in , , , ,

SukaSuka OMGOMG

5 Destinasi wisata Yogyakarta yang wajib dikunjungi 2021

Kepoinkuy.com – Yogyakarta adalah satu dari setiap kota paling terkenal di Jawa dan secara bersamaan menjadi kota yang menarik karena kaya akan wisatanya. Kota Yogyakarta juga menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia dan kota terbesar keempat di wilayah Pulau Jawa bagian selatan menurut jumlah penduduk.

Tidak heran jika Banyak orang mencampuradukkan kunjungan ke Yogyakarta dengan kunjungan ke tempat-tempat dengan alasan untuk menikmati wisata, keramaian kota, mempelajari sejarah dan juga budaya kulinernya. namun jika kamu hanya memiliki waktu luang untuk berlibur, maka Yogyakarta menjadi pilihan yang sangat tepat.

Mari kita jelajahi hal-hal yang paling menarik dan wajib kita kunjungi di Yogyakarta tahun 2021:

1. Bersantai di pantai Indrayanti

Sumber : Pinterest

Pantai indrayanti berada di kelurahan tepus, kecamatan tepus, kabupaten gunungkidul yogyakarta. Dari kota yogyakarta berjarak kurang lebih 62 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. pantai indrayanti sendiri berada pada titik koordinat -8.066850, 110.608308.

Banyak pengunjung Yogyakarta yang tidak tahu bahwa kota ini benar-benar menghadap ke laut dan sisi selatan kota terbentang luas dan terdiri dari Pantai Indrayanti. Hamparan pasir keemasan di sini bersih dilengkapi penjaga pantai yang siap menjaga lingkungan pantai dan membantu memberikan informasi terkait peraturan-peraturan yang wajib dipatuhi oleh pengunjung. kamu juga dapat melihat berbagai kafe dan warung kecil bermunculan di mana-mana di sekitaran pantai. Menariknya lagi kamu bisa merasakan beberapa hidangan seperti masakan laut, mie sederhana, minuman dingin dan air kelapa.

Baca juga : 4 Sampah Ini Harus Dirusak Sebelum Dibuang.

2. Pantai Wediombo 

Wediombo bisa diambil dari Bahasa Jawa ‘wedi’ yang berarti ‘pasir’ dan ‘ombo’ yang berarti ‘luas’. Apabila diartikan, Wediombo berarti hamparan pasir yang luas.

Bukan hanya dari namanya saja, pantai ini memang memiliki lokasi yang luas dibanding pantai lainnya di satu kawasan. Terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883, Indonesia. Kamu harus menempuh sekitar 2,5 jam perjalanan dari pusat kota Jogja dengan menggunakan jalur darat.

Sumber : Shutterstock

Banyak hal menarik yang bisa di rasakan di pantai ini seperti, memiliki tempat untuk spot camping, tempat yang menarik untuk hunting foto sunset, banyak juga yang datang untuk menjajal surfing, dan adanya spot batu karang melingkar dengan jernihnya air laut rasanya seperti berenang di dalam kolam renang. menarik sekali bukan?

3. Arung jeram di anak sungai Progo

Sumber : Shutterstock

Jika kamu ingin berpetualang dan berwisata di Yogyakarta maka coba kunjungilah sungai Progo dan menjajal arung jeram menyusuri jeramnya. Ini adalah tempat yang agak jarang di ketahui khalayak orang. Kegitan ini bisa dilakukan oleh siapa saja ,baik bagi yang sudah berpengalaman maupun yang baru sekedar mencoba.Tentu untuk pemula dan yang sudah berpengalamanan akan dilakukan di sungai yang berbeda ,karena masing – masing sungai memeliki tingkat kesulitannya masing – masing.

Lokasi Sungai progo atas berbeda di kabupten magelang, Jawa Tengah. Untuk menuju sungai progo dilakukan waktu kira kira 1 jam perjalanan darat dari kota Yogjakarta. Sungai ini terletak dekat dengan lokasi wisata Candi Borobudur, Candi Mendut dan Taman kiyai langeng.

Sumber : Progorafting.com

Durasi Waktu Pengarungan sungai Progo atas kurang lebih sekitar 2 jam. Arung jeram ini sangat cocok bagi anda yang sedang mencari tantangan wisata arung jeram dengan grade kelas jeram III dan IV.

Baca juga : Petani menyulap sawah menjadi tempat wisata yang menarik

4. Jelajahi Kraton

Sumber : Shutterstock

Kraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat mungkin adalah tempat paling terkenal di Yogyakarta. Lokasi Keraton Yogyakarta. Keraton Yogyakarta berada di Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya yang berada di pusat Kota Yogyakarta yang akan memudahkan wisatawan untuk sampai ke istana kesultanan ini.

Bagi kamu yang menyukai hal yang berhubungan dengan sejarah, tempat ini adalah pilihan yang tepat. Kamu dapat mempelajari lebih lanjut tentang kerajaan dan mendapatkan wawasan tentang seni dan budaya Jawa kuno. Seru sekali kan? Jika waktu weekend ini ada niat ingin mengunjungi, cobalah datang dan atur waktu kunjunganmu sampai di lokasi untuk berada di ruangan sekitar pukul 9 pagi, karena akan ada pertunjukan budaya yang berlangsung di sini.

5. Kunjungi Museum Ullen Sentalu

Sumber : Shutterstock

Ada yang berfikiran bahwa dari pintu masuk museum ini “kok sangat mengerikan? jangan-jangan dalamnya mengerikan juga”. Namun ternyata museum ini sangat menarik. Beda halnya dengan Museum lainnya yang identik dengan Bangunan kuno, koleksi barang-barang antik, atau tersimpannya benda-benda tak terpakai peninggalan masa lampau. Museum Ullen Sentalu merupakan sebuah museum seni dan budaya Jawa yang tersembunyi di tengah hijaunya alam Jogja, tepatnya di kawasan Kaliurang lereng Gunung Merapi Jl. Boyong Kaliurang, Sleman, DI Yogyakarta.

Bangunan Museum Ullen Sentalu yang bergaya Eropa dengan nuansa mistis akan membuat Anda berdecak kagum. Terlebih lagi, letaknya yang dikelilingi dengan warna hijau pepohonan yang ada di Kaliurang, membuat suasana sangat asri dan sejuk.

Sumber: Pinterest

Uniknya ternyata nama museum ini adalah sebuah singkatan. Nama unik ini berasal dari Bahasa Jawa, yaitu “Ulating blencong sejatine tataraning lumaku”.

Asal kata Blencong merupakan lampu dengan bahan bakar minyak yang biasa dipakai untuk penerangan pertunjukan wayang kulit. Lampu minyak di Pulau Jawa kala itu diartikan sebagai sebagai “cahaya untuk kita selalu bergerak dan menerangi perjalanan hidup”. sangat filosofis sekali. Cocok banget untuk kamu yang senang hunting foto sebagai dokumentasi pengalaman menjelajahi museum unik dan bersejarah.

Baca juga : 6 Manfaat Oatmeal untuk Wajah Anda

Jadi itulah 5 destinasi wisata yang menarik di kota Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi. Pantau terus Kepoinkuy.com untuk menambah informasi dan wawasan yang menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Written by Tio Adi Pratama

Menyukai hal yang sederhana. Bismillah.

Kota di Dunia yang Terancam Banjir Parah

7 Kota di Dunia yang Diprediksi Banjir Parah Pada Tahun 2050

Remaja Jual Motor Demi Ketemu Pacar di Game Online, Ternyata Kena Tipu

Viral, Bocah Jual Motor Bapaknya Terbang ke Jakarta demi Ketemu Teman Main Game Online