in

12 Fenomena Alam di Sepanjang Tahun Yang Wajib Kalian Kunjungi

Padang pasir yang berubah menjadi hamparan bunga, batu yang berjalan sendiri atau matahari yang tidak pernah tenggelam mungkin itu beberapa fenomena alam yang harus kalian saksikan. Semua itu terdengar seperti suatu kejadian di film fiksi bukan. Namun fenomena alam tersebut memang ada dan layak untuk anda lihat secara langsung.

Dilansir Brightside, Inilah fenomena alam disetiap bulan yang mungkin akan menjadi referensi anda untuk perjalanan di tahun 2020..

1. Januari – Gelembung Beku di bawah Danau Abraham

Gelembung Beku di bawah Danau Abraham, USA

Lokasi – Lake Abraham, Alberta, Kanada

Waktu – Desember hingga Februari

Di musim panas Danau Abraham terlihat seperti danau lain di planet kita. Namun berbeda dengan musim dingin, danau ini berubah menjadi unik dikarenakan bakteri yang hidup di dasar danau mengeluarkan gas metana dalam jumlah besar dan menjadikannya berupa pilar-pilar oval beku di bawah permukaan danau yang sangat jernih.

2. Februari – Yosemite Horsetail Firefall

Yosemite Firefall | Via DW

Lokasi – Yosemite Valley, Yosemite National Park, California, USA

Waktu – Paruh kedua di bulan Februari

Kita semua suka air terjun, namun bagaimana dengan air terjun api sungguh fantastis bukan, namun nyatanya air terjun ini bukanlah api yang sebenarnya melainkan pantulan cahaya matahari yang sedang terbenam, sungguh indah bukan.

3. Maret – Tarian burung Jalak

Tarian burung jalak

Lokasi – Inggris

Waktu – Januari sampai Maret

Burung Jalak berkumpul dalam jumlah yang luar biasa banyak dan melakukan trik udara dengan sangat menakjubkan. Mereka menyelam dan bangkit serentak, seolah-olah mereka adalah satu organisme besar. Menurut para ahli, burung jalak berkumpul dalam formasi yang menakjubkan ini untuk bertukar informasi dan menyesatkan pemangsa dengan gerakan menghipnotis mereka.

4. April – Wisata Bunga Bermekaran

Wisteria Blooming

Lokasi – Jepang

Waktu – Pertengahan April sampai dengan Mei

Anda mungkin pernah mendengar tentang festival Bunga Sakura di Jepang, tetapi ini bukan satu-satunya bunga yang musim mekarnya dinanti-nantikan oleh orang Jepang bahkan wisatawan dunia. Selama satu bulan di musim semi Anda dapat menikmati dan berjalan melalui terowongan Wisteria ajaib yang dibentuk oleh ratusan tanaman bunga, yang warnanya bervariasi dari merah, ungu hingga kuning dan putih. Jika Anda ingin merasakan sensasi di dunia dongeng maka inilah yang Anda cari.

5. Mei – Gemerlap Kunang-kunang Sinkron

Kunang-kunang Sinkron | Via Brightside

Lokasi – Great Smoky Mountains National Park, USA

Waktu – Mei sampai Juni

Kunang-kunang sinkron hanya dapat ditemukan di beberapa tempat di planet kita, atraksi dari kunang-kunang ini sangatlah indah. Selama masa kawin, ribuan kunang-kunang berkumpul dan menjadikannya sangat indah berkilau dan mem-flash secara bersamaan setiap beberapa detik.

6. Juni – Kambing memanjat pohon

Kambing memanjat pohon | Via Brightside

Lokasi – Maroko

Waktu – Juni

Kambing memanjat pohon memang terlihat agak aneh, tetapi fenomena alam yang aneh ini memiliki penjelasan logis. Pohon-pohon yang dipanjat kambing ini bukanlah pohon sembarangan, mereka adalah pohon argan, yang buahnya matang sekitar bulan Juni. Kambing yang lapar tertarik dengan buah ini dan kadang-kadang Anda bisa melihat selusin dari mereka nongkrong di satu pohon.

