in , ,

Menolak Lupa, Inilah 5 Kasus Kriminal di Indonesia Yang Belum Terungkap !

Sumber : suarasurabaya.net

Kepoinkuy.com – Maraknya kasus kriminal di Indonesia kian merajalela hingga saat ini, dan sudah terjadi dari zaman dahulu, mulai dari kasus kriminalisasi di zaman krisis moneter tahun 1998, hingga kasus kriminalisasi yang terjadi dalam dunia politik sekarang.

Dalam bahasan menolak lupa ini, akan membahas mengenai pahlawan-pahlawan di Indonesia yang menjadi korban kriminalisasi dari kaum elit pemerintahan saat menyuarakan suara rakyat.

Dilansir greatlist, berikut 5 kasus kriminal di Indonesia yang belum terungkap hingga sekarang :

1. Kasus Pembunuhan Marsinah (1993)

marsinah
Sumber : merdeka.com

Marsinah adalah seorang aktivis buruh PT. Catur Putera Surya (CPS), yaitu pabrik arloji di daerah Jawa Timur, Marsinah di bunuh pada 8 Mei 1993. Marsinah ditemukan sudah tak bernyawa di sebuah gubuk pematang sawah di desa jagong, nganjuk.

Penyebab Marsinah di bunuh karena memperjuangkan hak para buruh, dengan 12 tuntutan yang dicanangkannya dengan kawan-kawan. Yudi Susanto, pemilik perusahaan ditetapkan sebagai tersangka. Namun, ia mengajukan banding dan akhirnya dinyatakan bebas.

2. Kasus Pembunuhan Wartawan Udin (1996)

wartawan udin
Sumber : kaskus.co.id

Fuad Muhammad Syafruddin alias Udin, Ia merupakan wartawan yang dibunuh sesaat setelah masuk ke rumahnya ia dibunuh secara keji. Sebelum tewas, udin disibukkan dengan agenda peliputan pemilihan Bupati Bantul untuk masa jabatan 1996-2001, dimana semua calon berlatar belakang militer.

Polisi memang menangkap pelaku. Ia bernama Dwi Sumaji alias Iwik, dan masalahnya Iwik bukanlah pelakunya. Dipersidangan 5 Agustus 1997, Iwik dipaksa mengaku bahwa ia membunuh Udin, kemudian bebas.

Baca Juga : Hati-hati Dengan 5 Tanda Ini, Artinya Kamu Adalah Seorang Psikopat

3. Kasus Hilangnya 13 Aktivis (1998)

13 aktivis yg hilang
Sumber : kbr.id

Dikala itu, 13 aktivis diculik oleh militer, dan salah satu yang menjadi korban penculikan adalah Wiji Thukul. Mereka menjadi korban penghilangan paksa oleh rezim Soeharto menjelang keruntuhannya.

Para pelaku yang terlibat telah diadili. Namun sampai sekarang, 22 tahun usai kasus penculikan itu, ke-13 nama orang hilang ini belum ditemukan sampai sekarang.

4. Kasus Penembakan 12 Mahasiswa (1998)

tragedi tri sakti
Sumber : asumsi.co

12 mahasiswa ditembak saat menggelar aksi demo pada 12 Mei 1998 silam. Kala itu, sejak pukul 11.00, sekitar 6.000 mahasiswa seperti kumpulan semut di pelataran parkir kampus A Universitas Trisakti. Kapolri Jenderal (Pol) Dibyo Widodo membantah polisi dan brimob terlibat dalam kasus penembakan.

Sidang mahkamah militer menduga, pelaku penembakan ialah prajurit tanpa identitas dari kopassus. Hingga kini dalang dan penembakan mahasiswa yang sebenarnya masih belum terungkap hingga sekarang.

5. Kasus Penyiraman Air Keras Novel Baswedan (2017)

kasus penyiraman air keras novel baswedan
Sumber : suarasurabaya.net

Novel Baswedan merupakan penyidik KPK yang sedang menangani kasus e-KTP, ia mengalami teror penyiraman air keras. Novel disiram usai salat subuh di masjid dekat rumahnya, pada April 2017 lalu. Pada desember 2019 pelaku diketahui merupakan polisi aktif berinisial RM dan RB kemudian ditangkap.

Namun tak sedikit orang mengungkapkan bahwa ada kejanggalan, setelah usai 3 tahun menunggu penangkapan pelaku dalam kasus ini, namun pelaku hanya di vonis 1 tahun penjara.

Nah itulah kasus-kasus kriminal yang ada di negeri kita ini, supaya kalian bisa mengingat akan sejarah-sejarah ini ya 🙂

What do you think?

Written by Andrian Wicaksono

Learn from yesterday, live for today and hope for tomorrow.

Mengenal 5 Band Rock Fenomenal Dunia Di Era 90an

topeng seram dan mengerikan kepoinkuy

5 Topeng Berbentuk Mengerikan Yang Pernah Dibuat Manusia