in

Kenapa Awal Tahun Masehi Adalah Januari ?

Bulan ini kita telah memasuki tahun yang baru dalam setahun ada dua belas bulan dan memiliki nama yang berbeda setiap bulannya, tetapi tahu gak sih kalian kenapa bulan Januari menjadi awalan tahun masehi? kepoinkuy!

Januari atau dalam bahasa latin adalah ianuarius atau dinamai Yanus yaitu nama dewa dalam mitologi Yunani yang memiliki dua wajah, satu menghadap kedepan dan yang satunya menghadap ke belakang.

Dewa Yanus Janus Januari
amazine.co

Untuk menentukan yang mana wajah depan atau belakang ditandai dengan wajah bagian depan selalu tersenyum dan optimis sedangkan yang menghadap belakang selalu terlihat murah dan bersedih.

Nama dewa Yanus sendiri memiliki arti pintu, gerbang, gapura, atau lorong masuk. Itulah mengapa bulan pertama setiap tahun dinamakan dengan bulan Januari, Ianuarius Mensis (Latin, bulan Januari) dan bulan ini bisa dikatakan berwajah dua.

Wajah yang satu menghadap ke tahun sebelumnya, dan lainnya ke tahun berjalan. Dewa Yanus dikatakan bermuka dua, namun bermuka dua dalam konteks waktu yang dapat dijalankan.

Setiap awal tahun kita biasanya memiliki resolusi tahun baru yang didapatkan dari dualisme masa yaitu masa lampau, dan masa mendatang (dengan berpijak dari masa lampau, kita akan meraih masa depan) dan mengisi waktu di antaranya.

Sekarang sudah tau kan kenapa bulan pertama pada tahun masehi adalah Januari, apa nih resolusi kalian diawal tahun yang baru ini tuliskan yuk dikolom komentar.

Written by Gagas Pandu Wibowo

Manusia teladan (telat berangkat pulang duluan) yang suka rebahan dan suka jalan-jalan.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

cara berhenti onani atau masturbasi

Sering Kecanduan, Simak Tips Cara Berhenti Onani Atau Masturbasi

Harus segera Anda Lamar Jika Pasangan Anda Memiliki 5 Tipe Ini