in ,

Berbahaya! 2 Risiko Penyakit Mematikan Kalau Sering Kerja Lembur

Kepoinkuy.com – Berbagai pekerjaan dan poject yang harus diselesaikan menuntut dedikasi yang luar biasa dari setiap bagian di perusahaan. Tak jarang, karyawan harus melakukan lembur agar setiap pekerjaan dan terget yang sudah direncanakan dapat terpenuhi. Memang lembur bukan satu hal yang menyenangkan untuk karyawan karena akan membuat jam kerja mereka bertambah, namun untuk beberapa kondisi seperti event besar dan peluncuran produk, hal ini kadang tidak bisa dihindari. Tentu saja, ada perhitungan lembur yang dilakukan sebagai kompensasi waktu ekstra para karyawan ini.

Tahukah kamu bahwa kesering berkerja sampai larut malam alias lembur bisa menyebabkan penyakit yang beresiko sangat tinggi dan berbahaya bagi kesehatanmu.

Berkerja secara berlebih tentu tidak baik bagi kesehatan badanmu, hal ini berdasarkan studi yang dibuat Malissa Clark, Ph.D. dari University of Georgia, Amerika Serikat pada Tahun 2014. Pada dasarnya, kerja lembur akan mengakibatkan tubuhmu mengalami stress lebih tinggi, baik secara mental ataupun fisik.

Ada dua risiko penyakit yang cukup berbahya bagi tubuh ketika terlalu sering bekerja lembur, yaitu:

1. Terkena Stroke

stroke

Risiko ini terbilang lumayan cukup tinggi, studi yang dilakukan oleh The Lancet, Dr. John mengatakan bahwa risiko stroke jauh lebih tinggi terhadap orang-orang yang terlalu berlebihan bekerja.

Hasil penelitian ini menyebut risiko seseorang yang terkena stroke meningkat 33% pada orang-orang yang berkerja lebih dari 55 jam per minggu. Bahkan risiko terkena penyakit serangan stroke juga meningkat pada orang-orang yang berkerja lebih dari 40 jam dalam seminggu.

Baca Juga : 8 Tanda Peringatan Awal Serangan Jantung Ini Bisa Menyelamatkan Hidup Anda

2. Serangan Jantung

jantung

Perihal ini sudah dibuktikan dari Amerika Serikat, Eropa, dan Australia melibatkan sekitar 603.838 yang meneliti tentang ini. Para ahli mempelajari risiko tersebut kurang lebih 8,5 tahun untuk bisa menemukan risiko serangan jantung terhadap orang yang sering melakukan kerja lembur. Risiko serangan jantung meningkat 13% pada orang yang berkerja lebih dari 55 jam seminggu.

Tetapi jumlah yang dikeluarkan oleh The Lancet masih terbilang cukup kecil, berbeda halnya dengan jumlah yang dikeluarkan oleh American Journal of Epidemiology pada tahun 2012, risiko terkena serangan jantungnya bisa sampai 80% terhadap orang yang berkerja lebih dari 55 jam seminggu.

Written by Rian D. Saputra

“Semangat mengubah hidup dengan doa, kesabaran, keikhlasan, ikhtiar akan menjadi ibadah yang sempurna di hadapan Allah”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 Film Berdurasi Terpanjang Di Dunia, Sanggup Menonton?

Selain Virus Corona, Inilah 5 Wabah Penyakit Mengerikan Dalam Sejarah