in

8 Permen Khas Berbagai Negara, Salah Satunya Dari Indonesia

Permen, camilan manis yang banyak disukai terutama anak-anak ini ternyata memiliki rasa dan bentuk yang bermacam-macam. Berbagai negara tentu memiliki permen khasnya sendiri, apa saja ya permen khas negara-negara didunia? kepoinkuy!

1. Bbpopki (Korea Selatan)

Bbpopki Korea Selatan
Bbopki, Korea Selatan

Bbpopki, Bbpopgi, atau sering disebut juga Dalgona adalah permen tradisional dari Korea Selatan, permen ini biasanya dijual dijalanan-jalanan yang ada di Korea Selatan.

Bbpopki memiliki warna coklat muda seperti karamel dan berbentuk bulat atau bentuk lain menggunakan cetakan. Bahan dasar dari pembuatan bbpoki adalah gula yang telah dibuat menjadi karamel dengan tambahan soda kue.

2. Canadia Maple Candy (Kanada)

Maple Tuffy Kanada
marthastewart.com

Canadian maple candy sering disebut juga maple taffy atau sugar on snow adalah permen yang berasal dari Kanada, pemen ini terbuat dari sirup maple yang dipanaskan hingga mengental dan dituangkan diatas salju yang bersih.

3. Brigadeiro (Brazil)

Brigadeiro Brazil
wikipedia.org

Brigadeiro adalah makanan penutup dari brazil yang terbuat dari susu kental, bubuk kokoa, mentega, dan taburan cokelat yang menutupi bagian luarnya. Makanan ini dibuat oleh pembuat manisan dari Rio de Janeiro, Heloisa Nabuco de Oliveira.

Nama Brigadeiro sendiri diambil dari nama jendral angkatan udara Brazil pada tahun 1940, Brigadir Eduardo Gomez. Ketika pemen ini pertama kali dicitpatakan Brigadir Eduardo Gomez sangat terkenal karena telah berhasil membasmi pemberontak, maka dari itu permen ini dinamakan sesuai nama jendral untuk menghormati jasanya.

4. Botan Rice Candy (Jepang)

Botan Rice Candy Jepang
misofy.com

Permen yang satu ini adalah permen yang berasal dari negara matahari terbit yaitu Jepang. Botan rice candy sangat lembut, kenyal, memiliki rasa jeruk nipis atau lemon dan dilapisi pembungkus plastik. Permen ini memiliki tekstur seperti plastik dan kering tetapi jika sudah dimakan permen ini akan mencair dimulut.

Nama permen Botan berasal dari (kanji: 牡丹, hiragana: ぼ たん), yang berarti ‘peony’ dalam bahasa Jepang. Sebuah peoni mekar ditampilkan pada label, di samping hariko-Inu, mainan tradisional berbentuk anjing bagi anak-anak Jepang.

5. Permen Jahe (Indonesia)

Permen Jahe Indonesia
Permen Jahe, Indonesia

Permen Jahe memang tergolong permen yang sudah lama ternyata permen jahe ada sejak beratus ratus tahun yang lalu. Permen ini tercatat dalam buku Island of Java yang ditulis oleh John Joseph Stockdale seseorang berkebangsaan Inggris, yang menyebutkan bahwa pada tahun 1778 Belanda mengirim sebanyak 10.000 pon (atau sekitar 5.000 kilogram) produk yang disebut candied ginger dari Batavia ke Eropa.

Makanan ini digemari di Eropa karena menyembuhkan kembung atau dalam istilah ilmiah disebut flatulensi, permen ini juga cocok sekali untuk menghangatkan badan dan menyegarkan tenggorokan.

6. Li Hing Mui (China)

Li Hing Mui China
leilanisattic.com

Permen yang berasal dari China ini terbuat dari buah plum kering dan diberi bubuk li hing yang memiliki rasa manis, asam, asin dari rasa yang beragam tersebut dipercaya dapat menyembuhkan penyakit tenggorokan.

Permen ini awalnya hanya ada di china dan beberapa negara asia. Kemudian pada tahun 1900an, permen ini dibawa masuk pertama kali ke hawai oleh seorang imigran asia yang bernama Yee Sheong.

7. Nougat (Perancis)

Nougat Perancis
greatbritishchefs.com

Nougat, Mungkin banyak orang yang telah mengetahui permen yang satu ini. Permen yang berasal dari Perancis ini terbuat dari gula atau madu, kacang pistachio, almond, hazelnut plus buah buahan kering lainnya.

Nougat memiliki tekstur yang berbeda-beda, ada yang lunak ada yang keras tergantung bahan yang dipakai. Tidak hanya tekstur, warnanya pun bisa berbeda. Nougat putih terbuat dari putih telur, sedangkan nougat cokelat dibuat dari gula caramel dan lebih kriuk kriuk saat dikunyah.

8. Turkish Delight (Turki)

Turkish Delight Turiki
handsonturkish.com

Sesuai namanya Turkish Delight permen ini berasal dari Turki. kembang gula yang nama aslinya Lokum atau cyprus delight ini emang pantas menjadi kesukaan banyak orang. Teksturnya yang lembut dan lengket mirip jeli ditambah potongan kecil kacang-kacangan seperti walnut, almond atau kenari serta taburan gula halus di sekelilingnya, membuat orang-orang yang memakan permen ini menjadi ketagihan.

Permen mana yang kalian sukai dari daftar yang ada diatas atau kalian memiliki permen kesukaan kalian sendiri, tuliskan dikolom komentar ya.

Written by Gagas Pandu Wibowo

Manusia teladan (telat berangkat pulang duluan) yang suka rebahan dan suka jalan-jalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tes Kepriabadian

Tes Kepribadian : Menjawab Karakter Anda – Hewan Apa Yang Pertama Kali Anda Lihat

Tes Kepribadian

Tes Kepribadian – Pilih Siluet, Ungkap Hubungan Anda Dengan Pasangan