in , ,

Ketahui Bahaya Kamu Melakukan 6 Hal Ini Setelah Makan !

Kepoinkuy.com – Hal sepele yang biasa dilakukan setiap orang setelah makan sebenarnya cenderung tidak berefek apa-apa bagi tubuh.

Tetapi yang perlu kamu ketahui, ternyata melakukan sesuatu hal dan mungkin tidak berdampak apa-apa bisa jadi akan berbahaya dan berefek buruk pada kesehatan.

Dilansir idntimes, Berikut hal-hal yang harus dihindari setelah kamu makan agar tidak berdampak pada kesehatan yang buruk:

1. Merokok

merokok setelah makan

Suatu kebiasaan ini biasanya dilakukan oleh para pria. Ada anggapan bahwa tidak afdol jika tidak merokok setelah makan. Padahal kebiasaan ini justru sangat berbahaya bagi tubuh. Zat nikotin yang terkandung dalam sebatang rokok akan diserap dua kali lipat oleh tubuh dan memberi efek yang berbahay bagi tubuh.

Tembakau adalah bahan yang terdapat dalam sebatang rokok dan tembakau ini dapat memblokir penyerapan vitamin dan mineral dalam tubuh. Jika memang sulit untuk menghentikan kebiasaan ini, setidaknya tunggulah sampai 1 jam setelah makan.

2. Tidur

tidur setelah makan

Tidur setelah makan merupakan aktivitas yang sebaiknya tidak perlu kamu lakukan. Karena hal ini dapat memicu pada masalah kesehatan yang sangat serius bagi tubuhmu, meski sedang tertidur, tubuhmu akan tetap bekerja dan mecerna makanan yang baru saja kamu makan.

Beberapa penyakit yang sering terjadi jika seseorang tidur setelah makan antara lain stroke, heartburn, dan penyakit asam lambung.

Baca Juga : 5 Jenis Makanan Ini Sebaiknya Tidak Disantap Sebelum Berolahraga Lari

3. Olahraga

olahraga setelah makan

Beberapa orang beranggapan bahwa makan setelah olahraga dapat menambah energi pada tubuh. Namun fakta sebenarnya tidaklah demikian. Berolahraga setelah makan dapat menyebabkan organ pencernaanmu terganggu, dan perutmu akan sakit dan akan menjadi mual jika melakukan olahraga setelah makan.

4. Mandi

mandi setelah makan

Mandi setelah makan akan mengganggu kinerja pencernaan pada tubuhmu, karena temperatur tubuh akan mengalami perubahan. Tentu tubuhmu harus mengimbangi perubahan temperatur tersebut. Akan tetapi, organ dalam tubuhmu juga sedang bekerja keras mencerna makanan yang baru saja kamu santap.

Perubahan suhu tubuh akan menggangu proses pencernaan tersebut. Maka disarankan jika ingin mandi, sebaiknya kamu memberi jarak sekitar 30 menit setelah makan.

5. Makan Buah

makan buah setelah makan

Tubuh mencerna makanan dengan kecepatan berbeda-beda sesuai dengan jenis makanan yang dikonsumsi. Buah termasuk makanan yang dicerna dengan cepat oleh tubuh. Jika kamu mengonsumsi buah setelah makan, maka buah tersebut akan diam dan berfermentasi. Hal tersebut mengakibatkan munculnya gas dalam tubuhmu. Disarankan jika ingin mengonsumsi buah alangkah baiknya berjarak 1 sampai 2 jam setelah makan.

6. Minum Teh

minum teh setelah makan

Meminum teh setelah makan biasanya menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Bahkan di restoran-restoran biasanya orang banyak memesan es teh sebagai sandingan menu santap.

Ternyata organ pencernaan bisa terganggu apabila meminum teh setelah makan, karena daun teh bersifat asam dan mempengaruhi kemampuan tubuh dalam mencerna makanan. Teh pun mengandung polifenol dan tanin yang dapat mengikat zat besi dan membuatnya sulit diserap oleh tubuh.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Written by Andrian Wicaksono

Learn from yesterday, live for today and hope for tomorrow.

Perlu Kamu Ketahui, Inilah 4 Perbedaan Otak Laki-laki dan Perempuan

Masjid Agung Djenne, Mali

Unik dan Megah, Inilah 9 Masjid Kebanggaan Warga Afrika