in

OMGOMG

7 Jenis Fobia Paling Aneh Yang Mungkin Saja Kalian Miliki

Kepoinkuy.com – Fobia adalah rasa ketakutan yang sangat berlebihan pada suatu sosok, objek ataupun tempat-tempat tertentu. Fobia bisa saja menghambat kehidupan sang penderitanya. Sementara di bayangan mental seorang pengidap fobia, subjek tersebut menjadi benda yang sangat besar, berwarna, sangat menjijikkan ataupun menakutkan.

Ada berbagai macam fobia, mulai dari fobia ketinggian, kecemasan, ataupun fobia terhadap binatang misalnya saja kecoak. Namun apakah kalian tahu jika kalian mengidap rasa ketakutan namun kalian tidak menyadarinya. Dilansir dw, berikut 7 jenis fobia yang mungkin saja kalian miliki

1. Nomofobia

Nomofobia

Nomofobia menjangkiti jika anda memiliki rasa takut berlebihan jika tidak memiliki akses terhadap telepon genggam, kehilangan sinyal atau habis baterai. Kendati belum diakui secara medis, studi yang digelar Pos Inggris ini mengungkap lebih dari 50% orang mengalami rasa takut jika ponselnya dicuri atau tertinggal di rumah. Beberapa klinik di Eropa menawarkan terapi buat mengobati Nomofobia.

Baca Juga : Berikut 10 Jenis Fobia Yang Mungkin Belum Anda Ketahui Sebelumnya

2. Gephyrofobia

Gephyrofobia

Rasa takut berlebihan terhadap jembatan muncul ketika anda mulai merasa pusing, kehilangan keseimbangan dengan detak jantung yang cepat saat berhadapan dengan jembatan. Menurut Anxiety Disorders Clinic di New York, AS, Gephyrofobia bisa ditangani lewat terapi. Pemerintah New York misalnya menawarkan jasa menyupiri mobil milik penderita Gephyrofobia buat melewati jembatan.

3. Filofobia

Filofobia

Dari semua jenis rasa takut, Filofobia adalah yang paling menyedihkan. Seseorang, menurut dunia medis, bisa mengembangkan rasa takut berlebihan terhadap komitmen dan hubungan mesra. Takut jatuh cinta membuat penderitanya menjadi terasingkan dan terisolir. Biasanya Filofobia disebabkan oleh trauma di masa lalu atau menjadi bagian dari penyakit fobia kronis.

4. Decidofobia

Decidofobia

Menurut filsuf Jerman, Walter Kauffmann, Decidofobia adalah rasa takut mengambil keputusan. Kauffmann menggambarkan, Decidofobia muncul akibat seseorang takut mencari kebenaran. Penderitanya lalu akan menyerahkan kuasa tersebut terhadap otoritas tertentu semisal orangtua, pemerintah atau pemuka agama buat menentukan kebenaran yang ia bisa yakini.

5. Ergofobia

Ergofobia

Ergofobia adalah rasa takut irasional akan pekerjaan atau lingkungan kerja. Fobia ini menggabungkan beberapa rasa takut sekaligus, yakni takul gagal menjalankan tugas, takut berbicara di depan umum, takut bersosialisasi dengan rekan kerja dan takut mengalami tekanan mental.

6. Haphefobia

Haphefobia

Sebagian orang menderita jika disentuh orang lain. Rasa takut akan sentuhan ini dalam dunia medis disebut Haphefobia. Seseorang bisa dilahirkan dengan Haphefobia. Sementara buat sebagian kecil, rasa takut itu muncul akibat trauma menyusul pemerkosaan atau pelecehan seksual. Penderita Haphefobia akan merasa panik jika disentuh. Beberapa bahkan melaporkan tidak bisa bernafas dan mual.

7. Fobofobia

Fobofobia

Fobofobia adalah raja dari segala fobia. Yakni, rasa takut berlebihan terhadap rasa takut itu sendiri. Phobofobia bisa disebabkan oleh trauma lantaran penderitanya memiliki fobia tertentu. Dunia medis saat ini menawarkan terapi perilaku buat menangani pasien Fobofobia.

Itulah 7 fobia yang mungkin saja kalian alami saat ini.

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. IG @ikhsanbakhri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tahukah Kamu, Inilah Sosok Pencipta Resep Lezatnya Rasa Indomie

Pegunungan Aoraki, Selandia Baru

10 Negara Terindah di Dunia, Indonesia ?