in

Jangan Sembarangan, Ini Dia Cara Menyimpan Masker yang Benar

Kepoinkuy.com – Ditengah penyebaran pandemi Covid-19 ini banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 salah satunya yaitu dengan menggunakan masker. Untuk dapat berfungsi dengan maksimal cara penyimpanan masker juga perlu dilakukan dengan benar.

Melansir Antara, Rabu (21/10/2020), Dokter Alfi Auliya Rachman dari RS FMC Bogor menyarankan untuk menyimpan masker dalam sebuah wadah khusus. Saat bepergian ke luar rumah untuk urusan tertentu, sebaiknya siapkan dua kantong khusus berisi masker di dalam tas.

“Ada dua kotak (wadah) penyimpanan khusus. Kotak yang satu untuk masker yang sudah dipakai, kotak lainnya untuk yang belum dipakai. (Masker) bisa dilapisi dengan tisu atau kain bersih agar tidak kontak dengan barang-barang di luar,” kata dia dalam konferensi pers virtual “Mengenal Masker Kain Berteknologi dari AIRism Mask”, Rabu.

Saat ingin melepas masker karena ingin makan, cucilah tangan terlebih dulu. Setelahnya, buka masker tanpa harus menyentuh bagian tengahnya, melainkan talinya saja.

Alfi mengingatkan, sebaiknya, jangan gantung masker di dagu, tetapi masukan masker ke dalam wadah khusus yang sudah disiapkan lalu tutup rapat wadah itu.

Masker kain

Jika ingin kembali memakainya, cucilah tangan terlebih dahulu lalu sentuh bagian tali masker dan kenakan hingga hidung dan mulut Anda tertutupi secara pas.

Untuk penggunaan masker, Alfi merekomendasikan untuk mengganti masker minimal setiap empat jam, atau saat kondisinya sudah lembap, basah dan kotor.

Kalian dapat mencuci masker seperti mencuci pakaian biasa tetapi disarankan untuk tidak menggunakan pemutih pakaian. Setelah dicuci kalian dapat menjemurnya seperti biasa di bawah sinar matahari atau disetrika untuk membunuh virus dan bakteri yang tersisa.

Jika kalian hanya mengeringkannya dengan mengangin-anginkan saja kemungkinan virus dan bakteri yang tersisa masih tetap ada dan tidak mati. Nah jadi itu dia cara menyimpan masker yang baik dan benar agar penggunaan masker dapat berjalan dengan maksimal.

What do you think?

Written by Gagas Pandu Wibowo

Manusia teladan (telat berangkat pulang duluan) yang suka rebahan dan suka jalan-jalan.

Tumbuhan Liar Ini Ternyata Punya Banyak Manfaat

Dipandang Sebelah Mata, Nyatanya 17 Tumbuhan Liar Ini Mempunyai Segudang Manfaat Untuk Kesehatan

7 Makanan Sehat Untuk Menurunkan Hipertensi/Darah Tinggi

7 Makanan Sehat Untuk Menurunkan Hipertensi/Darah Tinggi