in

5 Jenis Makanan Ini Sebaiknya Tidak Disantap Sebelum Berolahraga Lari

Kepoinkuy.com – Banyak orang dijaman sekarang yang hobi olahraga untuk mendapatkan tubuh yang idel dan juga sehat. Banyak ragam olahraga, yang paling murah dan gampang ialah olahraga lari ataupun jogging.

Biasanya jogging sering kali dilakukan pada pagi ataupun sore hari, masyarakat indonesia sendiri sering melakukan aktifitas jogging di akhir pekan bersama keluarga ataupun ornag tercinta.

Dilansir dw, Namun tahukah kalian bahwa ada pantangan yang harus kalian ketahui ketika hendak berolahraga seperti berlari ataupun jogging. Ada makanan yang sebaiknya tidak disantap sebelum berolahraga lari karena dapat menyebabkan penurunan prestasi serta gangguan pencernaan.

Bahan makanan yang kaya serat

makanan kaya serat
makanan kaya serat

Sebenarnya jenis makanan yang mencakup misalnya kacang-kacangan serta biji-bijian ini, adalah makanan yang sehat dan layak disantap setiap hari karena sehat bagi pencernaa, dan karbohidrat kompleks yang dikandung jadi penyuplai energi yang baik. Tapi jenis makanan ini terlalu memberatkan usus, jika setelah menyantapnya orang berolahraga lari.

Sari buah

sari buah
sari buah

Kandungan kalori pada sari buah hampir sama dengan Coca Cola dan minuman manis lainnya. Tetapi yang jadi masalah bagi mereka yang akan berolahraga lari bukan kadar kalorinya, melainkan fruktosa. Usus harus bekerjakeras untuk mencerna fruktosa, sehingga ini akhirnya menjadi beban.

Baca Juga : Penelitian Mengungkapkan, 10 Jenis Makanan & Minuman Ini Sama Candunya Seperti Narkoba

Makanan kaya lemak

makanan kaya lemak
makanan kaya lemak

Seperti halnya makanan yang mengandung banyak serat, lemak jadi masalah karena memberatkan pencernaan. Selain sulit dicerna, lemak juga bertahan lama di perut. Sehingga saat berlari orang merasakan beban di perut.

Makanan pedas

makanan pedas
makanan pedas

Makanan pedas mendorong metabolisme dan akhirnya melepas hormon endorfin yang menyebabkan rasa senang. Tetapi makanan pedas juga mendorong pencernaan sehingga semakin banyak asam lambung yang diproduksi. Jika orang kemudian berlari, gerakan bisa menyulut asam lambung kembali naik ke tenggorokan.

Makanan manis

makanan manis
makanan manis

Makanan berkarbohidrat yang mudah dicerna adalah makanan ideal sebelum berolahraga, karena tidak memberatkan usus, tapi memberikan energi. Roti dengan madu jadi pilihan yang baik. Tapi jangan menyantap makanan yang sepenuhnya manis seperti coklat, karena hanya mengandung kalori tanpa nilai tambah bagi tubuh, dan kadar gula darah jadi tidak stabil.

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. IG @ikhsanbakhri

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Ketahui 7 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Ginjalmu !

serangan jantung

8 Tanda Peringatan Awal Serangan Jantung Ini Bisa Menyelamatkan Hidup Anda