in

Bacaan Doa Qunut Subuh Latin dan Terjemahannya

doa qunut arab dan latin - Foto oleh Tima Miroshnichenko

Kepoinkuy.com – Belum banyak yang tahu bahwa doa qunut memiliki banyak keutamaan. Bacaan doa qunut salah satunya dapat menghindarkan diri dari penyakit.

Doa Qunut diucapkan sebagian umat Islam saat menjalankan ibadah shalat subuh, tapi ada pula yang tidak. Menurut mazhab Syafi’i dan Maliki, hukum membaca doa qunut saat salat subuh adalah sunah.

Menurut Imam Nawawi, meninggalkan doa qunut memang tak membatalkan sholat subuh. Namun, umat muslim dianjurkan melakukan sujud sahwi ketika tidak membaca doa qunut pada saat sholat subuh, baik secara sengaja maupun tidak.

Disisi lain, para ulama mazhab Hanbali dan Hanafi berpandangan bahwa membaca qunut bukanlah hal yang dianjurkan untuk dilakukan pada saat sholat Subuh.

Baca Juga : Lengkap Bacaan Dzikir Pagi Serta Manfaatnya

Landasannya adalah hadis: “Sesungguhnya Rasulullah SAW tidak berqunut saat sholat fajar (salat subuh), kecuali ketika mendoakan kebaikan atau keburukan untuk suatu kaum,” (HR Muslim).

Dengan penjelasan ini bisa disimpulkan hukum doa qunut subuh adalah sunah. Jika ada perbedaan pendapat tidak perlu menjadi penyebab pertikaian.

Berikut doa Qunut Subuh beserta latin dan terjemahannya

Bacaan doa qunut

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bacaan Doa Qunut Latin

Arab latin: Allahummahdini fî man hadait, wa ‘âfini fî man ‘âfait, wa tawallanî fî man tawallait, wa bâriklî fî mâ a’thait, wa qinî syarra mâ qadhait, fa innaka taqdhî wa lâ yuqdhâ ‘alaik, wa innahû lâ yazillu man wâlait, wa lâ ya’izzu man ‘âdait, tabârakta rabbanâ wa ta’âlait, fa lakal hamdu a’lâ mâ qadhait, wa astagfiruka wa atûbu ilaik, wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alâ âlihi wa shahbihi wa sallam.

Arti Doa Qunut Subuh

Artinya: “Ya Allah tunjukkanlah akan daku sebagaimana mereka yang telah Engkau tunjukkan. Dan berilah kesihatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesihatan. Dan peliharalah daku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan. Dan berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau kurniakan. Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan. Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum. Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau. Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan. Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.”

Baca Juga : Tata Cara dan Waktu Terbaik Sholat Dhuha Serta Beragam Manfaatnya

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan & nulis, anda senang saya pun ikut senang, jangan lupa untuk baca artikel menarik lainnya yak.

5 Cara Mudah dan Cepat Ubah PDF ke Word

5 Cara Mudah dan Cepat Ubah PDF ke Word

Lari Pagi

Inilah 5 Manfaat Lari Pagi bagi Kesehatanmu