in ,

Hukum Tidur di Saat Bulan Ramadan, Benarkah Dapat Pahala, Inilah Penjelasannya

Hukum Tidur Saat Bulan Ramadan - Foto oleh John-Mark Smith dari Pexels

Kepoinkuy.com – Dalam beberapa hari lagi kita akan menyambut bulan suci ramadan, Selain menahan makan dan minum, bagaimana dengan hukum tidur di saat bulan Ramadan, benarkah mendapatkan pahala?

Dilansir dari laman Dalam Islam, tidur merupakan kegiatan yang dapat memberi pahala sepanjang Ramadan. Adapun hadist tersebut menyebutkan, bahwa tidurnya orang berpuasa adalah ibadah. Seperti hadist yang satu ini.

Hukum Tidur Saat Bulan Ramadan
Hukum Tidur Saat Bulan Ramadan – Foto oleh John-Mark Smith dari Pexels

“Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah. Diamnya adalah tasbih. Do’anya adalah do’a yang mustajab. Pahala amalannya pun akan dilipatgandakan.” (HR. Baihaqi).

Baca Juga : Wajib Diketahui, Inilah 7 Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa

Meski hadist berkata demikian, bukan berarti harus tidur sepanjang hari, apalagi tidak beraktivitas sama sekali. Walaupun tidur diperbolehkan, namun jika dimanfaatkan untuk bermalas-malasan bukan lah hal yang baik selama Ramadan.

Melansir dari NU Online, saat tidur di bulan puasa, maka akan lebih bersemangat dalam menjalankan ibadah, juga menyiapkan fisik sehat selama menjalankan puasa.

Ibnu Rajab mengatakan pada hadistnya, tidurnya orang di malam dan siang hari akan kuat dalam beramal. Seperti hadist yang satu ini:

“Jika makan dan minum diniatkan untuk menguatkan badan agar kuat ketika melaksanakan salat dan puasa, maka seperti inilah yang akan bernilai pahala. Sebagaimana pula bentuknya apabila seseorang berniat dengan tidurnya di malam dan siang harinya agar kuat dalam beramal, maka tidur seperti ini bernilai ibadah.” (Latho-if Al Ma’arif, 279-280).

Baca Juga : Kenapa Awal Tahun Masehi Adalah Januari ?

Penjelasan ini mengatakan, saat tidur siang di waktu puasa dengan niat yang baik, akan memperkuat salat di waktu malam dan amalan ibadah yang lain. Maka dari itu, tidur mendatangkan manfaat yang baik selama Ramadan.

Jadi, hukum tidur di bulan puasa adalah boleh. Asal jangan jadikan aktivitas tidur ini untuk tidak melakukan kegiatan apapun selama puasa ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan & nulis

Mengapa Sepeda Motor Dilarang Masuk Jalan Tol

Inilah Alasan Mengapa Sepeda Motor Dilarang Masuk Jalan Tol?

Ketahuilah Jenis Amalan Baik di Waktu Sahur