in , ,

9 Daftar Ledakan Terbesar dan Menghancurkan yang Pernah Terjadi di Dunia Bahkan Alam Semesta.

Ledakan di Kota Texas | kut

Kepoinkuy.com – Peristiwa ledakan di Beirut, Lebanon yang terjadi pada Selasa 4 Agustus mencuri perhatian publik. Awalnya ledakan dipicu oleh kebakaran yang terjadi di gudang penyimpanan di pelabuhan Beirut.

Ledakan ini pun meninggalkan banyak duka setidaknya ada sekitar 78 orang meninggal dunia dan hampir 4.000 orang mengalami luka-luka. Ledakan ini pun diduga dipicu dari 2.750 ton amonium nitrat.

Namun tahukah kalian ada beberapa ledakan yang pernah terjadi di dunia ini yang tak kalah mengerikan dan menghancurkan serta menelan korban jiwa yang banyak, terlebih hal ini sudah ada sejak berabad-abad yang lalu ! Berikut daftar ledakan terbesar dan menghancurkan yang pernah terjadi di dunia bahkan alam semesta.

1. Ledakan Trinity, New Mexico

ledakan trinity
ledakan trinity | atlantic

Ledakan Trinity merupakan salah satu tragedi ledakan terbesar dan terparah di dunia. Dimana Trinity adalah uji coba bom atom selama Proyek Manhattan dan bom atom pertama dalam sejarah yang dijuluki dengan “the gadget”.

Ledakan ini terjadi di dekat Alamogordo, New Mexico pada tahun 1945, dimana ledakan ini berkekuatan sekitar 20 kiloton. Paraa ilmuwan pun baru-baru ini menemukan bahwa warga sipil di New Mexico mungkin telah terpapar ribuan kali tingkat radiasi yang melebihi tingkat aman.

2. Ledakan Chernobyl, Ukrania

Ledakan Chernobyl
Ledakan Chernobyl | history

Pada tahun 1986 sebuah reaktor nuklir meledak di Chernobyl, Ukraina yang saat ini merupakan bagian dari Uni Soviet. Ledakan ini menjadi kecelakaan nuklir terburuk sepanjang sejarah. Hal ini dikarenakan akibat dari ledakan itu sekitar 600.000 orang terpapar radiasi dosis tinggi dan lebih dari 350.000 orang harus dievakuasi dari daerah yang terkontaminasi.

Ledakan ini meledakkan sekitar 2.000 ton reaktor sehingga dampak radioaktif dari ledakan itu 400 kali lebih banyak daripada bom Hiroshima. Mirisnya lagi lebih dari 77.000 mil persegi (200.000 km persegi) wilayah Eropa tercemar.

3. Ledakan di Pelabuhan Halifax, Kanada

Ledakan di Pelabuhan Halifax
Ledakan di Pelabuhan Halifax | canadian

Ledakan di kapal terjadi pada tahun 1917 di Pelabuhan Halifax, Kanada. Dimana sebuah kapal kargo Prancis yang penuh dengan bahan peledak untuk Perang Dunia I secara tidak sengaja bertabrakan dengan kapal Belgia. Kemudian kapal tersebut meledak dengan kekuatan sekitar 3 kiloton TNT, ledakan ini menimbulkan asap putih yang mengepul setinggi 6.100 meter dan memicu tsunami setinggi 18 meter.

Selain itu, akibat ledakkan ini kerusakan terjadi hingga sekitar 2 kilometer dari pusat ledakan, sekitar 2.000 orang tewas dan 9.000 orang terluka. Ledakan ini menjadi ledakan kecelakaan buatan manusia terbesar di dunia.

4. Ledakan Tunguska, Siberia

Ledakan Tunguska
Ledakan Tunguska | howstuffworks

Tragedi ledakan terbesar dan terparah di dunia juga terjadi di Siberia. Dimana ledakan ini terjadi di dekat Sungai Podkamennaya Tunguska, Siberia. Ledakan ini terjadi pada tahun 1908 dimana ledakan ini meratakan sekitar 500.000 hektar hutan Siberia sebuah wialayah yang hampir seukuran Tokyo.

