in ,

Bacaan Shalawat Nariyah Arab dan Latin, Serta Keutamaan Membacanya

Sholawat Nariyah - Foto oleh Monstera

Kepoinkuy.com – Membaca sholawat menjadi salah satu bentuk menjalankan perintah Allah SWT, seperti seruan yang tercantum dalam Al-Qur’an surat Al-Ahzab ayat 56.

Ayat tersebut berbunyi, artinya: Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.

Sholawat Nariyah
Sholawat Nariyah – Foto oleh Monstera

Doa Shalawat Nariyah adalah salah satu shalawat yang populer dikalangan umat muslim. Membaca Shalawat Nariyah merupakan bentuk kecintaan umat kepada Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga : Bacaan Sholawat Jibril dan Keutamaannya

Shalawat juga menjadi harapan dan doa agar kelak mendapat syafaat dari Rasulullah. Shalawat Nariyah merupakan disusun oleh Syekh Nariyah sebagai bentuk pujian kepada Allah SWT.

Bacaan Sholawat Nariyah

أللّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Alloohumma sholi sholaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman ‘alaa sayyidina muhammadinil ladzii tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu wa tuqdhoo bihil hawaa-iju wa tunaalu bihir-roghoo-ibu wa husnul khowaatimi wa yustasqol ghomaamu bi wajhihil kariimi wa ‘alaa aalihii wa shohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi ‘adadi kulli ma’luumin laka.

Baca Juga : Menambah Pahala Berikut Bacaan Sholawat Nabi Beserta Khasiat dan Keutamaan

Arti bacaan Sholawat Nariyah

“Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan salam yang sempurna kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW.

Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, tunaikan segala macam hajat, dan tercapai segala macam keinginan dan husnul khotimah.

Dicurahkan air hujan (rahmat) dengan berkah pribadinya yang mulia.

Semoga rahmat dan salam yang sempurna itu juga tetap tercurah kepada para keluarga dan sahabat beliau, setiap kedipan mata dan hembusan nafas, bahkan sebanyak pengetahuan bagi-Mu.”

Manfaat, Khasiat, dan Keutamaan Shalawat

Manfaat, Khasiat, dan Keutamaan Shalawat
Manfaat, Khasiat, dan Keutamaan Shalawat – Foto oleh Hebert Santos

Manfaat Shalawat Nariyah

Sebagai jenis shalawat yang paling banyak diamalkan olah umat muslim, shalawat nariyah diyakini memiliki banyak manfaat atau faedah bagi yang membacanya.

Beberapa manfaat shalawat nariyah diantaranya adalah :

1. Dimudahkan rizkinya

Shalawat nariyah atau yang juga dikenal sebagai shalawat tafrijiyah (shalawat pelepas kesukaran) diyakini bisa mempermudah rezeki apabila dibaca 11 kali.

Usai melaksanakan shalat fardhu.

2. Dimudahkan urusannya

Disebutkan apabila shalawat nariyah dibaca sebanyak 31 kali setelah melaksanakan shalat subuh maka Allah akan melancarkan segala urusan dan usaha yang dilakukannya keesokan harinya.

Sebagaimana sabda Rasul SAW berikut ini

قال رسول الله صلعم ” من صلى علي كل يوم مائة مرة وفي رواية من صلى علي في اليوم مائة مرة قضى الله له مائة حاجة سبعين منها في الاخرة وثلاثين في الدنيا .

“Barang siapa bersholawat kepadaku setiap hari 100 x , dalam riwayat lain mengatakan Barang siapa bersolawat kepadaku dalam sehari 100 x , maka Allah akan memenuhi baginya 100 hajat yang 70 di berikan di akhirat dan yang 30 di berikan waktu di dunia”

3. Dijauhkan dari penyakit dan bahaya

Seseorang yang membaca shalawat nariyah sebanyak 90 kali dapat terhindar dari segala penyakit dan bentuk kesusahan lainnya dan juga diberikan kesenangan didunia serta dijauhkan dari kesukaran yang bisa menyulitkan hidupnya.

4. Dikabulkan hajatnya

Shalawat nariyah yang dibaca secara bersama-sama dan dalam suatu majelis yang besar sebanyak 300 kali diyakini akan dikabulkan hajatnya oleh Allah SWt dan dihindarkan dari segala marabahaya yang dapat menimpanya.

Hal ini juga disebutkan dalam kitab Khozinatul Asror yang menyatakan bahwa shalawat nariyah adalah alah satu shalawat atau doa yang mustajab untuk meminta sesuatu dan baiknya dibaca sebanyak 4444 kali.

Dalam hadits lainnya juga disebutkan bahwa shalawat mampu melepaskan seseorang dari kesempitan dan mengabulkan hajat mereka yang membacanya.

من عسرت عليه حاجته فليكثر بالصلاة وفي رواية فأكثر بالصلاة علي فانها تكشف الهموم والغموم والكروب ونكثر الارزاق وتقضى الحوائج

“Barang siapa sulit keperluannya, maka hendaklan memperbanyak dengan shalawat, dalam sati riwayat : lalu ia memperbanyak dengan shalawat kepadaku, maka sesungguhnya itu bias membuka kesedihan dan kesempitan dan bias memperbanyak rizki dan semua hajjat akan terpenuhi”.

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan & nulis, anda senang saya pun ikut senang, jangan lupa untuk baca artikel menarik lainnya yak.

Sholawat Jibril

Bacaan Sholawat Jibril dan Keutamaannya

Ini list anime genre komedi yang kamu cari, yuk simak!