in ,

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Secara Alami

cara menghilangkan bruntusan dalam semalam - klikdokter

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Bruntusan dan cara menghilangkan bruntusan di wajah.

Bruntusan bukanlah suatu kondisi medis yang serius, hanya saja keadaan kulit yang permukaannya terasa kasar dan tidak rata.

Jenis atau penyebab bruntusan di kulit wajah itu ada beragam lho. Pada banyak kasus penyebabnya sederhana, seperti pori-pori yang tersumbat.

Bruntusan biasanya tidak berbahaya. Terutama jika benjolan kecil-kecil di wajah ini tidak berdarah atau tidak berubah bentuk secara signifikan dalam waktu singkat.

Baca Juga : 6 Jenis Jerawat Beserta Penyebab dan Cara Mengobatinya

Namun pada kasus yang langka, bruntusan juga bisa disebabkan kondisi berbahaya seperti kanker kulit.

Penyebab bruntusan di wajah

Sama seperti jerawat, komedo terbentuk dari penumpukkan sel-sel kulit mati dan minyak yang terperangkap di dalam pori-pori kulit. Pori-pori yang tersumbat ini bisa dipicu oleh beberapa hal di bawah ini.

  • Perubahan hormon
  • Stres
  • Produksi keringat berlebih
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Penggunaan kosmetik atau produk skincare (perawatan kulit) yang tidak cocok
  • Kebersihan kulit yang tidak terjaga dengan baik, misalnya menyentuh kulit dengan tangan kotor

Cara Menghilangkan Bruntusan dalam Semalam

Cara Menghilangkan Bruntusan
Cara Menghilangkan Bruntusan – womantalk

Di bawah ini beberapa tips mengatasi bruntusan agar tidak mengganggu penampilan Anda.

1. Menggunakan es batu

Salah satu cara alami menghilangkan bruntusan di wajah dengan cepat yaitu memanfaatkan es batu untuk wajah. Selain untuk menyegarkan minuman Anda, es batu juga bisa dipakai sebagai alternatif mengatasi jerawat pasir.

Dilansir dari Cleveland Clinic, penggunaan es batu dapat membantu mengatasi jerawat, terutama yang berwarna merah dan bengkak. Hal ini dikarenakan efek dingin dari es dapat meredakan peradangan sementara waktu meski efeknya cepat hilang.

Meski begitu, tidak ada salahnya bukan untuk mencoba es batu sebagai cara menghilangkan bruntusan dengan cepat. Ada pun cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam dengan es batu yakni sebagai berikut.

  1. Bungkus es batu dengan kain tipis atau memakai kompres dingin.
  2. Tempelkan kain pada jerawat selama satu menit.
  3. Lakukan 1 – 2 kali sehari setelah membersihkan wajah.

Perlu diketahui bahwa es batu tidak mesti menghilangkan bruntusan dalam semalam. Namun, cara ini setidaknya dapat membantu meredakan peradangan pada kulit wajah dengan cepat.

2. Madu

Madu dikenal sangat baik dalam menuntaskan permasalahan kulit wajah. Tidak hanya jerawat dan kulit kusam saja, bahan alami ini juga bisa digunakan untuk membersihkan beruntusan pada wajah.

Berikut adalah cara menghilangkan bruntusan di jidat dengan madu:

  1. Cuci muka terlebih dahulu.
  2. Oleskan madu hingga merata pada wajah.
  3. Diamkan selama 30 menit.
  4. Bilas dengan air bersih dan sabun muka.
  5. Lakukan cara di atas setiap mandi dengan rutin untuk hasil yang maksimal.

3. Memakai tea tree oil

Selain es batu, cara lain menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam yaitu dengan memakai tea tree oil. Minyak jenis ini sudah sejak lama dipakai untuk mengatasi berbagai jenis jerawat, mulai dari yang ringan hingga yang parah.

Begini, penelitian yang dimuat dalam Australasian Journal of Dermatology mengungkapkan bahwa sedikit minyak pohon teh dapat melawan jerawat. Sayangnya, cara ini hanya berlaku pada mereka yang tidak memiliki reaksi alergi terhadap minyak ini.

Bila tea tree oil yang dioleskan pada wajah yang berjerawat memicu alergi, tentu hal ini bisa menimbulkan masalah kulit baru. Oleh sebab itu, selalu uji bahan alami pada kulit tangan dengan tes kulit alergi sebelum dipakai pada wajah.

