in

Wajib Diketahui, Inilah 7 Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa

Puasa Ramadan

Kepoinkuy.com – Banyak hikmah Ramadhan yang dapat dipetik selama menjalaninya. Salah satu hikmah menjalankan ibadah puasa adalah dapat meningkatkan ketaqwaan seorang hamba kepada Allah SWT.

6 Hal yang dapat membatalkan puasa
Puasa Ramadan

Begitu pentingnya ibadah puasa bagi umat Muslim tak heran bila setiap orang kemudian ingin menjalankan ibadah puasa dengan semaksimal mungkin. Salah satunya mencegah berbagai macam hal yang mungkin dapat menghambat kelancaran berpuasa atau bahkan dapat membatalkannya.

Inilah 7 hal yang membatalkan puasa yang wajib diketahui dan diperhatikan dengan baik

1. Makan dan Minum dengan Sengaja

Hal yang dapat membatalkan puasa yang pertama adalah makan dan minum dengan sengaja. Namun jika kamu makan dan minum tapi dalam keadaan lupa atau tidak sengaja, puasanya tidak batal.

Dengan syarat kita langsung berhenti makan dan minum begitu kita ingat, dengan begitu kita bisa melanjutkan puasa kita.

2. Merokok Saat Puasa

Hal yang dapat membatalkan puasa berikutnya adalah merokok. Walaupun tidak makan dan minum, merokok ini bisa membuatmu batal puasa.

Asap rokok merupakan benda yang bisa masuk ke dalam lambung, kecuali mencium wangi-wangian. Bukan hanya saat puasa Ramadhan saja, merokok saat menjalankan puasa lainnya juga bisa membatalkan puasa.

3. Muntah dengan Sengaja

Muntah yang sengaja di sini maksudnya dengan sadar dan sengaja mengeluarkan makanan atau minuman dari perut melalui mulut.

Sedangkan kalau tidak sengaja muntah (sama sekali tak ada niatan untuk muntah), maka tidak membatalkan puasa.

4. Bersetubuh di Siang Hari

Selain muntah dengan sengaja hal lainnya yang dapat membatalkan puasa adalah bersetubuh di siang hari. Bersetubuh atau berhubungan suami istri di siang hari dalam keadaan puasa, maka batallah puasanya.

Kalau puasanya adalah puasa Ramadhan, maka wajib untuk mengganti puasa tersebut. Tapi kalau hubungan suami istri dilakukan pada malam hari (sudah berbuka) maka tidak akan merusak puasa.

5. Sikat Gigi Saat Puasa

Hukum sikat gigi saat puasa sebenarnya masih jadi perdebatan. Sebagian ulama memiliki pemikiran yang berbeda.

Bau mulut memang jadi masalah utama saat puasa Ramadan. Beberapa ulama menyebutkan sikat gigi saat puasa adalah hal yang makruh dan bisa membatalkan puasa, apalagi kalau dilakukan setelah waktu Zuhur.

6. Haid dan Nifas

Wanita yang datang bulan atau sedang haid, puasanya akan batal. Sekalipun haid datang di akhir siang atau menjelang waktu berbuka puasa, maka batal puasanya. Wanita yang kedatangan nifas pun, puasanya batal.

7. Memasukkan benda ke bagian tubuh yang berlubang secara sengaja

Batal puasa jika memasukkan benda ke bagian tubuh yang berlubang secara sengaja. Bagian tubuh yang berlubang itu seperti hidung, kedua telinga, mulut, qubul dan dubur pria maupun wanita. Termasuk kategori sengaja, yaitu ceroboh. Contohnya sedang puasa, tapi malah berenang.

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. “Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuha wa atazawwaj biha watakuna shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh”.

Vitamin c

Mengonsumsi Vitamin C Dapat Menjaga Kesehatan dari Infeksi Virus Corona

Depresi

6 Cara Mengenali Tanda-tanda Depresi dan Cara Menghentikannya