in ,

Cara Mengusir Semut dan Doa Mengusir Semut Sesuai Ajaran Nabi

Doa Mengusir Semut - Foto oleh Andre Moura

Kepoinkuy.com – Rumah dipenuhi semut dan sudah melakukan berbagai cara mengusir semut namun juga belum ketemu yang paling ampuh?

Apakah kamu termasuk dari sekian banyak orang yang resah karena banyaknya semut di rumah Makanan jatuh tak seberapa, gerombolan serangga kecil satu ini segera mengerubungi…

Jika tak teratasi, tentu hal tersebut bakal bikin jengah dan stres sendiri. Beberapa spesies semut memang tak mengganggu, sementara sisanya bisa menggigit dan bikin sakit.

Berikut cara mengusir semut sampai tak bersisa di rumah yang bisa kalian lakukan!

cara mengusir semut
cara mengusir semut – Foto oleh Poranimm Athithawatthee

Cara alami mengusir semut

1. Bubuk merica

Cara mengusir semut dengan bahan alami yang pertama bisa menggunakan bubuk merica. Semut tidak menyukai aroma yang ditimbulkan dari merica. Caranya bisa dengan menaburkan bubuk merica di sudut-sudut atau area yang sering didatangi semut. Cara lainnya adalah mencampurkan satu sendok bubuk merica dengan satu cangkir air panas.

Kemudian semprotkan campuran tersebut ke tempat yang dilalui dan ditempati semut. Ramuan ini akan menyingkirkan masalah semut untuk selamanya.

2. Cuka

Selain bubuk merica, Anda juga bisa menggunakan cuka untuk mengusir semut. Cara dengan menggunakan cuka murni atau campuran cuka dengan air dengan perbandingan 50:50. Cairan cuka bisa digunakan untuk mengelap meja makan dan meja dapur, atau digunakan untuk mengepel seluruh ruangan rumah.

Meski manusia tak bisa membaui cairan cuka yang sudah mengering di lantai, namun semut masih bisa membaui dengan sempurna. Semut sangat membenci bau menyengat dari cuka yang ada.

3. Bubuk kopi

Kopi memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Selain untuk diminum, kopi bisa digunakan sebagai bahan pengusir semut. Caranya adalah menggunakan bubuk kopi. Cukup taburkan sedikit bubuk kopi ke tempat yang biasa dipenuhi semut.

Dengan cara ini semut akan menjauh karena mereka tidak menyukai bubuk kopi. Namun karena aroma kopi bisa hilang dari waktu ke waktu, Anda harus rutin menggantinya dengan biji kopi yang baru agar semut tetap tak berani menjejakkan kakinya di meja makan.

4. Air lemon

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengusir semut adalah air perasan lemon. Caranya dengan mencampurkan perasan lemon dengan satu sendok makan garam ke dalam wadah, lalu kocok campurannya. Selanjutnya cukup semprotkan air perasan lemon di area yang didominasi atau dihinggapi semut. Trik kecil ini akan menyingkirkan masalah untuk selamanya.

5. Bubuk kayu manis

Bubuk kayu manis juga menjadi salah satu bahan alami yang digunakan untuk mengusir semut. Bahkan ada sebuah riset yang menggunakan minyak esensial kayu manis dengan konsentrat tinggi untuk mendukung langkah ini.

Meski belum diketahui tingkat keefektivitasannya, tidak ada salahnya bila Anda mencoba cara mengusir semut dengan bubuk kayu manis. Anda bisa menaburkan bubuk ini di area rumah Anda yang sering dilewati oleh semut.

6. Minyak peppermint

Minyak peppermint adalah jenis pembasmi serangga alami yang juga efektif untuk mengusir semut yang mengganggu di rumah.

Cukup campurkan 10-20 tetes minyak peppermint dengan 2 gelas air, dan masukkan ke dalam botol semprot. Anda tinggal menyemprotkan larutan ini ke area pintu dan jendela rumah supaya semut-semut tidak masuk ke rumah Anda.

7. Tepung maizena (tepung jagung)

Jika menemukan banyak semut di dapur, Anda bisa menggunakan tepung maizena. Bagaimanakah caranya?

Taburkan tepung maizena di area dapur rumah Anda yang mungkin terdapat sarang semut. Anda juga bisa menambahkan air di atas taburan tepung. Meski akan tampak berantakan, campuran tepung dan air tersebut bisa mematikan banyak semut.

