in

Inilah Penjelasan Mengapa Air Laut Berwarna Biru

Photo by Pok Rie from Pexels

Kepoinkuy.com – Ketika kita sedang jalan-jalan kepantai pernahkan anda memperhatikan warna air laut, dan anda pun bertanya-tanya mengapa air laut berwarna biru?

Pertanyaan itu sungguh menjadi teka-teki yang kemudian mendorong penelitian fisika cahaya pada awal abad ke-20. Dalam laman The Conversation Indonesia, Justin Peter yang menjadi salah seorang ilmuwan cuaca dari Australian Bureau of Meteorology akan menjelaskan lebih jauh mengenai hal itu.

Mengapa Air Laut Berwarna Biru
Photo by Pok Rie from Pexels

Dalam penjelasan Fisika, terdapat beberapa fakta menarik tentang cahaya. Cahaya yang kita lihat merupakan cahaya putih yang terdiri dari partikel sangat kecil yang disebut foton.

Saking kecilnya, ukurannya lebih kecil dari atom. Partikel ini terbilang aneh dikareanakan saat kita mengukurnya, bentuknya terlihat seperti bola kecil dan terkadang seperti gelombang.

Baca Juga : 10 Fakta Unik Tentang Matahari, Sumber Energi Bagi Kehidupan

Foton sendiri yang membaut cahaya putih dengan panjang gelombang yang berbeda. Semuanya membentuk warna pelangi. Foton dengan panjang gelombang terpendek merupakan warna biru. Sedangkan, foton dengan panjang gelombang terpanjang, berwarna merah.

“Saat cahaya jatuh di suatu benda, beberapa foton akan diserap; beberapa foton akan memantul–kita menyebut ini menghambur,” ungkap Peter.

Lalu, bagaimana air laut itu berwarna biru? Peter mengatakan bahwa air laut tidaklah murni. Maksudnya, ia memiliki banyak hal yang larut di dalamnya, seperti garam atau potongan makhluk hidup yang telah mati. Partikel-partikel itulah yang memantulkan sebagian cahayanya sebelum sempat mengamburkan warna yang benar-benar biru.

Mengapa Air Laut Berwarna Biru
Photo by Asad Photo Maldives from Pexels

Cahaya yang terhambur dari laut baisanya berwarna biru kehijauan. Selain itu, langit juga berperan terhadap warna laut menurut Peter. Dikarenakan, biru langit dan laut memantulkan sebagian dari cahayanya.

Baca Juga : Taruh Garam di Setiap Pojokan Rumah Konon Bisa Membersihkan Energi Negatif

“Singkatnya: laut berwarna biru karena cara air menyerap cahaya, cara partikel-partikel dalam air menyebarkan cahaya, dan juga karena pantulan cahaya biru dari langit,” tutup Peter.

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan & nulis, ig @ikhsanbakhri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fakta Bahwa Cermin Bisa Bikin Ruangan Tampak Lebih Luas

Cara Membuat Ruangan Kecil Tampak Lebih Besar Dengan Cermin

biksu ganteng

Ini Dia Sosok Biksu Ganteng Yang Bikin Viral di Media Sosial