4. Mengoleskan teh hijau

Sudah bukan rahasia umum lagi bila minum teh hijau menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan. Namun, tahukah Anda bahwa mengoleskan langsung teh hijau juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi bruntusan dengan cepat?

Berkat kandungan flavonoid dan tanin di dalamnya, teh hijau dipercaya dapat membantu melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat. Hal ini juga telah dibuktikan lewat penelitian yang dimuat dalam The Journal of investigative dermatology.

Baca Juga : Segudang Manfaat Teh Hijau, Bisa Tambah Pintar dan Juga Tambah Cantik

Para peneliti melaporkan bahwa teh hijau mengandung antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang tinggi. Jenis antioksidan ini ternyata dapat membantu mengatasi masalah jerawat, termasuk bruntusan dengan cara:

  • melawan peradangan,
  • mengurangi produksi sebum, serta
  • menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat (P. acnes).

Kabar baiknya, olahan teh hijau untuk jerawat dengan cara dioleskan pada wajah tersedia cukup banyak di pasaran. Bahkan, Anda juga bisa membuat olesan teh hijau di rumah dengan mudah.

5. Lemon dan Putih Telur

Berikut adalah cara menghilangkan bruntusan dengan lemon dan putih telur:

  1. Siapkan buah lemon dan putih telur.
  2. Campurkan keduanya.
  3. Oleskan hasil campuran tersebut pada wajah secara merata.
  4. Diamkan selama 20 menit hingga mengering.
  5. Bilas hingga bersih.

Perlu diingat, lemon memiliki kandungan asam yang cukup tinggi sehingga tidak cocok untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

4. Tomat

Selain disebut sebagai buah yang dapat mengatasi mata minus, tomat juga ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah beruntusan pada wajah.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mendapatkan manfaatnya:

  1. Siapkan tomat.
  2. Haluskan dengan cara diblender.
  3. Gunakan hasilnya sebagai masker.
  4. Biarkan hingga mengering.
  5. Bilas wajah dengan air bersih.

5. Melembapkan wajah dengan lidah buaya

Lidah buaya termasuk tanaman sukulen (batang dan daun tebal) yang telah lama menjadi obat alami jerawat. Bahkan, tanaman berwarna hijau ini disebut dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam.

Kandungan gel bening yang ada dalam daun lidah buaya merupakan jawaban dari temuan tersebut. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa gel lidah buaya dapat meningkatkan efektivitas obat penghilang jerawat.

Salah satu penelitian tersebut berasal dari Journal of Dermatological Treatment. Penelitian ini membandingkan dua kondisi, yaitu menggunakan tretinoin tropikal dan gel lidah buaya, sedangkan lainnya memanfaatkan tretinoin dan plasebo.

Hasilnya, kelompok yang menggunakan tretinoin dan lidah buaya memiliki lebih sedikit jerawat yang memerah. Meski tidak langsung dapat menghilangkan bruntusan dalam semalam, setidaknya lidah buaya dapat meredakan peradangan dengan cepat.

6. Soda Kue

Bahan yang biasa dipakai untuk membuat kue ini memiliki sifat antiinflamasi yang tentunya baik untuk mengatasi peradangan akibat beruntusan pada kulit wajah.

Namun, untuk kamu yang berkulit sensitif, sebaiknya menghindari penggunaan bahan ini karena sifat kandungan asamnya cukup tinggi bisa menyebabkan iritasi.

Berikut adalah cara menghilangkan bruntusan di pipi dengan baking soda:

  1. Siapkan soda kue secukupnya.
  2. Campur dengan air.
  3. Oleskan campuran tersebut pada area yang beruntusan.
  4. Diamkan selama 10-15 menit.
  5. Bilas dengan air bersih.

Lakukanlah cara dia atas dengan rutin, ya!

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan & nulis, anda senang saya pun ikut senang, jangan lupa untuk baca artikel menarik lainnya yak.

Ilustrasi Stress

Menurut Astrology, 5 Zodiak ini Mempunyai Cara Mengatasi Rasa Stress

5 Genre Musik Paling Populer di Dunia

5 Genre Musik Paling Populer di Dunia