in ,

5 Alasan Kenapa Matamu Masih Terlihat Mata Panda Meskipun Sering Tidur !

Kepoinkuy.com – Istilah mata panda adalah diperuntukkan bagi orang yang memiliki kantung mata dan terlihat berwarna hitam seperti halnya terdapat pada mata hewan panda. Biasanya orang yang memiliki mata panda ini ialah orang yang jarang melakukan aktifitas istirahat seperti tidur.

Tetapi banyak yang menyangkal hal tersebut, karena rata-rata orang kebanyakan sudah melakukan istirahat dan tidur yang cukup namun masih terdapat kantung hitam pada matanya.

Dilansir popbela, berikut penyebab matamu mengapa matamu masih terlihat seperti mata panda meskipun sudah cukup tidur :

1. Dehidrasi

Dehidrasi tidak hanya menyebabkan kulit kering dan rentan muncul jerawat. Ternyata dehidrasi juga bisa menjadi penyebab mengapa seseorang bisa terlihat cape meskipun sudah cukup tidur. Pasalnya dehidrasi juga bisa menyebabkan gangguan pada aliran darah dan menurunkan kinerja hati.

2. Otot Mata Tegang

Mata yang terlihat seperti mata panda juga bisa disebabkan karena mata yang terlalu lama memandang layar komputer. Karena otot mata yang tegang bisa menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata menjadi membesar. Karena itu cobalah untuk mengistirahatkan matamu dari layar komputer.

Baca Juga : Kulit Kelopak Mata Kering? Ini Cara Mengatasinya!

3. Usia

Mengalami perubahan usia juga bisa menjadi penyebab kantung mata menjadi gelap dan terlihat seperti mata panda. Semakin bertambahnya usia, kulit menjadi kehilangan elastisitas pada kulit  sehingga menyebabkan kekenduran. Produksi lemak dan kalogen pada kulit pun juga akan menurun seiring bertambahnya usia. Hal inilah yang disebabkan membuat kulit menjadi tipis dan berbentuk kantung di mata.

4. Alergi

Alergi disebabkan karena adanya pelepasan zat kimia seperti histamin yang bisa melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah dibawah mata juga ikut melebar. Selain itu, histamin juga bisa membuat penumpukan cairan di bawah mata sehingga membentuk lingkaran gelap pada mata jika terlalu sering menggosok atau menggaruk mata. Maka dari itu sebaiknya mata kamu dicompres dengan air dingin semalaman untuk mengurangi pembekakan.

5. Makanan Asin

Jika kamu pernah merasakan matamu bengkak di pagi hari dan besoknya sudah kembali seperti biasa, maka bisa jadi hal itu disebabkan karena kamu terlalu banyak makan makanan yang mengandung garam. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa memulai mengurangi asupan garam ataupun memakai masker kopi untuk menyempitkan pembuluh darah.

Written by Andrian Wicaksono

Learn from yesterday, live for today and hope for tomorrow.

Berusaha menyenangkan orang lain

Jangan Pernah Lakukan Ini Jika Anda Ingin Hidup Tenang dan Bahagia

Ketahui 4 Kebiasaan Buruk Saat Cuci Muka Yang Harus Kamu Hindari