in ,

5 Manfaat yang Didapat dari Menguap dan Meregangkan Tubuh Saat Bangun Pagi

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Kepoinkuy.com – Menguap merupakan aktivitas alamiah yang pasti pernah dilakukan semua orang sama halnya denganperegangan tubuh ketika bagun tidur.

Sebagian besar orang mungkin tak menyadarinya, karena tubuh kerap melakukan dua hal itu tanpa disadari. Tapi, dua tindakan ini ternyata memberi manfaat bagi tubuh kita.

Manfaat Menguap dan Meregangkan Tubuh Saat Bangun Pagi
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Dilansir dari Bright Side, ini dia manfaat yang didapat dari menguap dan meregangkan tubuh saat bangun pagi.

1. Peregangan akan meluruskan kembali otot

Saat kita tidur, otot kehilangan kekuatannya. Meregangkan tubuh akan melepaskan otot dari peristirahatannya, sehingga otot akan mendapatkan kekuatannya dan bekerja kembali.

2. Dapat mengurangi stres

Menguap dan meregangkan tubuh pada saat bersamaan dapat membantu melancarkan aliran darah, yang secara otomatis mengurangi stres.

Baca Juga : Ketahui Ini 5 Masalah Kesehatan Yang Diakibatkan Stres

3. Dapat membantu mengatasi kekakuan

Menghabiskan lebih banyak waktu dalam satu posisi dapat memengaruhi tubuh dan menyebabkan kekakuan. Dengan melakukan peregangan setelah bangun tidur, ini melatih persendian dan otot, yang membantu dalam mempertahankan cakupan mobilitas yang lebih luas, bahkan meski kita tidak melakukan aktivitas yang rumit. Ini memberi tahu otak bahwa inilah waktunya untuk bangun.

4. Membantu otak mengirimkan sinyal yang lebih kuat ke otot

Peregangan membantu membangun kembali komunikasi antara otak dan otot. Ini berarti bahwa saat kita meregangkan tubuh, otak mengirimkan sinyal yang lebih kuat ke otot. Kemudian umpan balik yang diterima kembali memungkinkan otak bekerja sesuai dengan seberapa kuat sinyal yang didapat.

5. Menguap membuat kita terjaga

Menguap mendinginkan otak dan membantu kita tetap terjaga. Kita juga menguap saat kita bosan untuk tetap waspada dan melanjutkan tugas yang ada.

Baca Juga : 10 Fakta Unik Tentang Sistem Imun Atau Kekebalan Tubuh Manusia

Peregangan juga bisa dianggap sebagai pengaturan ulang sistem di tubuh. Meregangkan tubuh akan meningkatkan kecepatan kerja sistem saraf tubuh yang mulai melemah karena lelah, dan membuat kita tetap waspada dan terjaga. Selain itu, meregangkan tubuh juga meningkatkan detak jantung dan mendorong aliran darah.

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan & nulis, ig @ikhsanbakhri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanda Anda Cuma Dijadikan Pacar Cadangan

Perhatikan 7 Tanda Ini Jika Anda Tidak Ingin Dijadikan Pacar Cadangan

kecelakaan pesawat di indonesia

7 Kecelakaan Pesawat Terburuk Yang Pernah Terjadi di Indonesia