in

OMGOMG

8 Pertanyaan Tentang Pesawat Terbang Yang Mungkin Belum Kalian Ketahui

Mengapa jendela pesawat berbentuk bundar | brightside

Kepoinkuy.com – Mengapa jendela pesawat bundar? Mengapa pesawat memiliki ujung sayap melengkung? Mengapa penumpang selalu naik pesawat dari sisi kiri?

Segala sesuatu yang berhubungan dengan pesawat terbang harus terencana dan dipikirkan dengan baik. Mungkin itu adalah alasan utama mengapa sebuah pesawat terbang adalah cara teraman untuk bepergian.

Pesawat terbang adalah sistem yang kompleks. Pada tahap desain dan dalam manual penerbangan dan pemeliharaan (digunakan oleh teknisi pilot dan pemeliharaan) itu terbagi menjadi sistem sederhana yang melaksanakan fungsinya masing-masing.

Dilansir Bright Side, Inilah 8 pertanyaan paling populer tentang pesawat terbang yang mungkin belum kalian ketahui.

8. Mengapa jendela pesawat berbentuk bundar?

Mengapa jendela pesawat berbentuk bundar
Mengapa jendela pesawat berbentuk bundar | brightside

Pada awal tahun 1950-an, de Havilland mengembangkan Comet, pesawat jet komersial pertama di dunia. Itu benar-benar sebuah keajaiban. Tapi setahun kemudian, pesawat itu jatuh berkeping-keping dari atas langit. Dalam beberapa bulan, 2 pesawat berjenis sama jatuh lagi.

Para insinyur melakukan diagnosis setiap sekrup pesawat dan mereka menemukan masalahnya, yaitu jendelanya berbentuk persegi. Masalahnya, tekanan bertambah di sudut-sudut jendela persegi dan tekanan ini hanya meningkat selama penerbangan. Jadi diputuskan untuk semua pesawat dengan jendela berbentuk bundar. Berkat keputusan ini, penerbangan menjadi lebih aman sekarang.

7. Mengapa pesawat memiliki ujung sayap melengkung?

Mengapa pesawat memiliki ujung sayap melengkung
Mengapa pesawat memiliki ujung sayap melengkung | brighside

Selama penerbangan, tekanan lebih rendah di atas sayap daripada di bawah sayap. Udara cenderung bergerak dari tekanan tinggi di bawah sayap ke tekanan rendah di atas sayap di sekitar ujung sayap. Di masa lalu, ujung sayap lurus, dan aliran udara menyebabkan turbulensi yang parah.

Jadi para ilmuwan memutuskan untuk menekuk ujung sayap ke atas untuk mengurangi turbulensi, memperpanjang daya tahan sayap, dan menghemat banyak bahan bakar selama perjalanan. Berkat fitur ini, kita merasa lebih nyaman selama penerbangan.

6. Mengapa pesawat memiliki bentuk hidung yang berbeda?

Mengapa pesawat memiliki bentuk hidung yang berbeda
Mengapa pesawat memiliki bentuk hidung yang berbeda | brightside

Hidung pesawat militer berbentuk runcing. Semakin tajam hidungnya, semakin cepat sebuah pesawat terbang. Tapi hidung yang lebih panjang membuat pilot tidak bisa melihat landasan dengan benar, itulah sebabnya pesawat jet berpenumpang memiliki hidung bulat.

Baca Juga : Daftar 5 Bandara Paling Mengerikan di Dunia

Tetapi insinyur Rusia memecahkan masalah ini di tahun 60an. Mereka menemukan jet penumpang tercepat yang mampu memiringkan hidungnya. Saat lepas landas dan mendarat, pesawat memiringkan hidungnya ke bawah. Selama penerbangan, hidung dibawa kembali ke posisi semula.

Desain aneh ini memiliki tujuan: membantu pilot melihat landasan lebih baik.

