in

7 Makanan Sehat Untuk Menurunkan Hipertensi/Darah Tinggi

Kepoinkuy.com – Memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi tidak boleh dianggap sepele. Hipertensi bisa saja berkembang selama beberapa tahun dan mungkin tidak menunjukkan gejala atau disebut ‘silent killer’ oleh sebagian kalangan.

Salah satu cara paling efektif yaitu dengan mengatur pola makan dengan makan makanan yang dapat menurunkan darah tinggi. Kali ini kita telah merangkum beberapa makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi/hipertensi. simak yuk!

1. Wortel

Wortel Makanan Penurun Hipertensi/Darah Tinggi

Sayuran manis dan berwarna-warni tidak hanya serbaguna tetapi juga menyehatkan, salah satunya wortel.

Kandungan serat dan potasium dalam wortel dapat membantu mengatur tekanan darah. Selain itu, wortel mengandung beta-karoten dan vitamin C yang membantu menurunkan tekanan darah tubuh.

Wortel mengandung senyawa fenolik tinggi, seperti asam klorogenat, p-coumaric, dan caffeic. Fungsinya membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Untuk hasil optimal, sebaiknya wortel dimakan mentah.

2. Putih telur

Putih Telur Makanan Penurun Hipertensi/Darah Tinggi

Putih telur mengandung asam amino dalam jumlah banyak. Menurut hasil penelitian dari American Chemical Society, asam amino mampu menurunkan tekanan darah layaknya mengonsumsi obat.

Selain itu, putih telur juga menyumbang protein pada tubuh. Sarapan dengan orak-arik putih telur bisa jadi pilihan karena menu ini juga tidak mengandung lemak telur.

3. Tomat

Tomat Makanan Penurun Hipertensi/Darah Tinggi

Tomat mengandung banyak vitamin C dan quercetin. Sayuran berwarna ini juga merupakan sumber likopen yang bagus untuk menurunkan tekanan darah.

Pada beberapa pengalaman, manfaat senyawa likopen telah terbukti efektif menurunkan kolesterol serta tekanan darah.

4. Cokelat hitam

Cokelat Hitam Makanan Penurun Hipertensi/Darah Tinggi

Selain makanan di atas, penderita hipertensi juga diperbolehkan konsumsi camilan manis yang membantu menurunkan tekanan darah secara signifikan, yaitu cokelat hitam.

Cokelat hitam kaya akan flavonoid. Dari sebuah penelitian ditemukan fakta bahwa cokelat hitam mengandung setidaknya 50-70 persen cocoa untuk meminimalisir tingkat tekanan darah.

5. Sayur kale dan brokoli

Brokoli Makanan Penurun Hipertensi/Darah Tinggi

Kale dan brokoli adalah sayuran silangan yang merupakan sumber terbaik untuk mengatur tekanan darah seperti magnesium, kalsium, dan kalium. Diet tinggi brokoli dapat membantu mengurangi tekanan darah, penyakit kardiovaskular, dan stroke.

Sementara kale mengandung serat, antioksidan, kalsium, vitamin C dan K, zat besi dan berbagai macam nutrisi lain yang membantu mencegah sejumlah masalah kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi.

Zat antioksidan pada kale membantu tubuh membuang racun yang tidak diinginkan dari proses alami dan tekanan lingkungan.

6. Ubi jalar

Ubi Jalar Makanan Penurun Hipertensi/Darah Tinggi

Ubi jalar dipercaya sebagai makanan sehat untuk penderita hipertensi karena mengandung vitamin C, beta karoten, dan pati resisten.

Selain itu, ubi jalar merupakan sumber potasium yang bagus, yang secara alami membantu menurunkan tekanan darah dengan mengurangi efek natrium dan ketegangan pada pembuluh darah.

7. Oatmeal

Oatmeal Makanan Penurun Hipertensi/Darah Tinggi

Oatmeal termasuk makanan penurun darah tinggi yang mengandung natrium rendah, lemak rendah, dan serat tinggi, sehingga membantu menstabilkan tekanan darah di dalam tubuh.

Sarapan dengan oatmeal adalah ide bagus sebagai makanan pertama kamu sebelum menjalani hari. Jika rasa oatmeal terlalu hambar, coba tambahkan buah segar atau sedikit madu.

Itu dia beberapa makanan yang dapat membantu kalian menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi beberapa makanan diatas mungkin sering kali kita konsumsi sehari hari.

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

Written by Gagas Pandu Wibowo

Manusia teladan (telat berangkat pulang duluan) yang suka rebahan dan suka jalan-jalan.

Jangan Sembarangan, Ini Dia Cara Menyimpan Masker yang Benar

Keuntungan Pacaran dengan Lelaki yang Lebih Muda Darimu

Beragam Keuntungan Yang Didapat Ketika Pacaran dengan Lelaki yang Lebih Muda Darimu