in , ,

5 Topeng Berbentuk Mengerikan Yang Pernah Dibuat Manusia

Sumber : kepoinkuy.com

Kepoinkuy.com – Topeng merupakan tameng atau alat untuk menghalangi muka dari berbagai macam virus, atau benda-benda berbahaya yang menyebar melalui udara.

Tetapi, topeng juga ada yang dipergunakan untuk berbagai macam alat pentas seni atau budaya untuk identitas etnik dan kultur dari berbagai macam daerah dan suku dari belahan dunia.

Namun, tahukah kamu?, ternyata terdapat berbagai macam topeng dengan bentuk yang mengerikan, yang pernah dibuat manusia dari zaman ke zaman.

Dilansir greatlist, berikut adalah 5 topeng mengerikan yang pernah dibuat oleh manusia :

1. Scold’s Bridle

scold's bridle
Sumber : travel.tribunnews.com

Benda berbentuk aneh ini dipasangkan ke kepala seseorang dan di belakangnya terdapat rantai yang tersambung langsung ke bagian baju. Uniknya, Scold’s Bridle ini hanya dipakaikan kepada wanita, khususnya wanita yang suka menggosip.

Jadi, pada zaman dahulu jika ada wanita yang suka menggosip atau mempraktekkan ilmu hitam dan berbicara terlalu berisik akan dipakaikan benda ini.

2. Plague Doctor Uniform

plague doctor
Sumber : boombastis.com

Biasanya seragam ini dipakai para dokter sebagai bentuk perlindungan diri terhadap virus yang ada di tubuh pasien. Topeng berbentuk kepala burung ini dibuat dari bahan kulit yang sangat kuat.

Kenapa berbentuk kepala burung?. Alasan para dokter adalah agar mereka bisa menaruh wewangian di bagian paruh topeng tersebut. Jadi, ketika mereka memeriksa pasien, mereka tetap bisa menghirup aroma wangi-wangian seperti mint atau lavender.

Baca Juga : 5 Lukisan Terkutuk Didunia, Bikin Merinding !

3. Topeng Tradisional Afrika

african mask
Sumber : boombastis.com

Afrika terkenal dengan kekayaan budayanya, selain itu benua afrika juga mempunyai banyak koleksi topeng-topeng mengerikan. Meski sekarang topeng-topeng ini masih diperjual belikan sebagai suvenir.

Namun pada masa lalu topeng ini hanya boleh dikenakan oleh orang-orang tertentu saja. Orang-orang yang boleh mengenakan topeng ini adalah orang yang memiliki kekuatan spiritual.

4. False Face Society

false face society
Sumber : Pinterest

Topeng yang satu ini sekilas tampak seperti wajah orang yang sedang menjalani tahap pertama dari operasi bedah wajah. Strukturnya tampak berkerut-kerut seperti kulit orang tua, topeng ini dipakai masyarakat Iroqou dalam ritual penyembuhan.

Namun, dibalik seramnya topeng ini, banyak wisatawan yang sangat ingin membeli topeng ini sebagai suvenir, namun masyarakat setempat menolaknya.

Mereka mengatakan bahwa topeng ini memiliki kekuatan yang belum tentu sanggup dikendalikan oleh semua orang.

5. Topeng Gas

topeng gas beracun
Sumber : liputan6.com

Pada masa perang dunia 1, senjata yang dianggap paling ampuh untuk membunuh adalah gas beracun. Dengan cara ini, ratusan musuh bisa mati tanpa harus mengerahkan banyak prajurit dan banyak senjata.

Untuk itulah ditemukan topeng gas ini, topeng ini dibuat dari bahan kulit dan di bagian matanya terbuat dari kaca. Ternyata, tidak hanya untuk manusia saja, pada masa itu pun hewan dipakaikan topeng gas ini agar tidak terkena gas beracun.

Baca Juga : 5 Kawasan Paling Angker Di Jakarta, Bikin Merinding !

What do you think?

Written by Andrian Wicaksono

Learn from yesterday, live for today and hope for tomorrow.

kasus penyiraman air keras novel baswedan

Menolak Lupa, Inilah 5 Kasus Kriminal di Indonesia Yang Belum Terungkap !

Microburst

Mengenal Fenomena Alam Microburst Tsunami Dari Langit