in

OMGOMG

5 Luka Batin Yang Dapat Menimbulkan Seseorang Menjadi Depresi

Kepoinkuy.com – Luka batin yang dialami seseorang dari kecil akan berdampak hingga seseorang itu sampai tumbuh dewasa. Karena sejak dini seseorang tersebut sudah dihadapi oleh perilaku yang tak seharusnya dihadapi saat mereka masih belia pada umumnya, pada kasus seperti ini akan berdampak seperti depresi, mengasingkan diri, hingga bisa menimbulkan bunuh diri.

berikut adalah rangkuman macam-macam luka batin yang dihadapi oleh seseorang yg dibawa hingga mereka dewasa :

1. Penghinaan / Bullying

Tanpa disadari, cap disaat masih anak-anak akan tertanam di alam bawah sadar seseorang hingga mereka dewasa. Ucapan-ucapan “bodoh”, “jelek”, gendut dan yang semacamnya, membuat harga dirinya terinjak-injak. Merasakan bahwa ia tak berharga, pada kasus ini akan menimbulkan depresi bahkan bisa jadi melakukan bunuh diri.

2. Pengkhianatan

Seseorang merasa dikhianati. Sebagai konsekuensinya saat beranjak dewasa, orang-orang yang mengalami pengkhianatan di masa kecilnya akan timbul pemikiran negatif, mudah curiga, takut untuk mempercayai orang lain, bahkan bisa menimbulkan rasa iri. iri akan apa yang dimiliki orang lain, yang tak ia dapatkan dari janji yang sudah diucapkan oleh orang terdekatnya dahulu.

Baca Juga : 6 Cara Mengenali Tanda-tanda Depresi dan Cara Menghentikannya

3. Ketidakadilan

Contoh dari ketidakadilan disini, misalkan disaat ketidakmampuan anak dalam mata pelajaran matematika dianggap orang tua sebagai kesalahan dan kemampuannya dalam bidang musik tidak dihargai, ia merasakan bahwa hidup ini tidak adil. Akibat dari perlakuan ini, seseorang akan tumbuh menjadi pribadi yang kaku, mereka hanya melihat hidup sebagai “Salah” dan “Benar”.

4. Rasa Takut Ditinggalkan Atau Diabaikan

Ditinggalkan adalah musuh yang paling buruk dari mereka yang pernah mengalami diabaikan di masa kecilnya. Bayangkan, betapa menyakitkannya rasa tidak dipedulikan yang dialami seorang anak. Hingga saat dewasa, ia takut sendirian, merasa terisolasi dan tidak terlindungi.

5. Rasa Takut Ditolak

Pada Sebagian kasus pada pengertian ditolak ini justru berasal dari dari keluarganya sendiri. Rasa sakit ini membuat seseorang merasa tidak dicintai. Ia hidup dengan bayang-bayang citra diri yang buruk. Saat dewasa pun, orang-orang yang mengalami luka batin ini tumbuh menjadi orang yang pemalu, menarik diri dari pergaulan dan sulit dipahamin.

What do you think?

Written by Andrian Wicaksono

Learn from yesterday, live for today and hope for tomorrow.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pasangan Hidup

5 Tempat Ini Memungkinkan Kalian Bisa Menemukan Jodoh Tanpa Sengaja

Bahaya Merasa Kesepian, Depresi Hingga Berujung Kematian