in

SedihSedih

Deretan Fakta Terkait Ledakan Dahsyat di Beirut, Lebanon, Yang Menjadi Sorotan Dunia

Kerusakan yang parah | cnn

Kepoinkuy.com – Sebuah ledakan besar melanda Beirut tengah pada hari Selasa, menewaskan puluhan orang, melukai ribuan orang dan meluluhlantahkan gedung-gedung di seluruh kota.

Ledakan terjadi di dekat pelabuhan Beirut serta menimbulkan gelombang kejut berbentuk awan besar berbentuk jamur ledakan ini membuat area terdampak luluh lantah seperti bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima.

Peristiwa ledakan di Beirut, Lebanon yang terjadi pada Selasa 4 Agustus mencuri perhatian publik. Awalnya ledakan dipicu oleh kebakaran yang terjadi di gudang penyimpanan di pelabuhan Beirut.

Berikut deretan fakta terkait ledakan di Beirut, Lebanon, yang menjadi sorotan dunia tersebut:

Berasal dari 2700 ton amonium

Ledakan Dahsyat di Beirut Lebanon
Berasal dari 2700 ton amonium

Kepala Keamanan Umum Lebanon Abbas Ibrahim mengungkap pemicu ledakan dahsyat tersebut. Ibrahim mengatakan, berdasarkan hasil investigasi, ledakan itu berasal dari 2.700 ton amonium nitrat.

Bahan kimia tersebut disimpan di pelabuhan Beirut sebelum dikirim ke Afrika, seperti dikutip dari Aljazeera, Rabu, (5/8/2020).

Setara dengan Gempa 3,3 Magnitudo

Ledakan Dahsyat di Beirut Lebanon
Setara dengan Gemba Bermagnitudo 3.3 | dnaindia

Ledakan di Beirut Lebanon tersebut dilaporkan menghasilkan gelombang seismik yang setara dengan gempa berkekuatan magnitudo 3,3.

CNN menyebut, data yang dikumpulkan oleh Survei Geologi Amerika Serikat menunjukkan bahwa ledakan besar di Beirut begitu kuat. Bahkan menciptakan gelombang seismik yang setara dengan gempa berkekuatan magnitudo 3,3. Namun, meski setara dengan magnitude 3,3 kekuatannya tak langsung sebanding dengan gempa dengan ukuran yang sama.

Baca Juga : Viral Detik-detik Ledakan Dahsyat di Beirut Lebanon, Ada Korban WNI !

Menurut Don Blakeman, ahli geofisika di Pusat Informasi Gempa Bumi Nasional, hal itu karena ledakan masuk guncangan jenis permukaan, seperti ledakan di Beirut, tidak menghasilkan magnitudo sebesar gempa bumi.

Mirip ledakan bom di Hiroshima dan Nagasaki

Ledakan Dahsyat di Beirut Lebanon
Ledakannya menyerupai ledakan bom atom di Horoshima | global news

Saking dahsyatnya, ledakan ini bahkan dikatakan mirip dengan ledakan bom Hiroshima. Hal ini yang diungkapkan langsung oleh Wali Kota Beirut Marwan Abboud.

“Saya tak pernah melihat kehancuran seperti ini. Ini adalah petaka nasional. Ini adalah bencana bagi Lebanon, (ini) mirip dengan apa yang terjadi di Hiroshima dan Nagasaki,” ujar Abboud saat diwawancara Sky News Arabia, Rabu (5/8/2020).

Dia bahkan tak bisa menahan tangisnya ketika memantau lokasi ledakan di Beirut, Lebanon. Ia pun berkata tak pernah melihat bencana seperti ini seumur hidupnya.

Kerusakan yang amat sangat parah

Ledakan Dahsyat di Beirut Lebanon
Kerusakan yang parah | cnn

Ledakan tersebut juga mengakibatkan kerusakan parah dan melukai ribuan orang. Pada video yang berhasil direkam saksi mata dan beredar di media sosial, terlihat ada kolom asap besar menjulang di atas kota setelah ledakan.

Saksi mata yang berada di lokasi kejadian mengatakan bahwa ledakan besar itu menyebabkan jendela runtuh dan membentuk seperti gua.

Seorang warga setempat bernama Fady Roumieh, berdiri di tempat parkir sebuah pusat perbelanjaan sekitar 2 km (1,2 mil) timur ledakan berkata: “(Itu) seperti bom nuklir. Kerusakan begitu luas dan parah di seluruh kota”.

Rekaman yang diunggah di media sosial menunjukkan sebuah bangunan bertingkat tinggi meledak. Gambar yang beredar juga menunjukkan gedung-gedung hancur, mobil-mobil terbalik dan kru darurat berkumpul di sekitar gedung yang hancur.

What do you think?

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. “Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuha wa atazawwaj biha watakuna shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh”.

iker casillas and florentino perez

Iker Casillas Umumkan Pensiun Dari Dunia Sepakbola, Presiden Real Madrid Beri Pujian Mendalam

Sulit Bertemu Cinta Sejati

Masih Sulit Bertemu Cinta Sejati? Wajib Ikut Tes Kepribadian Yang Satu Ini