in

Kamu Harus Tahu! Inilah 10 Tips Awet Muda

Ilustrasi Awet Muda (Sumber Pixels by Rodnae Productions)

Kepoinkuy.com – Setiap orang pasti ingin tetap terlihat awet muda sehingga berusaha untuk melakukan berbagai cara agar awet muda. Untuk dapat meraihnya, tidak sedikit yang rela berkorban materi, waktu, dan lainnya.

Saat ini, tips awet muda sangat identik dengan berbagai upaya yang sulit dan mahal. Namun sebenarnya, terdapat beberapa rahasia awet muda yang alami dan sederhana, lho. Berikut caranya:

1. Perhatikan Makanan Anda

Tidak hanya kesehatan kulit, kesehatan tubuh secara keseluruhan juga perlu diperhatikan agar tetap awet muda.

Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki pola makan yang sehat. Perhatikan pemenuhan kebutuhan gizi seimbang dari setiap porsi makanan Anda. Hindari konsumsi makanan cepat saji atau makanan yang tidak sehat.

Sebaiknya singkirkan makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti makanan yang digoreng, jeroan, dan daging merah. Sebagai gantinya, tingkatkan konsumsi makanan seperti buah dan sayur sehingga kebutuhan vitamin, mineral hingga serat Anda terpenuhi dengan baik.

2. Konsumsi Omega-3

Cara agar awet muda lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi omega-3. Anda tentu sudah tahu bahwa selain bagus untuk kulit, omega-3 juga berperan dalam kesehatan jantung.

Omega-3 dapat ditemukan pada salmon, walnut, berbagai biji-bijian, dan suplemen kesehatan yang dijual bebas di pasaran.

3. Hindari Stres

Menjaga kesehatan mental adalah tips awet muda yang sangat penting. Hindarilah stres berlebih. Ketika menghadapi masalah, sebaiknya tidak sedih atau frustrasi berlarut-larut.

Kondisi stres dapat mempercepat proses penuaan dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Jika Anda sering stres, cobalah untuk mengikuti terapi relaksasi. Hal ini dapat dilakukan dengan rutin melakukan yoga atau sekadar berjalan-jalan dengan keluarga atau sahabat.

4. Jauhi Rokok dan Alkohol

Salah satu cara membuat wajah awet muda adalah menjaga pola hidup sehat, salah satunya dengan meninggalkan berbagai kebiasaan buruk yang berdampak negatif bagi kesehatan. Contohnya, kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol.

Rokok mengandung berbagai racun yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Sedangkan alkohol dapat menyebabkan penurunan kondisi kulit. Maka dari itu, sebaiknya Anda hindari keduanya.

5. Olahraga Teratur

Olahraga merupakan salah satu komponen penting untuk menjaga pola hidup sehat. Dengan berolahraga secara rutin dan teratur, maka dapat mengencangkan otot tubuh dan membuat Anda terlihat awet muda.

Selain itu, olahraga dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, seperti pengeroposan tulang dan penyakit jantung. Sangat penting untuk melakukan olahraga secara rutin minimal tiga kali dalam seminggu dan dengan durasi minimal 30 menit dalam sehari.

6. Lindungi Kulit Setiap Hari

Tubuh membutuhkan sinar matahari untuk membantu mengubah provitamin D menjadi vitamin D yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun, sangat penting untuk memperhatikan waktu dan durasi ketika Anda berjemur.

Sangat disarankan untuk berjemur sekitar pukul sembilan pagi, dengan durasi 5-15 menit. Saat harus bepergian, gunakanlah tabir surya sehingga kulit dapat terlindung dari paparan sinar matahari berlebih yang bisa mempercepat proses penuaan. Karenanya, jangan sepelekan cara agar awet muda yang satu ini.

7. Gunakan Kacamata Hitam

Penggunaan kacamata hitam dapat membantu melindungi mata dari paparan sinar matahari berlebih dan mengatasi silau. Selain itu, menggunakan kacamata juga bisa membantu menghambat proses penuaan.

Ketika Anda keluar ruangan dan terkena matahari yang menyebabkan rasa silau, sering kali Anda mengernyitkan dahi. Jika gerakan tersebut berlangsung terus menerus akan membentuk garis kerut pada wajah yang bersifat permanen, sehingga dapat menimbulkan kesan tua pada wajah seseorang.

8. Rutin Membersihkan Wajah

Tips awet muda yang satu ini juga tidak boleh disepelekan. Kebersihan wajah harus benar-benar diperhatikan. Namun, tidak disarankan membersihkan wajah dengan gerakan yang kasar atau penekanan berlebihan.

Gerakan menggosok permukaan kulit dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Kondisi seperti ini, jika berlangsung cukup lama, dapat menyebabkan penuaan pada kulit wajah menjadi lebih cepat.

9. Gunakan Pelembap Wajah

Wajah yang kering lebih cepat menimbulkan garis atau kerutan pada wajah. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan kelembapan pada wajah dengan menggunakan pelembap secara rutin.

Gunakan pelembap wajah yang sesuai dengan kulit Anda. Silakan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan pelembap yang sesuai.

10. Pilih Produk Perawatan Wajah yang Tepat

Ketika memilih produk perawatan wajah, pasti Anda memiliki tujuan tertentu, seperti ingin mencerahkan, melembapkan, mengatasi jerawat, dan lainnya. Namun perlu diketahui, suatu produk belum tentu cocok dan memberikan hasil yang sama antara satu orang dengan yang lain.

Jika mengalami rasa seperti tersengat atau terbakar pada kulit ketika menggunakan produk perawatan wajah, segera hentikan penggunaannya. Hal ini menunjukkan bahwa adanya proses iritasi yang terjadi pada permukaan kulit. Apabila dibiarkan, maka dapat menimbulkan kesan lebih tua pada wajah.

Awet muda tidak sulit diraih, bukan? Hasil dari pola hidup sehat di atas memang tidak akan terlihat dalam sekejap mata. Namun, tindakan tersebut dapat menjadi bagian dari investasi untuk sehat sepanjang masa.

Written by Diah Anggraini

Hobbinya suka mendengarkan musik K-Pop, lebih menyukai kesunyian, selalu menatap kedepan,

Decibel_By_httpswww.soompi.com

Decibel : Film Korea Terbaru yang Dibintangi Lee Jong Suk dan Cha Eun Woo, Simak Sinopsis dan Fakta Menariknya

Cara download Reels Instagram

Cara Mudah Download Stories Instagram, Reels dan Video Twitter