in , ,

6 Alasan Mengapa Brand Xiaomi Menjual Ponsel Dengan Harga Murah Tetapi Berkualitas

Kepoinkuy.com – Siapa sih yang tak kenal dengan brand xiaomi ?, iya salah satu brand elektronik terbesar di asia ini adalah perusahaan yang berasal dari negri tiongkok. Salah satu brand yang terkenal dari xiaomi adalah ponselnya. Karena ponsel xiaomi terkenal dengan harganya yang murah namun berkualitas.

Salah satu negara asia pengguna ponsel dengan brand xiaomi terbanyak adalah Indonesia, karena masyarakat dengan sebutan netizen +62 ini sangat jelih akan produk-produk dengan harga yang worth it namun berkualitas.

Namun kalian harus tahu nih seluk beluknya mengapa brand xiaomi menjual barang-barangnya dengan harga murah namun berkualitas dan tetap mempunyai profit yang tinggi.

Dilansir dari indpedia, berikut ulasannya :

1. Menerapkan Sistem Vertical Integration

sistem integration vertical
Sumber : Kepoinkuy.com

Xiaomi adalah salah satu perusahaan yang menerapkan sistem Vertical Integration, yang artinya supply-chain perusahaan juga merupakan xiaomi itu sendiri.

Dengan adanya sistem ini, xiaomi telah menghemat biaya ongkos kirim dan biaya tambahan lainnya. Sepertinya ini adalah salah satu keuntungan bagi xiaomi menjadi perusahaan yang berlokasi di China.

2. Tidak Mengeluarkan Biaya Mahal Untuk Iklan

xiaomi tidak mengeluarkan budget iklan
Sumber : seoanaksholeh.com

Brand Xiaomi tidak mengandalkan iklan tradisional yang akan memakan biaya mahal untuk promosi brandnya sendiri, xiaomi hanya mempromosikannya melalui media sosial dan memanfaatkannya dengan baik. Bahkan Xiaomi memiliki fan basenya sendiri yang sering disebut dengan Mi Fan.

Baca Juga : Dari Internet Mati Hingga Situs Porno, Inilah 8 Fakta Unik dan Menarik Tentang Internet

3. Hanya Menjual Produk Lewat E-Commerce

xiaomi menjual brand melalui e commerce
Sumber : tempo.co

Strategi penjualan produk xiaomi adalah kebanyakan menjual produknya lewat E-Commerce, sehingga hemat biaya sewa lapak dan staff.

4. Memiliki Produk Lifecycle

xiaomi menerapkan lifecycle
Sumber : elitemarker.id

Xiaomi memiliki produk lifecycle yang lebih lama dibandingkan produk-produk brand lainnya. Sebuah smartphone xiaomi bisa bertahan di pasar selama 18-24 bulan.

Walaupun smartphonenya mengalami penurunan harga, harga komponen-komponen dari supplier juga ikut menurun. Penurunan harga komponenlah yang dimanfaatkan xiaomi untuk mendapatkan profit.

5. Menghasilkan Pendapatan Jangka Panjang Melalui Aplikasinya

keuntungan xiaomi jangka panjang
Sumber : liputan6.com

Xiaomi mempunyai pendapatan jangka panjangnya melalui perangkat lunak seperti iklan, tema launcher premium dan kedepannya Mi Music dll aplikasi xiaomi lainnya.

Walaupun hal ini belum dicapai, tapi sepertinya menjual lebih banyak brand smartphone adalah pondasinya.

6. Mempunyai Banyak Produk Selain Smartphone

xiaomi mempunyai banyak produk
Sumber : kompas.com

Xiaomi tidak hanya menjual produk smartphone saja, tetapi banyak produk lainnya seperti smart TV, laptop, gelang fitness, speaker, dll. Xiaomi juga sudah mulai menjual kaca mata, tas, dompet, dan produk non-elektronik lainnya. Motto xiaomi adalah pendapatan bukanlah masalah bila penjualannya banyak.

Written by Andrian Wicaksono

Learn from yesterday, live for today and hope for tomorrow.

3 Tips Memutihkan Kembali Tangan Yang Belang Akibat Sinar Matahari

pedagang ditipu oleh pembeli dengan uang modifikasi

Viral, Pedagang Manisan Ditipu Oleh Pembeli Dengan Uang Rp2000 Hasil Modifikasi