in ,

5 Manfaat Positif Masturbasi Bagi Kesehatan

Manfaat Positif Masturbasi

Masturbasi adalah kegiatan seksual yang dilakukan sengaja untuk merangsang alat kelamin secara individual atau monogami oleh lelaki maupun perempuan.

Dalam penelitian di tahun 2004 dengan 11 lelaki sebagai sukarelawan, ditemukan jika masturbasi bisa meningkatkan aktivitas beberapa komponen sistem kekebalan, yaitu leukosit, dan khususnya sel pembunuh alami yang melawan sel tumor kanker dan sel yang terinfeksi virus.

Mengutip Suara dari Healthline, masturbasi disebut dapat melepaskan hormon-hormon dalam jumlah yang sehat. Karena itu, masturbasi juga dapat memengaruhi suasana hati dan kesehatan fisik secara positif.

Masturbasi merupakan tindakan yang dilakukan seseorang dengan merangsang kelaminnya sendiri. Tidak cuma untuk mendapatkan kepuasan seksual, masturbasi juga memiliki manfaat lain loh.

Berikut manfaat positif masturbasi:

Bisa meningkatkan suasana hati Anda

Masturbasi melepaskan hormon dopamin, endorfin, dan oksitosin, yang disebut sebagai hormon kebahagiaan. Bahkan, efek ini dapat meningkatkan suasana hati Anda. Mulai dari mengurangi stres misalnya.

Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Temuan mengatakan, masturbasi disebut dapat membantu seseorang meningkatkan konsentrasinya dengan baik. Meski tidak ada penjelasan secara ilmiah, namun kejernihan dan fokus merupakan bagian dari hasil perasaan rileks dan bahagia setelah orgasme.

Membantu tidur lebih nyenyak

Secara anekdot, banyak orang melakukan masturbasi hanya untuk membantu tidur lebih nyenyak. Hal ini dikatakan, oksitosin dan endorfin sangat berhubungan dengan relaksasi. Sehingga setelah orgasme, ini dapat memudahkan Anda untuk tidur.

Membantu mengurangi stres dan kecemasan

Sebuah penelitian tahun 2005 mengatakan, oksitosin memainkan peran penting dalam mengatur stres dan juga kecemasan. Efek ini disebut dapat mengurangi tekanan darah serta menurunkan kadar kortisol Anda.

Jadi, jika Anda ingin meredakan ketegangan setelah seharian bekerja keras, masturbasi bisa menjadi teknik relaksasi yang baik.

Dapat meningkatkan kehidupan seks Anda

Banyak terapis seks menyarankan perlu lakukan masturbasi dengan teratur. Baik itu masih lajang atau sudah berpasangan. Selain bermanfaat untuk fisik, masturbasi bisa mendorong harga diri Anda, terutama terkait dengan kehidupan seks Anda.

Ada beberapa bukti mengatakan, masturbasi dapat mempertahankan dorongan seks yang sehat. Selain itu, masturbasi juga dapat membantu mengetahui apa yang menyenangkan serta apa yang menarik buat Anda. Dan ini bisa membantu Anda untuk menunjukkan langsung kepada pasangan, seperti fantasi apa yang diinginkan.

Hukum masturbasi dalam Islam masih dalam perdebatan antar ulama. Ada yang memfatwa haram mutlak, dan ada yang membolehkannya dalam kondisi tertentu.

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan & nulis, anda senang saya pun ikut senang, jangan lupa untuk baca artikel menarik lainnya yak.

Ilustrasi Terlalu Lama Sendiri (Sumber Pexels by Elizaveta)

Terlalu Lama Sendiri, Inilah 4 Alasan Kamu Sulit Menemukan Pasangan yang Tepat

Cara Mengatasi Mati Rasa

Berikut 4 Cara Yang Bisa Kalian Lakukan Ketika Mengalami Mati Rasa