in ,

5 Website Untuk Tes Kecepatan Internet Dari HP dan PC Agar Akurat !

Foto oleh Mateusz Dach

Kecepatan internet dipengaruhi oleh beberapa hal seperti jumlah perangkat yang terhubung dan banyaknya ukuran data yang sedang diunduh. Jika suatu saat internet yang kamu gunakan sedang terganggu, kamu bisa lakukan tes kecepatan internet terlebih dahulu.

Cara tes kecepatan internet yang sedang kamu gunakan bisa dilakukan dengan mudah tanpa dikenakan biaya. Kamu hanya perlu mengunjungi website yang menyediakan layanan untuk cek kecepatan internet kamu

Sebelum melakukan tes kecepatan internet, pastikan kamu sudah terhubung dengan jaringan internet yang ingin diuji. Selama proses pengecekan berlangsung, sebaiknya kamu tidak membuka website atau aplikasi lainnya agar hasil yang keluar dapat lebih akurat.

Mau tau website apa saja yang bisa digunakan untuk tes kecepatan internet kamu? kepoinkuy!

1. Speedtest.net

Cara mudah untuk mengetahui kecepatan internet dapat kamu lakukan dengan mengunjungi website https://www.speedtest.net/. Speedtest akan menghitung kecepatan internet yang sedang kamu gunakan secara realtime.

Kamu cukup klik “Go” saat berada di website Speedtest, tunggu sampai proses selesai, maka akan muncul informasi kecepatan ping, download, dan upload serta nama server yang digunakan. Kamu juga bisa download aplikasi Speedtest dari Play Store, App Store, Windows, dan Mac.

2. Fast.com

Cara cek kecepatan internet yang bisa kamu coba selanjutnya adalah dengan mengakses https://fast.com/ maka secara otomatis situs tersebut akan langsung memulai tes kecepatan internet yang sedang kamu gunakan.

Setelah kamu mengecek kecepatan internet, Fast.com akan menampilkan kecepatan download dan upload serta keterangan server yang digunakan. Kamu juga bisa memilih menu “Refresh” untuk memuat ulang tes kecepatan internet.

3. Ping-Test.net

Cara berikutnya yang bisa menjadi alternatif kamu untuk tes kecepatan internet yaitu melalui website http://ping-test.net/. Kamu dapat memilih pengecekan secara cepat dan akurat.

Caranya, klik “Start Speed Test” saat berada di website Ping-Test.net lalu tunggu beberapa saat. Nanti akan muncul keterangan perhitungan dan data kecepatan internet yang kamu gunakan. Kamu juga bisa download hasilnya dalam format excel.

4. Speedtest.cbn.id

Untuk melakukan tes kecepatan internet juga bisa kamu coba dengan mengakses website https://speedtest.cbn.id/ dan klik “Begin” maka CBN Speed Test akan langsung memulai pengecekan.

Setelah tes kecepatan internet selesai, CBN Speed Test akan menampilkan kecepatan upload, download, ping dan jitter serta bisa dibagikan ke media sosial seperti Facebook dan Twitter.

5. Bandwidthplace.com

Kamu juga bisa cek kecepatan jaringan internet dengan mengunjungi website https://www.bandwidthplace.com/. Kamu hanya perlu klik “Start” untuk mulai melakukan pengecekan.

Setelah proses tes kecepatan internet selesai, Bandwidth Place akan menampilkan hasil berupa data ping, download dan upload. Kamu juga bisa bagikan hasil tes kecepatan internet ini ke media sosial seperti Facebook dan Twitter atau menyimpannya sebagai gambar.

Itu dia beberapa website yang bisa kamu gunakan untuk melakukan tes kecepatan internet kamu. Dengan menggunakan website yang telah disebutkan kamu akan lebih mengetahui berapa kecepatan internet kamu dengan lebih akurat.

Written by Gagas Pandu Wibowo

Manusia teladan (telat berangkat pulang duluan) yang suka rebahan dan suka jalan-jalan.

Efek samping binahong

Segudang Manfaat Daun Binahong dan Efek Sampingnya

Tanaman Hias

Buat Rumah Lebih Indah Dengan Menanam 15 Tanaman Hias Ini!