5. Mengapa pesawat dicat putih?

Mengapa pesawat dicat putih
Mengapa pesawat dicat putih | brightside

Pesawat hampir selalu dicat putih. Ada beberapa alasan untuk ini:

  • Refleksi panas. Jika sebuah pesawat dicat putih, ia mengakumulasi lebih sedikit panas. Ini lebih baik untuk penumpang dan menguntungkan secara ekonomi untuk maskapai.
  • Cat putih lebih murah. Cat putih memang jauh lebih murah daripada cat lainnya.
  • Mencegah tabrakan dengan burung. Burung dapat melihat pantulan dari permukaan putih dengan lebih baik dan jangan sering bertabrakan dengan pesawat terbang karena alasan ini.
  • Cat putih membantu mengungkap bahkan celah dan penyok kecil. Detail putih mudah dikenali jika terjadi kecelakaan dan lebih mudah untuk melihat kerusakan.

4. Mengapa jalan masuk dan keluar pesawat berada di sebelah kiri?

Mengapa jalan masuk dan keluar pesawat berada di sebelah kiri
Mengapa jalan masuk dan keluar pesawat berada di sebelah kiri | brightside

Tidak semuanya, tetapi mayoritas pesawat memiliki pintu masuk dan keluar penumpang utama berada di sisi kiri. Ada 3 teori yang menjelaskan fakta ini.

  • Teori # 1. Sisi kanan untuk bagasi (palka kargo juga ada di kanan), jadi tidak aman untuk penumpang.
  • Teori # 2. Beberapa orang mengatakan itu adalah tradisi dari masa lalu: landai kapal selalu di kiri.
  • Teori # 3. Kapitan sebuah pesawat digunakan untuk duduk di sebelah kiri. Lokasi pintu penumpang memungkinkan mereka untuk memarkir pesawat di area penumpang dengan lebih baik.

3. Mengapa beberapa pesawat berbentuk aneh?

Mengapa beberapa pesawat berbentuk aneh
Mengapa beberapa pesawat berbentuk aneh | brightside

Anda mungkin pernah mendengar tentang pesawat terbang yang juga disebut pesawat siluman. Bentuknya aneh karena satu alasan sederhana: bentuknya membuatnya kurang terlihat oleh radar, sonar, inframerah, dan metode deteksi lainnya. Terlebih lagi, ini memungkinkan pesawat membawa lebih banyak barang dan mengkonsumsi lebih sedikit bahan bakar.

Bentuk pesawat terinspirasi oleh burung. Burung predator menggunakan posisi ini untuk meningkatkan jangkauan terbangnya dan menjadi kurang terlihat. Pesawat seperti itu terlalu mahal sehingga tidak digunakan dalam penerbangan sipil.

2. Bagaimana pesawat terlihat lebih luas?

Bagaimana pesawat terlihat lebih luas?
Bagaimana pesawat terlihat lebih luas? | brightside

Desainer menggunakan beberapa trik untuk membuat pesawat terlihat lebih besar dan lebih luas dari yang sebenarnya. Misalnya, dinding memiliki bentuk tertentu untuk memantulkan cahaya dengan benar. Penerangan antara langit-langit dan tempat sampah membuat langit-langit secara visual lebih tinggi. Berkat trik ini, lebih mudah bagi orang yang menderita claustrophobia untuk bepergian dengan pesawat.

1. Mengapa pilot tidak memiliki janggut?

pilot tidak boleh berjanggut
pilot tidak boleh berjanggut | brightside

Beberapa maskapai penerbangan tidak mengizinkan pilot memiliki janggut. Masalahnya, rambut wajah dapat menghentikan masker oksigen agar tidak terpasang dengan aman di wajah pilot dan beroperasi dengan baik. Dalam keadaan darurat, pilot harus tetap sadar untuk dapat menyelamatkan nyawa orang.

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. “Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuha wa atazawwaj biha watakuna shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh”.

pedagang ditipu oleh pembeli dengan uang modifikasi

Viral, Pedagang Manisan Ditipu Oleh Pembeli Dengan Uang Rp2000 Hasil Modifikasi

golongan darah

20 Fakta Menarik Tentang Darah Manusia yang Mungkin Kalian Tidak Ketahui