8. Tea tree oil

Untuk menggunakan tea tree oil sebagai cara mengusir semut di rumah, Anda cukup mencampurkan 5-10 tetes minyak ini dengan 2 gelas air. Lalu, masukkan cairan ke dalam botol semprot, dan bisa langsung digunakan.

Anda bisa pula menggunakan bola kapas yang sudah dibasahi campuran tea tree oil dan air. Taruh bola-bola kapas ini di sudut-sudut rumah yang sering menjadi jalan semut.

Jika aroma tea tree oil terlalu kuat, Anda bisa menambahkan minyak peppermint ke dalam campuran tersebut. Namun seperti kebanyakan minyak esensial, jauhkan tea tree oil dari jangkauan anak-anak maupun hewan peliharaan.

Doa Mengusir Semut Sesuai Ajaran Nabi

Doa Mengusir Semut
Doa Mengusir Semut – Foto oleh Andre Moura

Dalam Islam, semut merupakan hewan yang istimewa. Hewan kecil ini bahkan diabadikan menjadi nama surat dalam Al-Qur.’an, yakni An Naml yang berarti semut dan An Nahl yang artinya lebah.

Oleh sebab itu, dalam Islam hewan kecil ini dilarang untuk dibunuh.

Jika dirumah kalian terdapat semut yang berbaris atau mengerumini makanan jatuhjangan dibunuh terlebih dulu, ya! Pasalnya, ada doa mengusir semut sesuai ajaran nabi yang bisa kamu baca dan lantunkan.

Larangan Membunuh Semut

Nabi Muhammad SAW melarang membunuh semut dengan cara apapun, apalagi jika membakar sarangnya.

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau mengatakan:

نَهَى رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ قَتْلِ أَرْبَعٍ مِنَ الدَّوَابِّ: النَّمْلَةِ، وَالنَّحْلَةِ، وَالْهُدْهُدِ، وَالصُّرَدِ

Artinya:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang membunuh 4 jenis binatang: semut, lebah, hudhud, dan suradi. (HR. Ahmad 3066, Abu Daud 526 dan disahihkan Syuaib al-Arnauth).

Lalu, bagaimana cara mengusir semut yang tepat tanpa menyakiti dan membunuhnya?

3 Doa Mengusir Semut di Rumah
3 Doa Mengusir Semut di Rumah – Foto oleh Erik Karits

3 Doa Mengusir Semut di Rumah

Terdapat doa khusus untuk menghalau semut di rumah. Jika ada makanan di dalam toples yang sering didatangi semut, cobalah membaca doa ini:

1. Doa Mengusir Semut di Rumah Pertama

Hadza Lil Wakilil Qadhi

Artinya: ini milik asisten hakim.

2. Doa Mengusir Semut di Rumah Kedua

Hadza Li Rosulil Hakim

Artinya: ini milik utusan hakim.

3. Doa Mengusir Semut dari Al-Qur.’an

Kamu juga bisa menemukan doa untuk mengusir semut dari Al-Quran tepatnya surat Al-Isra ayat 44.

تُسَبِّحُ لَهُ ٱلسَّمَٰوَٰتُ ٱلسَّبْعُ وَٱلْأَرْضُ وَمَن فِيهِنَّ ۚ وَإِن مِّن شَىْءٍ إِلَّا يُسَبِّحُ بِحَمْدِهِۦ وَلَٰكِن لَّا تَفْقَهُونَ تَسْبِيحَهُمْ ۗ إِنَّهُۥ كَانَ حَلِيمًا غَفُورًا

Arab-Latin: Tusabbiḥu lahus-samāwātus-sab’u wal-arḍu wa man fīhinn, wa im min syai`in illā yusabbiḥu biḥamdihī wa lākil lā tafqahụna tasbīḥahum, innahụ kāna ḥalīman gafụrā

Terjemah Arti: Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.

Keutamaan dan Manfaat Sholat Dhuha

Keutamaan dan Manfaat Sholat Dhuha Sebagai Pembuka Pintu Rezeki

Tata Cara Mengubur Mayat Kucing Beserta Doa

Tata Cara Mengubur Mayat Kucing Beserta Doa sesuai Tuntunan Rasulullah SAW