi jagung atau kayu birch. Pengganti gula ini diproduksi melalui proses industri murni. Tapi hati-hati jangan terlalu sering mengonsumsinya, karena xylitol bisa menyebabkan perut kembung.

Erythritol

Erythritol
Erythritol | sc adafruit

Erythritol merupakan gula yang sangat populer di kalangan penderita diabetes. Kehadirannya dalam bahan makanan dapat ditemukan di bawah simbol E968. Pemanis ini hampir tidak memiliki kalori dan karena tubuh tidak memiliki enzim untuk memecah Erythritol, maka sebagian besar akan langsung diserap aliran darah dan dibuang melalui urin sehingga tidak memiliki efek yang berbahaya bagi tubuh.

Gula Stevia

Stevia
Stevia | sc alodokter

Dikenal dengan nama ilmiah Stevia Rebaudiana, gula nol kalori ini 300 kali lebih manis dibanding gula biasa sehingga Anda harus sangat memperhatikan takaran saat ingin mengonsumsinya. Gula stevia juga dapat menurunkan kadar gula darah.

Sakarin

Sakarin
Sakarin

Sakarin merupakan salah satu jenis pemanis buatan. Pengganti gula ini juga bebas kalori dan memiliki rasa manis 300 – 400 kali lebih kuat dibanding gula biasa.

Pisang matang

Pisang
Pisang

Siapa pun yang menginginkan pemanis tanpa bahan kimia, dapat menggunakan pisang matang. Cari pisang yang memiliki warna kecoklatan pada kulitnya. Pisang dapat digunakan untuk mempermanis kue dan biskuit.

Kurma

Kurma
Kurma

Kurma adalah salah satu alternatif sehat pengganti gula, dapat digunakan untuk pemanis roti. Meski rendah kalori, kurma mengandung banyak vitamin B6, zat besi, dan magnesium.

Sirup bit

Bit
Buah Bit

Pemanis alami lainnya adalah sirup bit, mengandung 300 kalori per 100 gram. Pengganti gula ini memiliki nilai gizi yang jauh lebih baik dan kaya akan asam folat, magnesium, zat besi, dan kalium.

Sirup agave

Agave
Agave | sc hdnux

Sirup agave atau ‘American Aloe Vera’ mengandung campuran barley (jali) dan karamel yang ringan dan kandungan fruktosa yang sangat tinggi, sehingga jika ingin mengonsumsinya harus penuh perhitungan dan jangan berlebihan. Berbeda dengan kandungan fruktosa alami dalam buah-buahan, sirup agave yang terkandung dalam produk olahan bisa menyebabkan risiko kenaikan berat badan.

Sirup maple

Sirup Maple
Sirup Maple | sc merdeka

Meskipun sirup maple mengandung fruktosa dan sukrosa, ia tetap lebih sehat daripada gula atau sirup agave. Sebuah studi yang dilakukan tim peneliti dari McGill University di Quebec, Kanada, menunjukkan bahwa sirup maple dapat meningkatkan efektivitas antibiotik dan mengurangi efek sampingnya.

Gula Kelapa

Gula Kelapa
Gula Kelapa

Jika Anda ingin merasakan manis rasa karamel, gula kelapa adalah pilihannya. Alternatif pengganti gula ini memang terbuat dari sari kelapa, namun rasanya tidak seperti kelapa. Di samping memiliki jumlah kalori yang sama dengan gula biasa, gula kelapa juga mengandung nutrisi penting seperti zink (seng), zat besi, kalsium, dan potasium.

Madu

Madu
Madu | sc tribun

Mengandung 40% fruktosa dan 30% glukosa, madu sering dijadikan pengganti gula. Nilai gizi madu lebih besar karena terdapat komponen mineral, protein, dan vitamin, serta memiliki efek anti-bakteri dan anti-inflamasi. Tetapi harus diingat bahwa suhu di atas 40 derajat Celcius dapat menghancurkan banyak nutrisi penting di dalamnya!

Itulah beberapa alternatif pemanis selain gula yang bisa kalian gunakan dan jangan sampai berlebihan yak apapun yang berlebihan tidak baik bagi tubuh.

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. IG @ikhsanbakhri

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Tes Kepribadian

Tes Kepribadian – Pilih Siluet, Ungkap Hubungan Anda Dengan Pasangan

Trending Google

Google Indonesia Merilis Pencarian Paling Banyak Dicari Selama 2019