in

Asam Urat Bisa Dihindari, Kenali 5 Tanda-tandanya

Asam urat dapat menyerang siapa saja, Asam urat adalah gejala penyakit yang menyerang di daerah persendian. Sebenarnya asam urat sendiri berguna untuk mengurai zat purin yang terkandung di dalam makanan.

Ilustrasi Asam Urat

Namun asam urat yang tidak terpakai bisa terbuang bersamaan dengan air urin. Kelebihan asam urat sendiri sangatlah berbahaya dikarenakan ginjal tak mampu menampungnya, karena kadarnya terlalu tinggi di dalam darah maka terjadilah pengkristalan di sendi, jika tidak ditangani secara cepat maka akan mengundang penyakit lain seperti kerusakan sendi hingga penyakit ginjal.

Asam urat sendiri bisa kita hindari dengan mengenali tanda-tandanya sejak awal, berikut tanda-tanda penyakit asam urat yang dilansir dw ..

1. Nyeri di bagian-bagian sendi

Gejala awal asam urat menyerang persendian di sekitar tubuh kita, mulai dari jari tangan, pergelangan, lutut, siku hingga sendi jempol. Di bagian-bagian tersebut akan dirasakan nyeri dan sendi sehingga akan terasa panas dan kaku. Rasa nyeri biasanya juga diikuti dengan pembengkakan di sekitar sendi.

2. Peradangan dan kemerahan.

Asam urat, sesuai namanya adalah penumpukan zat asam yang akhirnya mengkristal di sendi karena gagal dikeluarkan lewat urin dan feses. Sendi dimana tempat zat asam ini terkumpul akan menjadi bengkak dan berwarna kemerahan.

3. Tubuh tidak dapat bergerak dengan leluasa

Rasa nyeri yang menyerang sendi-sendi para penderita asam urat sering menjadi penghalang untuk beraktifitas. Ruang gerak tubuh akan menjadi terbatas, karena persendian akan menjadi kaku. Bila rasa sakit yang diderita sudah menjadi semakin parah dan menghalangi kita untuk menjalankan rutinitas harian, segera hubungi dokter.

4. Rasa sakit menjalar ke daerah tubuh lain

Pada beberapa orang, rasa nyeri pada persendian akan ‘menular’ ke bagian tubuh lain. Biasanya dari bagian bawah kaki ke bagian atas. Rasa nyeri dan panas ini akan naik dari jempol kaki ke bagian telapak kaki dan tapak kaki, kemudian menjalar lagi ke betis, lutut, hingga ke paha.

5. Rasa nyeri berkelanjutan

Sesaat ketika rasa nyeri telah mulai hilang, kadang para penderita asam urat akan tetap merasakan rasa tidak nyaman di sekitar sendi yang dapat berlangsung hingga berhari-hari kemudian.

Itulah beberapa tanda-tanda awal penyakit asam urat, kita bisa menghindarinya jika kita mau mengetahui tanda-tandanya, hidup sehat lebih baik.

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. IG @ikhsanbakhri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Efek Narkoba Zombie

Narkoba Paling Berbahaya, Yang Membuat Penggunanya Jadi “Zombie”

Bikin Ngakak, Inilah Nama 6 Perusahaan di Dunia Yang Aneh Bagi Warga +62