in

Dijamin Betah, 7 Perpustakaan Paling Indah dan Unik di Dunia

Seperti yang kita ketahui bahwa perpustakaan adalah tempat dimana kita dapat menemukan berbagai macam informasi serta literatur dari seluruh dunia. Namun dari sebagian orang enggan untuk mengunjungi perpustakaan dikarenakan suasananya yang membosankan.

Namun beberapa perpustakaan ini dapat membuat kalian betah berlama-lama membaca buku dikarenakan arsitekturnya yang indah dan menawan, berikut beberapa perpustakaan paling indah dan unik di seluruh dunia..

1. Perpustakaan Pusat Oodi – Helsinki: Rancangan futuristik sekaligus alami

Perpustakaan Pusat Oodi di Helsinki | via dw

Perpustakaan Pusat Oodi di Helsinki adalah ikon bagi para perancang. Arsitektur bangunan tiga lantai ini menyoroti alam Finlandia, dengan eksterior berbalut kayu dan bentuk bergelombang yang menyerupai salju melayang. Dengan bioskop dan sauna di dalamnya, perpustakaan ini dibangun untuk mengapresiasi budaya baca lebih dari sekadar buku.

2. Herzogin Anna Amalia Bibliothek – Weimar: Yang bangkit dari kehancuran

Herzogin Anna Amalia Bibliothek | via dw

Herzogin Anna Amalia Bibliothek di Weimar sempat hancur terbakar namun dipugar dan dibuka kembali pada 24 Oktober 2007. Bangunan dengan aula oval bergaya rococo dan bertingkat tiga ini sebagian hancur dalam kebakaran tahun 2004. Perpustakaan ini didirikan tahun 1691. Tahun 1998 dideklarasikan sebagai Warisan Budaya UNESCO.

3. Biblioteca Joanin – Coimbra, Portugal: Kayu hitam eboni dan tulip

Biblioteca Joanin | via dw

Harian Inggris “The Daily Telegraph” tahun 2013 memasukkan Biblioteca Joanina di Coimbra, Portugal, dalam daftar perpustakaan paling spektakuler di dunia. Semua rak buku terbuat dari kayu tulip dan eboni. Sekarang menjadi bagian dari Fakultas Hukum Universitas Coimbra.

4. Perpustakaan Alexandria: Persilangan zaman antik dan modern

Perpustakaan Alexandria | via dw

Perpustakaan Alexandria adalah perpustakaan paling terkenal di dunia, sebelum dilahap api sekitar 2.000 tahun lalu. Saat itu, di sini lah terkumpul seluruh pengetahuan dunia dalam sekitar 490 ribu gulungan papirus. Perpustakaan Alexandria yang baru dan modern dibuka tahun 2002, menghabiskan dana lebih dari 220 juta dolar AS.

5. The Library of Congress – Washington DC: Diselamatkan Presiden Thomas Jefferson

The Library of Congress | via dw

Kalau sedang berada di Washington, jangan lupa kunjungi The Library of Congress ini. Didirikan tahun 1800 tetapi dibakar oleh Inggris hanya 14 tahun kemudian. Thomas Jefferson, Presiden ketiga Amerika Serikat, menjual sekitar 6.500 buku koleksi pribadi untuk mendanai perbaikannya. Ruang baca utama dibangun dengan gaya Neo-Renaissance.

6. The New York Public Library – New York: Jadi bintang di banyak film

The New York Public Library | via dw

The New York Public Library telah membintangi beberapa film, termasuk musikal “42nd Street” (1933), “Breakfast at Tiffany’s” (1961), “Ghostbusters” (1984) dan “Spider-Man” (2002). Di sinilah Carrie dan Mr. Big dari film “Sex and the City” (2008) melangsungkan pernikahan. Dibuka tahun 1911, ruang baca utamanya saat ini sedang diperluas.

7. Perpustakaan Nasional Cina – Beijing: Lebih dari 30 juta buku

Perpustakaan Nasional Cina | via dw

Dengan lebih 30 juta buku dan media lainnya, Perpustakaan Nasional Cina adalah salah satu dari tujuh perpustakaan terbesar dunia. Dibangun tahun 1809 sebagai Perpustakaan Ibu Kota, namanya pada tahun 1928 diganti menjadi “Perpustakaan Beijing,” setelah pendirian Republik Rakyat Cina.

Itulah beberapa perpustakaan yang paling unik dan indah di dunia, kalian jangan sampai malas membaca yakk banyak perpustakaan bagus di sekitar kalian, selamat membaca

(ref: kepoinkuy.com – dw – berbagai sumber)

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. IG @ikhsanbakhri

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Ketahui Ini 5 Masalah Kesehatan Yang Diakibatkan Stres

Ternyata Otak Bisa Memulihkan Tubuh Serta Membuang Racun Saat Kita Tidur