in ,

Kekurangan Darah? Ini dia 15 Makanan Penambah Darah!

Foto oleh Rene Asmussen

Apakah anda merasa mudah lelah, lemas, dan juga letih? Jika iya mungkin tubuh anda saat ini memiliki kekurangan darah atau anemia. Terdapat berbagai macam penyebab anemia, mulai dari kekurangan zat besi sampai masalah genetik (keturunan).

Selain itu kalian juga tidak boleh menganggap remeh kekurangan darah atau anemia. Ini karena diketahui anemia juga dapat menyebabkan berbagai risiko seperti rambut rontok, mudah mengalami infeksi, gangguan pada kaki, dan lain sebagainya.

Nah maka dari itu bagi kalian yang merasa memiliki anemia kalian dapat mencoba beberapa makanan berikut yang diketahui dapat membantu menambah darah kalian loh. Berikut daftar makanan penambah darah. kepoinkuy!

1. Kacang dan Biji-bijian

Daftar Makanan Penambah Darah
Foto oleh Marta Branco

Jenis kacang dan biji-bijian seperti kacang mete, kedelai, biji labu, dan biji bunga matahari diketahui memiliki kandungan zat besi cukup tinggi sehingga sangat baik bagi penderita darah rendah atau anemia yang membutuhkan zat besi. Selain itu, kacang dan biji-bijian tersebut memiliki kandungan kalsium yang baik untuk kesehatan.

2. Cokelat Hitam

Daftar Makanan Penambah Darah - Cokelat Hitam
Foto oleh Vie Studio

Cokelat hitam atau dark chocolate selain rasanya enak, juga mengandung zat besi cukup tinggi. Dalam satu ons cokelat hitam terdapat sekitar 3,4 gram zat besi. Selain itu, cokelat hitam juga mengandung beberapa kandungan lain seperti tembaga, magnesium, dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

3. Buah Kering

Daftar Makanan Penambah Darah - Buah Kering
Foto oleh Polina Tankilevitch

Buah kering seperti anggur atau kismis bisa menjadi alternatif makanan yang menambah darah. Hal tersebut karena buah kering memiliki kandungan zat besi cukup tinggi dibandingkan dengan buah yang belum dikeringkan.

4. Makanan Laut

Daftar Makanan Penambah Darah - Makanan Laut
Foto oleh Terje Sollie

Seafood atau makanan yang berasal dari laut terutama kerang dan tiram ternyata memiliki kandungan zat besi cukup tinggi. Kerang sebanyak 100 gram diketahui memiliki kandungan zat besi sekitar 28 mg. Namun, kandungan zat besi dalam kerang sangat beragam, tergantung jenis kerangnya.

5. Jeroan

Daftar Makanan Penambah Darah - Jeroan
Foto oleh Rene Asmussen

Jeroan seperti hati, jantung, dan otak ternyata bisa menjadi pilihan makanan penambah darah. Setiap 100 gram hati sapi mengandung zat besi sekitar 6,5 mg dan bisa memenuhi kebutuhan zat besi sekitar 36%. Hati ayam memiliki kandungan zat besi sekitar 15,6 mg per 100 gram. Meskipun demikian, konsumsi jeroan tidak boleh berlebihan, karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan lain.

6. Daging Merah

Daftar Makanan Penambah Darah - Daging Merah
Foto oleh Emre Vonal

Pilihan makanan penambah darah lain yaitu daging merah seperti daging sapi, kambing dan jenis daging merah lainnya. Makanan tersebut memiliki kandungan zat besi sebanyak 2,7 miligram (mg) per 100 gram daging merah. Jumlah tersebut bisa mencukupi kebutuhan zat besi harian sekitar 15%.

7. Daging Unggas

Daftar Makanan Penambah Darah - Daging Unggas
Foto oleh Lukas

Beberapa makanan yang berasal dari daging unggas juga diketahui bisa membantu untuk menambah darah. Jenis daging unggas yang bisa meningkatkan zat besi yaitu daging ayam, daging bebek, atau jenis unggas lainnya. Setiap 100 gram daging unggas diketahui bisa memenuhi kebutuhan zat besi sekitar 13%.

