in ,

Viral, Fenomenal Alam Awan Berbentuk Tsunami di Langit Meulaboh, Aceh Barat

awan berwarna gelap dan berbentuk menyerupai tsunami tersebut terjadi tepatnya di langit Meulaboh, Aceh barat | @masawep

Kepoinkuy.com – Baru-baru ini telah terjadi sebuah fenomena yang cukup langka dan tidak biasa di Aceh yang membuat geger dan bahkan menjadi viral di sosial media. Fenomena alam awan berwarna gelap dan berbentuk menyerupai tsunami tersebut terjadi tepatnya di langit Meulaboh, Aceh barat, senin pagi

Seperti sebuah video yang diunggah oleh akun Twitter @aceh yang memperlihatkan awan berbentuk tsunami terbentang di langit secara vertikal. Video tersebut direkam di kawasan Masjid Raya Meulaboh.

viral awan tsunami
awan berwarna gelap dan berbentuk menyerupai tsunami tersebut terjadi tepatnya di langit Meulaboh, Aceh barat | @masawep

Awan Berbentuk Tsunami Disebut Awan Arcus

Fenomena alam gumpalan awan hitam raksasa berbentuk tsunami yang terjadi di Aceh Barat itu sempat membuat warga panik. Namun awan dengan bentuk tsunami yang kini tengah viral di media sosial tersebut sangat lazim terjadi. Hal itu juga telah dibenarkan oleh pihak BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh.

Awan berbentuk tsunami itu dikenal dengan nama Arcus atau Shelf Cloud yang merupakan bagian dari awan cumulonimbus. Awan jenis ini membentuk landasan dan gulungan di depannya.

Baca Juga : Mengenal Fenomena Alam Microburst Tsunami Dari Langit

“Awan yang berbentuk seperti ombak yang menggulung namanya awan Arcus atau disebut juga awan Tsunami. Awan ini merupakan bagian dari awan CB (Cumulonimbus),” kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh, Zakaria yang dilansir dari laman merdeka.

Dilansir citizen6, Menurut Zakaria, awan raksasa itu merupakan awan rendah dan biasanya berada pada satu level atau single level. Awan ini juga dapat menimbulkan angin kencang, hujan lebat disertai kilat, petir, angin puting beliung atau hujan es.

“Dan awan ini biasanya terjadi di daerah yang tidak begitu luas sehingga tidak dapat dipantau oleh satelit,” jelas Zakaria.

Baca Juga : 5 Fenomena Langka Yang Pernah Terjadi Didunia Ini

Zakaria mengimbau kepada masyarakat agar tak panik dengan munculnya fenomena tersebut. Namun, ia meminta masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati. Bila melihat ada awan seperti itu, Zakaria juga meminta masyarakat agar segera menjauh dan mencari perlindungan. Jangan bertahan di lapangan terbuka, karena terdapat angin kencang disertai kilat.

What do you think?

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. “Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuha wa atazawwaj biha watakuna shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh”.

Sulit Bertemu Cinta Sejati

Masih Sulit Bertemu Cinta Sejati? Wajib Ikut Tes Kepribadian Yang Satu Ini

1. Zayn Malik and Gigi Hadid

Ganteng dan Cantik, Beginilah Penampilan Wajah Anak-anak Pasangan Selebritis Hollywood Jika Disatukan