in

OMGOMG

11 Jenis Jamur Dengan Bentuk Paling Aneh dan Menakutkan di Dunia

Pernahkah kalian membayangkan masuk kedalam dunia lain yang penuh dengan hal-hal aneh dan menakutkan ! Demikian pula dengan beberapa jenis jamur dari seluruh dunia ini yang mempunyai bentuk yang aneh seakan-akan kita masuk ke dimensi lain di luar bumi.

Berikut jenis-jenis jamur dengan bentuk paling aneh, menakutkan namun juga indah untuk dilihat..

1. Octopus Stinkhorn – Baunya seperti bangkai

Octopus Stinkhorn
via dw

Mari kita perkenalkan: jamur hantu atau Octopus Stinkhorn (Clathrus archeri). Bau busuk jamur ini bisa tercium dari jarak 15 meter. Jamur hantu ini termasuk golongan jamur yang bisa dimakan. Namun jamur ini berlendir dan berbau, sehingga tidak ada yang berani memakannya. Lendirnya berfungsi untuk menangkap serangga. Si kecil yang pandai!

Tidak berbahaya, tapi juga tidak enak dimakan

Jamur gurita ini hanya tumbuh di beberapa negara saja, seperti di Inggris, Australia, dan Selandia Baru. Jamur tidak beracun ini pertama kali ditemukan di Jerman pada tahun 1934.

2. Xylaria polymorpha – Tangan yang mengerikan

Jamur Jari Orang Mati
via dw

Lihat penampakan jamur ini! Dikenal dengan sebutan jari mati, jamur yang mirip ceker ayam ini lebih suka tumbuh di pohon yang hampir atau telah mati. Jamur langka dari Australia dan Selandia Baru ini berwarna coklat gelap kehitaman. Sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi jamur ini karena mengandung racun yang dapat menyebabkan muntah dan kejang-kejang.

3. Hydnellum peckii – Muda dan haus darah

Jamur aneh (Hydnellum peckii)
Via DW

Jamur aneh (Hydnellum peckii) ini biasa tumbuh di bawah pohon pinus di hutan dan dapat ditemukan di Amerika Utara dan Eropa. Memiliki banyak nama seperti jamur stroberi, gigi berdarah hingga gigi iblis. Berwarna merah terang, jamur ini tidak beracun namun rasanya sangat pahit jika dimakan.

Terancam punah

Berwarna merah dan memiliki beberapa lingkaran. Jamur langka ini berasal dari Eropa Tengah dengan sekitar 15 spesies. Tidak jarang ditemukan dengan spesies yang terancam punah lainnya, seperti jamur telinga babi.

4. Gomphus clavatus – Telinga babi yang lezat

jamur telinga babi (Gomphus clavatus)
Via DW

Ini adalah jamur terkenal yang baru saja kita bicarakan, jamur telinga babi (Gomphus clavatus). Berasal dari Eurasia dan Amerika Utara. Berita baiknya, jamur ini dapat dikonsumsi. Dagingnya putih, empuk, dan rasanya enak.

5. Gestreifter Teuerling – Sarang burung yang terlupakan

Gestreifter Teuerlin
Via DW

Jamur ini biasa disebut keranjang roti atau jamur sarang burung. Spesies ini hampir punah di seluruh dunia. Hanya bagus untuk dilihat dan tidak dapat dimakan.

6. Phallus impudicus – Lengket dan bau

Phallus impudicus
Via DW

Spesies ini tergolong jamur dan memiliki habitat asli di Eropa dan Amerika Utara. Dikenal dengan nama latin Phallus impudicus, ujung jamur ini dilapisi zat yang lengket dan bau. Meski berbentuk aneh, ternyata ada orang Perancis dan Jerman yang memakannya. Sebuah penelitian di jurnal The Breast menyatakan bahwa jamur ini bisa mencegah pembekuan darah.

7. Phallus indusiatus – Tudung pengantin

Phallus indusiatus
Via DW

Jamur tudung pengantin (Phallus indusiatus) memiliki jaring-jaring halus yang membentuk layaknya tudung pengantin wanita atau bahkan tampak seperti wanita berkerudung atau rok wanita. Berbau busuk, tetapi sering digunakan dalam masakan Cina yang lezat. Jamur ini kaya akan protein, karbohidrat, dan serat.

8. Ascocoryne sarcoides – Otak atau usus?

Ascocoryne sarcoides
Via DW

Jamur dengan nama latin Ascocoryne sarcoides tumbuh pada kayu mati dari pohon birch, willow, atau beech. Penampilannya mirip jeroan tapi jamur ini juga memiliki berbagai bentuk lainnya, mulai dari jok hingga berbentuk cangkir.

9. Ascocoryne cylichium – Ungenießbarer Doppelgänger

Ascocoryne cylichium
Via DW

Doppelgänger berwarna merah daging ini memiliki nama latin Ascocoryne cylichium. Memiliki kemiripan dan keduanya hanya dapat dibedakan satu sama lain secara mikroskopis.

10. Cookeina tricholoma – Tanaman karnivora?

Cookeina tricholoma
Via DW

Salah, sepenuhnya salah. Spesimen ini bukan karnivora atau tanaman. Cookeina tricholoma adalah salah satu ascomycetes dan kontemporer yang tidak berbahaya. Namun, ia menonjol karena bentuk dan rambutnya. Di beberapa bagian Meksiko, Cookeina tricholoma dikonsumsi sebagai jamur yang dapat dimakan, sementara di Kamerun digunakan untuk tujuan medis melawan sakit telinga.

11. Hericium erinaceus – Jamur berduri

Hericium erinaceus
Via DW

Hericium erinaceus adalah jamur yang bisa dimakan, tidak seperti kebanyakan jamur berduri lainnya. Di Asia, jamur ini terkenal karena kelezatannya dan juga populer dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Tetapi di alam, jenggot berduri ini masuk daftar merah. Karena itu, dilihat saja, jangan sentuh!

Nah itulah beberapa jenis jamur dengan bentuk yang aneh dan menakutkan, menurut kalian yang manakah yang paling menakutkan tulis dikolum komentar dan berikan reaksi kalian yak ..

(Ref: kepoinkuy.com - dw)

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. IG @ikhsanbakhri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dimasa Depan Sumber Daya Ini Paling Langka di Dunia