8. Sayur Hijau

Daftar Makanan Penambah Darah
Foto oleh Adonyi Gábor

Sayur-sayuran berwarna hijau seperti bayam dan brokoli diketahui memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Sayuran hijau ini juga bisa menjadi pilihan makanan penambah darah untuk ibu hamil. Kandungan vitamin C yang ada di dalam sayuran hijau juga baik untuk kesehatan tubuh.

9. Buah Murbei

Daftar Makanan Penambah Darah - Buah Murbei
Foto oleh Leevi

Meskipun kurang familiar, buah murbei ternyata bisa menjadi pilihan makanan penambah darah. Dalam 100 gram murbei terdapat kandungan zat besi sekitar 1,85 mg. Murbei juga memiliki beragam nutrisi dan mineral baik bagi kesehatan, seperti menjaga kesehatan mata, sirkulasi darah, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

10. Buah Alpukat

Daftar Makanan Penambah Darah - Alpukat
Foto oleh Daria Shevtsova

Alpukat merupakan buah kaya nutrisi, dengan rasa dan tekstur yang unik menjadi daya tarik tersendiri. Alpukat memiliki kandungan vitamin E dan berperan melindungi sel darah merah.

11. Buah Pisang

Daftar Makanan Penambah Darah - Pisang
Foto oleh Vanessa Loring

Buah berwarna kuning dengan cita rasa dan tekstur khas ini memiliki kandungan zat besi cukup tinggi. Kandungan nutrisi dalam pisang bisa membantu tubuh menghasilkan sel darah merah secara optimal. Dengan rutin memakan buah pisang kalian ini dapat membantu menambah sel darah merah yang ada pada tubuh kalian.

12. Telur Ayam

Daftar Makanan Penambah Darah - Telur Ayam
Foto oleh Klaus Nielsen

Telur merupakan makanan sehat yang mengandung banyak gizi dengan kandungan vitamin A. Untuk itu, telur ayam bisa membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Selain itu, telur juga mengandung protein yang baik untuk kesehatan.

13. Tahu

Daftar Makanan Penambah Darah - Tofu
Foto oleh Polina Tankilevitch

Makanan yang terbuat dari kedelai ini bisa menjadi pilihan makanan untuk mencegah anemia. Di dalam 129 gram tahu diketahui memiliki kandungan zat besi 2,4 mg dan bisa mencukupi kebutuhan zat besi harian sekitar 19%. Tahu memiliki harga yang cukup terjangkau dan juga makanan ini bisa diolah menjadi beragam makanan yang lezat dan bergizi.

14. Sereal

Daftar Makanan Penambah Darah - Sereal
Foto oleh Binyamin Mellish

Makanan sehat satu ini memiliki kandungan zat besi yang baik untuk mencegah anemia. Tidak hanya itu, sereal juga memiliki kandungan gizi seperti protein dan karbohidrat yang baik bagi kesehatan. Namun, saat mengonsumsi sereal sebagai penambah darah, pastikan tanpa gula tambahan. Hal tersebut untuk menghindari risiko gangguan kesehatan lain seperti diabetes.

15. Semangka

Daftar Makanan Penambah Darah - Semangka
Foto oleh Any Lane

Buah segar dan mengandung banyak air ini ternyata memiliki khasiat untuk menambah darah. Buah semangka yang kaya air ini juga sangat baik bagi tubuh terutama untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi.

Itu dia daftar makanan penambah darah bagi para penderita darah rendah atau anemia. Apa kalian sudah sering makan makanan tersebut ?

manfaat pisang rebus untuk kesehatan tubuh

Ketahui 8 Manfaat Pisang Rebus Untuk Kesehatan Tubuh

Alasana Cewek masih Sendiri

Bukan Karena Gak Laku, Inilah Alasan Cewek Millennial Masih Sendiri