in ,

Agar Tetap Aman, Ketahui Pengertian Status Gunung Di Indonesia

Belum lama ini ada pemberitaan mengenai salah satu gunung yang terletak di Sumatera Utara meletus yaitu gunung sinabung. Dengan kejadian tersebut membuat pemerintah merubah status gunung tersebut menjadi siaga.

Di Indonesia ada beberapa tingkatan status yang berdasarkan dari aktivitas vulkanik gunung api yang digunakan untuk memberi peringatan kepada masyarakat sekitar.

Yuk mengenal lebih dalam tingkatan status gunung api di Indonesia yang telah dirangkum melalui berbagai sumber. kepoinkuy!

Level I (Normal)

Gunung Berstatus Normal

Fase ini tidak menunjukan adanya peningkatan aktivitas vulkanik pada gunung api, baik secara visual maupun kegempaan. Himbauan bagi warga hanya sebatas larangan kegiatan dekat kawah gunung api.

Level II (Waspada)

Gunung Status Waspada

Pada peningkatan aktivitas vulkanik fase ini, gunung dapat diamati secara jelas baik secara visual maupun kegempaan. Pada gunung level II ini, masyarakat sekitar dilarang melakukan kegiatan di dalam area Kawasan Rawan Bencana (KRB) III.

Level III (Siaga)

Gunung Status Siaga

Pada fase level III, gunung api sudah mengalami peningkatan aktivitas vulkanik secara signifikan dan berpotensi mengeluarkan letusan besar. Masyarakat dilarang berada di Kawasan Rawan Bencana (KRB) II.

Level IV (Awas)

Gunung Berstatus Awas

 

Fase ini adalah puncak dari aktivitas vulkanik gunung api dimana letusan gunung api sangat besar sangat mungkin terjadi. Masyarakat harus segera dievakuasi dan dilarang berada di KRB II dan KRB III.

Nah itu dia beberapa penjelasan mengenai status untuk aktivitas vulkanik gunung berapi yang ada di indonesia jangan sampai lupa dengan status-status tersebut agar kalian tetap aman.

Written by Gagas Pandu Wibowo

Manusia teladan (telat berangkat pulang duluan) yang suka rebahan dan suka jalan-jalan.

Tau Gak, Kenapa Deterjen Dapat Membersihkan Minyak ?

Buah Nanas Buah Termahal Di Dunia

Ternyata Buah Nanas Pernah Menjadi Buah Termahal Di Dunia