in

7 Festival Budaya Indonesia Yang Terkenal Di Dunia

Indonesia memiliki berbagai macam suku bangsa dan budaya, setiap suku bangsa yang ada di Indonesia memiliki adat dan istiadatnya masing-masing diantaranya ada yang menggelar festival budaya setiap tahunnya. Tidak hanya terkenal didalam negeri ternyata festival budaya di Indonesia juga terkenal sampai manca negara. mau tau festival apa saja? kepoinkuy!

1. Festival Budaya Dieng (Jawa Tengah)

Dieng Cultur Festival, Festival Budaya Dieng
hipwee.com

Festival budaya Dieng atau lebih dikenal dengan Dieng Culture Festival adalah festival yang diselenggarakan di dataran tinggi Dieng. Suhu dingin yang ada di dataran tinggi Dieng dan anak gimbal menjadi daya tarik utama dari Dieng Culture Festival.

2. Festival Karapan Sapi Madura (Jawa Timur)

Festival Karapan Sapi Madura Jawa Timur
bisniswisata.co.id

Karapan sapi merupakan perlombaan pacuan sapi yang berasal dari pulau Madura, Jawa Timur. Perlombaan ini menggunakan sepasang sapi yang digunakan untuk menarik sebuah kayu yang ditunggangi seseorang.

Panjang lintasan dari karapan sapi biasanya sejauh 100 meter dan lomba pacuan dapat berlangsung mulai dari 10 detik hingga satu menit, karapan sapi biasanya diselenggarakan pada bulan Agustus dan September dengan pertandingan final pada akhir bulan September atau Oktober untuk memperebutkan Piala Presiden bergilir.

3. Festival Danau Toba (Sumatera Utara)

Festival Danau Toba
bisniswisata.co.id

Festival danau toba adalah festival budaya dan olahraga yang diselenggarakan di kawasan wisata danau toba, awal dari penyelenggaraan festival ini adalah pesta danau toba yang dimulai sejak tahun 1980 dan berubah nama menjadi festival danau toba pada tahun 2011.

Sejak berubah nama menjadi festival danau toba lokasi pelaksanaan festival ini dilakukan secara bergantian di Kabupaten sekawan danau toba, daya tarik dari festival ini adalah sulu bolo, tari tor-tor, dan si gale-gale.

4. Festival Rambu Solo (Sulawesi Selatan)

Festival Rambu Solo Sulawesi Selatan
akurat.co

Rambu solo sendiri sebenarnya adalah sebuah acara pemakaman jenazah yang dilakukan oleh masyarakat tanah toraja sesudah pukul 12 siang, umumnya hanya keturunan raja atau orang yang berpengaruh dilingkungan adat.

Wisatawan tertarik untuk melihat acara rambu solo secara langsung karena acara ini dilakukan selama beberapa hari dan ada banyak atraksi selama prosesi adat tersebut.

5. Festival Sekaten (Yogyakarta)

Festival Sekaten Yogyakarta Jawa Tengah
hellotravel.com

Festival sekaten adalah rangkaian kegiatan tahunan sebagai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diadakan oleh Keraton Surakarta dan Yogyakarta. Rangkaian acara secara resmi berlangsung dari tanggal 5 hingga tanggal 12 mulud menurut tanggalan kalender Jawa.

Beberapa acara penting perayaan ini adalah dimainkannya gamelan pusaka dihalaman Masjid Agung pada masing-masing keraton, pembacaan riwayat hidup Nabi Muhammad SAW, rangkaian pengajian serambi Masjid Agung, dan puncaknya Grebeg Muludan sebagai bentuk syukur pihak istana dengan keluarnya sejumlah gunungan untuk diperebutkan oleh masyarakat.

6. Festival Cap Go Meh (Kalimantan Barat)

Festival Cap Go Meh Kalimantan Barat
merahputih.com

Cap Go Meh adalah perayaan imlek hari ke 15 atau hari terakhir imlak yang dirayakan oleh seluruh komunitas tionghoa di dunia, istilah ini berasal dari dialek Hokkien dan secara harfiah berarti hari ke lima belas dari bulan pertama (Cap = Sepuluh, Go = Lima, Meh = Malam) ini berarti masa perayaan imlek berlasngsung selama lima belas hari.

Banyak atraksi seperti barongsai, lok thung, hingga thang sin yang dilakukan selama Cap Go Meh  membuat festival ini menjadi menarik.

7. Festival Erau Kertanegara (Kalimantan Timur)

Festival Erau Kutai Kertanegara Kalimantan Timur
yopiefranz.com

Erau adalah sebuah tradisi yang dilakukan setiap tahun di Kota Tenggarong, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Erau berasal dari bahasa kutai eroh yang berarti ramai, riuh, ribut, suasana yang penuh sukacita. Erau dahulu diadakan saat pengangkatan putra mahkota Kesultanan Kutai Kertanegara

Setelah masa Kerajaan Kutai berakhir upacara erau dilakukan saat ini secara tetap saat bulan September sekaligus memperingati hari jadi Kota Tenggarong. Berbagai penampilan ragam seni dan budaya dapat disaksikan pada festival erau.

Nah itu dia berbagai macam festival indonesia yang terkenal hingga manca negara. Kira-kira festival mana nih yang ingin kalian kunjungi? yuk tuliskan dikolom komentar.

Written by Gagas Pandu Wibowo

Manusia teladan (telat berangkat pulang duluan) yang suka rebahan dan suka jalan-jalan.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

FC Barcelona

Barcelona, Real Madrid – Inilah Daftar 7 Klub Sepakbola Paling Kaya di Dunia

Daging

Penelitian Mengungkapkan, 10 Jenis Makanan & Minuman Ini Sama Candunya Seperti Narkoba