in , ,

Beginilah Cara Kerja dan Transaksi Mata Uang Kripto Bitcoin

Token Samar - Foto oleh David McBee dari Pexels

Kepoinkuy.com – Bitcoin adalah cryptocurrency atau mata uang digital paling menonjol yang telah mengalami perubahan nilai secara drastis. Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency (mata uang kripto?), pertama kali di deskripsikan oleh Wei Dai pada tahun 1998 dalam milis cypherpunks.

Tidak seperti mata uang pada umumnya, bitcoin tidak tergantung dengan mempercayai penerbit utama. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi, dan menggunakan kriptografi untuk menyediakan fungsi-fungsi keamanan dasar, seperti memastikan bahwa bitcoin-bitcoin hanya dapat dihabiskan oleh orang yang memilikinya, dan tidak pernah boleh dilakukan lebih dari satu kali.

Namun tahukah anda cara kerja dari mata uang kripto ini (Bitcoin) simak ulasan berikut yang dikutip dari laman dw.

Token samar

cara kerja mata uang kripto Bitcoin
Token Samar – Foto oleh David McBee dari Pexels

Bitcoin dianggap sebagai mata uang digital karena hanya eksis secara virtual, tanpa koin atau uang kertas fisik yang ada di perputaran mata uang publik. Bitcoin juga tidak dapat ditransaksinan secara mandiri dan berada di luar jaringan bank komersial maupun bank sentral. Identitas pemilik bitcoin dan transaksinya tersembunyi.

Baca Juga : Unik dan Ajaib, 6 Fakta Tentang Mata Uang di Dunia

Pendiri Bitcoin misterius

cara kerja mata uang kripto Bitcoin
Pendiri Bitcoin misterius (Satoshi Nakamoto) – Decrypt

Cryptocurrency pertama kali dideskripsikan secara publik pada tahun 2008 oleh orang atau seklompok orang yang tidak dikenal, yang menggunakan nama Satoshi Nakamoto. Penggunaan mata uang digital ini dimulai sejak Januari 2009, ketika dirilis sebagai piranti lunak open source.

Bagaimana cara mendapatkan Bitcoin?

cara kerja mata uang kripto Bitcoin
Bagaimana cara mendapatkan Bitcoin? – Foto oleh Crypto Crow dari Pexels

Ada tiga cara berbeda untuk memperoleh Bitcoin. Pertama, Anda dapat membeli dengan alat pembayaran yang sah di bursa online virtual seperti Coinbase atau Bitfinance. Kedua, Anda dapat menerima Bitcoin sebagai “pembayaran” atas produk dan layanan Anda. Dan ketiga, Anda dapat membuat Bitcoin Anda sendiri melalui proses yang disebut “penambangan.”

Tanpa dompet virtual? Tidak bisa punya Bitcoin

cara kerja mata uang kripto Bitcoin
Tanpa dompet virtual? Tidak bisa punya Bitcoin – Foto oleh Worldspectrum dari Pexels

Sebelum membeli Bitcoin, Anda harus menginstal perangkat lunak dompet virtuall yang berisi alamat serta kunci pribadi yang hanya dimiliki sang pemilik untuk mengirim atau menerima mata uang digital. Tanpa dompet virtual, Anda tidak dapat memiliki Bitcoin.

Proses pembayaran dengan Bitcoin

cara kerja mata uang kripto Bitcoin
Proses pembayaran dengan Bitcoin – Foto oleh Worldspectrum dari Pexels

Untuk melihat bagaimana proses pembayaran dengan Bitcoin, mari kita bayangkan Tuan X ingin membeli topi dari Nyonya Y. Hal pertama yang perlu dilakukan Nyonya Y adalah mengirimkan alamat dompet virtualnya kepada Tuan X.

Rangkaian rantai balok

cara kerja mata uang kripto Bitcoin
Rangkaian rantai balok

Setelah Tuan X menerima alamat dompet virtual Nyonya Y, dia akan “menandatangani” transaksi dengan kunci pribadinya untuk memverifikasi bahwa dia pengirim Bitcoin. Transaksi sekarang disimpan di blockchain Bitcoin dengan ribuan transaksi lain yang dilakukan dengan Bitcoin setiap hari.

Baca Juga : Dari Internet Mati Hingga Situs Porno, Inilah 8 Fakta Unik dan Menarik Tentang Internet

Penambang di era digital

cara kerja mata uang kripto Bitcoin
Penambang di era digital – Foto oleh Simon dari Pexels

Sekarang transaksi Tuan X disiarkan ke semua peserta lain di jaringan blockchain peer-to-peer, yang juga disebut node. Pada dasarnya, ini adalah komputer pribadi atau “penambang”, yang memverifikasi validitas transaksi. Setelah itu, Bitcoin dikirim ke alamat virtual Nyonya Y, di mana dia sekarang dapat membuka kunci transfer dengan kunci pribadinya.

Ruang mesin Bitcoin

cara kerja mata uang kripto Bitcoin
Ruang mesin Bitcoin – Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Secara teoritis, setiap orang bisa menjadi “penambang” di jaringan blockchain. Pemrosesan Bitcoin mengamankan transaksi dengan menambahkan transaksi baru (atau blok) ke rantai dan menyimpannya dalam antrian.

Rangkaian data yang tidak dapat diubah

cara kerja mata uang kripto Bitcoin
Rangkaian data yang tidak dapat diubah – Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Transaksi Bitcoin antara Tuan X dan Nyonya Y akhirnya dimasukkan dalam buku besar, di mana semua transaksi dikonfirmasi sebagai blok. Saat setiap blok memasuki sistem, semua pengguna diberi tahu tentang setiap transaksi. Siapa yang telah mengirim berapa banyak Bitcoin kepada siapa, identitas mereka tetap anonim. Setelah dikonfirmasi, transaksi tidak dapat dibatalkan oleh siapa pun.

Penambangan kontroversial Bitcoin

cara kerja mata uang kripto Bitcoin
Penambangan kontroversial Bitcoin – DW

Penambang menghasilkan Bitcoin baru saat mereka memproses transaksi. Setelah diselesaikan, blok baru ditambahkan ke rantai dan penambang diberi hadiah Bitcoin. Cina adalah penambang terbesar di jaringan Bitcoin. Biaya listrik yang murah memberikannya keunggulan atas penambang saingan, terutama dari AS, Rusia, Iran, dan Malaysia.

Bitcoin yang haus energi

cara kerja mata uang kripto Bitcoin
Bitcoin yang haus energi – DW

Jaringan Bitcoin mengonsumsi energi dalam jumlah besar, sekitar 120 terawatt jam daya per tahun. Indeks Konsumsi Listrik Bitcoin dari Universitas Cambridge, menghitung bahwa cryptocurrency membutuhkan lebih banyak energi dibanding masing-masing negara yang ditunjukkan dengan warna biru pada peta di atas.

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. “Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuha wa atazawwaj biha watakuna shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Liga Champions: Atletico Madrid vs Chelsea Diprediksi berjalan sengit

Candu Paling Mematikan

Ketagihan dan Mengganggu Kerja Otak, Inilah 5 Candu Paling Mematikan di Dunia