in

Barcelona, Real Madrid – Inilah Daftar 7 Klub Sepakbola Paling Kaya di Dunia

FC Barcelona | fcbarcelonanoticias

Kepoinkuy.com – Lionel Messi,Cristiano Ronaldo,Paul Pogba dan Kylian Mbappé, mungkin nama-nama tersebut tidak asing lagi bagi para pecinta sepakbola. Hampir seluruh orang di dunia ini menyukai sepakbola, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa semua sangat mencintai olahraga paling populer di dunia.

Banyak klub sepakbola di dunia ini yang bernilai paling mahal. Deloitte Football Money League 2020 telah mengeluarkan peringkat teratas daftar klub sepakbola terkaya di dunia. Dilansri dari dw, yang paling mengejutkan dimana FC Barcelona untuk pertama kalinya masuk peringkat teratas menggeser rival utamanya Real Madrid. Satu-satunya klub Jerman di papan atas: Bayern München.

Berikut daftar klub sepabola paling kaya di dunia

1. Barcelona – 840.8 juta euro

Barcelona
Klub Sepakbola Paling Kaya – Barcelona

Barcelona akhirnya menggeser Real Madrid dari peringkat teratas klub terkaya dunia di Deloitte Football Money League 2020. Barca juga menjadi klub pertama dunia dengan pendapatan di atas 800 juta euro. Aset terbesarnya adalah sang superstar Lionel Messi, yang menurut klubnya tidak akan dijual.

Baca Juga : Daftar 5 Bandara Paling Mengerikan di Dunia

2. Real Madrid – 757.3 juta euro

Real Madrid
Klub Sepakbola Paling Kaya – Real Madrid

Real Madrid harus puas duduk di peringkat kedua. Dibanding tahun lalu (750,9 juta euro) pendapatan mereka hanya naik sedikit. Kepergian Cristiano Ronaldo hingga kini tidak tergantikan. Real Madrid sekarang diisukan mengejar nama-nama besar seperti Paul Pogba dan Kylian Mbappé.

3. Manchester United – 711.5 juta euro

Manchester United
Klub Sepakbola Paling Kaya – Manchester United

Sempat bertengger di peringkat teratas dua tahun lalu, Manchester United sekarang berada di posisi ketiga, sama seperti tahun lalu. Di Liga Inggris, pamornya malah sudah lama ditandingi oleh rival satu kota: Manchester City. Jika tersingkir dari kompetisi Champions League di musim depan, mungkin MU makin melorot lagi disusul oleh City di peringkat klub terkaya tahun depan.

4. Bayern München – 660.1 juta euro

Bayern München
Klub Sepakbola Paling Kaya – Bayern München | sportfact

FC Bayern menjadi satu-satunya klub Liga Jerman Bundesliga yang mampu menembus sepuluh besar daftar klub terkaya dunia. Sekalipun peringkat di Bundesliga melorot dari posisi puncak, klub ini masih dianggap salah satu klub terbaik Jerman.

5. Paris St. Germain – 635.9 juta euro

Paris St. Germain
Klub Sepakbola Paling Kaya – Paris St. Germain

Delapan tahun lalu, langganan juara Liga Prancis ini diambil alih oleh kelompok investasi Qatar, QSI. Sejak itu, ratusan juta euro disuntikkan ke klub untuk merekrut pemain-pemain top, salah satunya Neymar. Sejak berada di bawah asuhan pelatih Jerman Thomas Tuchel, Paris St. Germain diperhitungkan sebagai salah satu nama besar di Eropa.

6. Manchester City – 610.6 juta euro

Manchester City
Klub Sepakbola Paling Kaya – Manchester City

Klub lain yang mendapat curahan uang dari investor Arab adalah Manchester City, yang didanai Abu Dhabi United Group sejak 2008. Tahun 2016, mantan pelatih Barcelona Pep Guardiola direkrut untuk memenuhi ambisi besar City: Juara Liga Champions. Semenjak itu City berhasil menjuarai Liga Inggris empat kali. Namun pada musim ini, mereka hanya berada di posisi kedua, tertinggal jauh dari FC Liverpool.

7. Liverpool – 604.7 juta euro

Liverpool
Klub Sepakbola Paling Kaya – Liverpool

FC Liverpool mencatat prestasi manis di 2019 dengan memenangkan piala bergengsi Champions League. Keberhasilan ini tidak lepas dari dua wajah: pemain utama Mohammed Salah (kiri) dan pelatih Juergen Klopp (kanan). Pada musim ini, Liverpool begitu dominan di Liga Inggris sehingga hampir tidak ada yang meragukan bahwa mereka akan menjuarai Premier League.

Peringkat 8 sampai dengan 20

8. Tottenham Hotspur – 521.1 Juta Euro

9. Chelsea – 513.1 Juta Euro

10. Juventus – 459.7 Juta Euro

11. Arsenal – 445.6 Juta Euro

12. Borussia Dortmund 377.1 Juta Euro

13. Atletico de Madrid – 367.6 Juta Euro

14. FC Internazionale Milano – 364.6 Juta Euro

15. Schalke 04 – 324.8 Juta Euro

16. AS Roma – 231.0 Juta Euro

17. Olympique Lyonnais – 220.8 Juta Euro

18. Wes Ham United – 216.4 Juta Euro

19. Everton – 213.0 Juta Euro

20. SSC Napoli – 207.4 Juta Euro

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. IG @ikhsanbakhri

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Tahukah Kamu? Inilah Sosok Pahlawan Penemu Fitur “Copy+Paste” Copas

7 Festival Budaya Indonesia Yang Terkenal Di Dunia