in

Kata Kepayang Ternyata Berasal Dari Buah Ini

Apa yang ada di benak kalian jika mendengar kata kepayang? mungkin kalian akan langsung berpikir kata mabuk kepayang dan mengartikannya sebagai tergila-gila karena cinta. Tapi taukah kalian dari mana kata kepayang berasal? kepoinkuy !

Kata kepayang sendiri ternyata berasal dari nama buah kepayang yang dapat memabukkan karena kandungan racun didalammnya. Bagi kalian masyarakat yang berasal dari pulau Jawa mungkin kalian lebih mengenal buah kepayang ini sebagai kluwak, buah kepayang memiliki nama atau penyebutan yang berbeda-beda di tiap daerahnya. Seperti picung atau pucung di daerah Sunda, pamarrasan di Toraja dan kluwak di Jawa.

buah kluwak atau kepayang

Biji kepayang memiliki kandungan asam sianida dengan konsentrasi tinggi yang sangat beracun. Jika di makan dalam jumlah berlebih dapat menyebabkan pemakannya mabuk dan pusing. Racun ini secara tradisional dimanfaatkan untuk berburu dengan mengoleskannya di mata panah.

Jika kalian ingin menghilangkan racun dari buah kepayang ini kalian perlu merebus biji kepayang selama satu jam lalu dikubur dalam abu dan tanah selama 50 hari. Setelah itu barulah biji kepayang dapat diolah untuk makanan atau sebagai bumbu masakan.

Apa kalian pernah memakan buah ini ? yuk bagikan pengalaman kalian di kolom komentar.

Written by Gagas Pandu Wibowo

Manusia teladan (telat berangkat pulang duluan) yang suka rebahan dan suka jalan-jalan.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

cacing umpan ikan

Kenapa Cacing Digunakan Sebagai Umpan Ikan

Sepasang kekasih

Penelitian Menyebutkan Wanita Yang Berkencan dengan Pria Muda Lebih Bahagia dalam Hubungan Mereka, Benarkah ?