in

5 Persen Dihuni Manusia Sisanya Hewan, Berikut Fakta Menarik Tentang Negara Selandia Baru

Kepoinkuy.com – Selandia baru dikenal sebagai salah satu negara paling damai di dunia. Selandia baru adalah sebuah negara kepulauan di barat daya Samudera Pasifik.

Mayoritas penduduk Selandia Baru adalah keturunan bangsa-bangsa dari Eropa; pribumi Māori adalah minoritas terbesar, diikuti oleh orang Asia, dan orang Polinesia non-Māori.

Selandia Baru terdiri dari dua pulau utama, dan sejumlah pulau yang lebih kecil, terletak di dekat pusat belahan lautan. Pulau Utara dan Pulau Selatan dipisahkan oleh Selat Cook, selebar 22 kilometer di celah tersempitnya.

Gunung Aoraki
Aoraki / Gunung Cook adalah gunung tertinggi di Selandia Baru. Tingginya, pada 2014, terdaftar sebagai 3.724 meter

Selandia Baru beriklim lautan yang sedang dengan suhu rata-rata tahunan berkisar antara 10 °C di selatan sampai 16 °C di utara. Di antara tujuh kota terbesar, Christchurch adalah yang paling kering, rata-rata hanya menerima 640 milimeter curah hujan per tahun, dan Auckland adalah yang paling basah, menerima hampir dua kali lipat yang diterima Christchurch.

Dilansir dari dw, berikut fakta menarik tentang negara Selandia Baru atau New Zealand yang wajib kalian ketahui

Baca Juga : 8 Keunikan Yang Membuat Negara Jepang Berbeda Di Mata Dunia

Dalam Bahasa Maori

Suku Maori menamakan Selandia Baru sebaga Aotearoa, yang artinya adalah “awan putih yang panjang”.

Nama Panjang

Nama bukit di Hawke’s Bay dalam bahasa Maori adalah nama lokasi terpanjang di negara berbahasa Inggris: Taumatawhakatangihangaoauauotameteaturipukakapikimaungahoronukupokaiwhenuakitanatahu, yang artinya, “tempat dimana Tamatea, pria dengan lutut besar, yang meluncur, memanjat dan menelan gunung, dikenal sebagai pemakan tanah dan memainkan suling hidungnya ke orang tercinta”.

Kiwi

Orang Selandia Baru juga disebut sebagai Kiwi. Tapi bukan karena buah Kiwi, melainkan burung asli Selandia Baru yang juga bernama Kiwi.

Populasi

Perbandingan populasi di negara ini unik. Hanya 5 persen yang manusia. Sisanya adalah hewan. Selandia Baru memiliki populasi dengan rasio hewan tertinggi dibanding manusia di dunia.

Lokasi Syuting

Sejak Peter Jackson sukses di Hollywood dengan film-filmnya yang syuting di Selandia Baru (Lord of The Rings & The Hobbit), negara ini menjadi salah satu lokasi syuting film yang paling digemari. Ini turut membantu sektor pariwisata di Selandia Baru.

Matahari Terbit

Gisborne di Selandia Baru adalah kota pertama di dunia yang bisa melihat matahari terbit. Karena kota ini terletak 496,3 kilometer dari International Date Line (batas penanggalan internasional atau garis waktu internasional).

Ular

Di Selandia Baru tidak ada ular!

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. IG @ikhsanbakhri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fakta menarik tentang intenet

Dari Internet Mati Hingga Situs Porno, Inilah 8 Fakta Unik dan Menarik Tentang Internet

kebiasaan unik

Wajib Diketahui Sebelum Berkunjung, Ini Kebiasaan Unik dan Menarik Dari Berbagai Negara