7. Juli – Matahari tengah malam

Matahari dintengah malam | Via Brightside

Lokasi – Norwegia

Waktu – Juni sampai Agustus

Matahari tengah malam adalah fenomena fantastis yang dapat Anda lihat selama musim panas di mana saja di selatan Lingkaran Antartika dan utara Lingkaran Kutub Utara, dan Norwegia adalah salah satu tempat yang dapat Anda nikmati. Sumbu rotasi bumi miring, yang menyebabkan Kutub Utara miring ke arah matahari di musim panas. Ini menciptakan efek luar biasa yang hanya bisa Anda lihat di area ini – selama beberapa minggu di musim panas, matahari tidak pernah terbenam.

8. Agustus – Melihat Danau Osoyoos

Danau Osoyoos | Via Brightside

Lokasi – British Columbia, Kanada

Waktu – July sampai Agustus

Di bulan-bulan musim panas, ketika suhu sangat panas, danau ini berubah warna dan bahkan bentuknya. Saat air menguap, kita bisa melihat formasi lingkaran berwarna-warni dari garam dan mineral lainnya di dasar danau, yang membuat semuanya terlihat seperti pola kulit macan tutul. Di musim panas, danau bisa menjadi putih sepenuhnya.

9. September – Danau Garam Yuncheng

Danau garam Yuncheng | Via Brightside

Lokasi – Yuncheng, China

Waktu – September hingga Oktober

Perairan danau di Cina ini dapat menunjukkan spektrum penuh warna dari hijau dan kuning ke merah dan magenta. Itu semua terjadi berkat berbagai ganggang yang mekar di danau ini. Danau Yuncheng memang selalu terlihat sangat indah dan spektakuler, tetapi periode terbaik untuk melihatnya adalah di musim gugur, ketika warnanya paling cerah.

10. Oktober – Sungai Cano Cristales yang berubah warna

Lokasi – Kolombia

Waktu – Oktober hingga November

Berikut pemandangan menakjubkan lainnya yang disebabkan oleh ganggang yang bermekaran. Cano Cristales adalah sungai di Kolombia yang terlihat seperti pelangi cair yang dapat menampilkan berbagai warna dari hijau, merah, biru, dan hitam. Anda dapat mengagumi pemandangan ini dari Mei hingga Desember, tetapi warna-warna paling cerah dapat dilihat di musim gugur.

11. November – Berbunganya Gurun Atacama

Berbunganya Gurun Atacama

Lokasi – Chili

Waktu – September hingga November

Pasir, pasir di mana-mana. Inilah yang sebagian besar dari kita bayangkan ketika kita mendengar kata “gurun.” Ini semua tidak benar, bagaimanapun gurun Atacama adalah salah satunya yang memiliki keunikan. Meskipun tempat ini sangat kering, ia bisa berubah menjadi selimut bunga semalaman setelah hujan lebat. Perhatikan, bagaimanapun, bahwa bunga di gurun ini hanya mekar setiap 4 atau 5 tahun, dan terakhir kali itu terjadi pada tahun 2017.

12. Desember – Batu berjalan

Batu Berjalan | Via Brightside

Lokasi – Death Valley, California, USA

Waktu – Desember hingga February

Batu-batu di Death Valley kadang-kadang tampak berjalan sendiri di daerah yang sepi, tanpa daya dan tanpa tali yang terpasang. Bagaimana ini bisa terjadi? Batuan berjalan telah dipelajari sejak tahun 1900-an dan para ilmuwan percaya bahwa pergerakan aneh batu-batu ini adalah hasil dari keseimbangan sempurna antara air, es, dan angin yang terjadi di bulan-bulan musim dingin. Lapisan es tipis terbentuk di bawah batu dan mendorongnya ke depan, ketika angin sepoi-sepoi muncul.

Itulah fenomena yang muncul di setiap bulannya, mungkin anda sekalian tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat berikut, siapkan dana dan juga hal lainnya yak.

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. IG @ikhsanbakhri

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Daftar 5 Pekerjaan Aneh Dengan Gaji Selangit

Inilah Cara Mengatasi Tubuh Yang Menggigil