in ,

Perlu Kamu Ketahui, Inilah 4 Perbedaan Otak Laki-laki dan Perempuan

Kepoinkuy.com – Kapasitas otak manusia sangatlah berbeda-beda, apalagi kapasitas otak berdasarkan perbedaan gender.

Tentu banyak sekali perbedaan dalam otak Laki-laki dan Perempuan mulai dari cara berfikir maupun dengan cara mengingat sebuah memori yang dialami.

Dilansir tagar.id, Berikut adalah perbedaan antara otak Laki-laki dan Perempuan:

1. Perbedaan Spasial / Ruang

spasial pria dan wanita

Perbedaan pada otak laki-laki cenderung berkembang dan memiliki ruang yang lebih kompleks seperti dalam kemampuan perancangan mekanis, pengukuran dan penentuan arah abstraksi, dan manipulasi benda-benda fisik. Maka tak heran jika laki-laki suka sekali mengotak-atik sebuah kendaraan atau yang berbau mekanik.

2. Perbedaan Verbal / Pertukaran Pikiran dan Cara Penyampaian Pesan

komunikasi verbal pria dan wanita

Terdapat daerah korteks pada otak pria yang lebih banyak tersedot untuk melakukan fungsi-fungsi spasial dan cenderung memberi porsi sedikit pada daerah korteksnya untuk memproduksi dan menggunakan sebuah kata-kata. Kumpulan saraf yang menghubungkan otak kiri-kanan atau yg disebut corpus collosum otak laki-laki lebih kecil seperempat dibandingkan otak perempuan.

Baca Juga : Tak Melulu Berotot dan Seksi, Para Perempuan Ingin Pria Seperti Ini Sebagai Pendamping Hidup

3. Perbedaan Kimia / Zat Yang Mengikat Pada Otak

perbedaan kimia wanita dan pria

Otak perempuan cenderung lebih banyak mengandung serotonin yang membuatnya dapat bersikap lebih tenang. Tak aneh jika wanita lebih tenang menanggapi ancaman yang melibatkan pada fisiknya, sedangkan laki-laki lebih cepat naik pitam. Selain itu, otak perempuan memiliki oksitosin, yaitu zat yang mengikat manusia dengan manusia lain atau dengan benda lebih banyak. Dua hal ini tentu mempengaruhi kecenderungan biologis pada otak pria untuk bertindak lebih dahulu ketimbang bicara. Hal tersebut berbeda dengan perempuan.

4. Perbedaan Memori / Daya Ingat

perbedaan memori pria dan wanita

Terdapat pusat memori atau (hippocampus) pada otak perempuan yang lebih besar ketimbang pada otak pria. Hal ini bisa menjawab pertanyaan kenapa laki-laki lebih mudah lupa, sementara wanita lebih bisa mengingat segala hal dengan detail.

Itulah mengapa bila otak pria hanya menggunakan belahan otak kanannya, sedangkan otak perempuan bisa memaksimalkan keduanya. Dan itulah mengapa perempuan lebih banyak bicara ketimbang pria. Dalam sebuah penelitian, perempuan menggunakan sekitar 20.000 kata perhari, sedangkan pria hanya menggunakan 7.000 kata !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Written by Andrian Wicaksono

Learn from yesterday, live for today and hope for tomorrow.

serangan jantung

8 Tanda Peringatan Awal Serangan Jantung Ini Bisa Menyelamatkan Hidup Anda

bahaya melakukan hal ini setelah makan

Ketahui Bahaya Kamu Melakukan 6 Hal Ini Setelah Makan !