Baca Juga : Deretan Fakta Terkait Ledakan Dahsyat di Beirut, Lebanon, Yang Menjadi Sorotan Dunia

Kekuatan dari ledakan ini diperkirakan sebesar 4 megaton TNT atau 250 kali lebih kuat dari bom Hiroshima. Para ilmuwan berpikir jika ledakan ini disebabkan oleh dampak kosmik dari asteroid atau komet. Diameternya diperkirakan 20 meter dan massanya 185.000 metrik ton.

5. Ledakan di Kota Texas, Texas

Ledakan di Kota Texas
Ledakan di Kota Texas | kut

Pada tahun 1947 sebuah kapal yang membawa amonium nitrat terbakar dan meledak di pelabuhan Texas City. Kapal itu adalah kapal kargo SS Grandcampk, diamna kapal ini membawa 2.300 ton amonium nitrat senyawa yang digunakan dalam pupuk dan bahan peledak tinggi.

Ledakan kapal ini meledakan dua pesawat yang sedang terbang. Tak hanya itu saja, ledakan ini juga memicu reaksi berantai yang meledakkan kilang minyak di dekatnya. Tak sampai disitu saja, sebuah kapal kargo yang membawa 1.000 ton amonium nitrat juga meledak akibat hal itu.

Ledakan ini pun membuat sekitar 581 orang meninggal. Bencana di kota Texas ini juga dianggap sebagai kecelakaan industri terburuk dalam sejarah AS.

6. Ledakan Tambang Benxihu, China

Ledakan Tambang Benxihu
Ledakan Tambang Benxihu | sputniknews

Pada tahun 1942 terjadi ledakan tambang batubara di Benxi, Liaoning, China. Dimana ledakan tambang terbesar sepanjang sejarah ini menewaskan sekitar 1.549 pekerja. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya fasilitas yang baik untuk para penambang yang dipekerjakan dengan tidak manusiawi membuat gas meledak di salah satu poros tambang.

Ledakan ini pun menewaskan ribuan penambang yang tertimbun dalam tambang tersebut. Ledakan ini terjadi karena campuran debu gas dan batu bara yang menyebabkan ledakan besar.

Setidaknya butuh waktu 10 hari untuk dapat melakukan evakuasi, mayat para penambang pun hanya dimasukan ke dalam gerobak untuk dilakukan kuburan massal.

7. Ledakan Sinar Gamma

Ledakan Sinar Gamma
Ledakan Sinar Gamma | dailygalaxy

Salah satu ledakan terbesar dan terparah di dunia bahkan di alam semesta adalah ledakan sinar gamma. Ledakan ini berasal dari bintang yang dijuluki dengan GRB 090423, jaraknya sekitar 13 Miliar tahun cahaya.

Ledakan yang hanya berlangsung selama satu detik ini menghasilkan energi lebih besar dari 100 kali Matahari. Menurut para ilmuwan, ukuran bintang ini diperkirakan setara dengan 20 hingga 100 kali lebih besar dari matahari.

8. Ledakan Supernova

Ledakan Supernova
Ledakan Supernova | sciencealert

Ledakan Supernova adalah salah satu ledakan yang paling dikenal di seluruh galaksi. Dimana ledakan ini terjadi di jarak sekitar 7.100 tahun cahaya dari bumi. Ledakan ini pun membuat galaksi menjadi terang pada malam hari layaknya siang hari selama berbulan-bulan.

9. Ledakan K-T

Ledakan K-T
Ledakan K-T | explorist

Punahnya dinosaurus pada 65 juta tahun yang lalu diduga diakibatkan oleh jatuhnya asteroid yang meledak dengan kekuatan sekitar 10.000 gigaton TNT atau setara dengan 1.000 kali ukuran senjata nuklir di dunia.

Ledakan ini pun mengakibatkan kepunahan dinosaurus dan dunia pun diselimuti dengan debu. Bahkan hingga akhirnya memicu badai api global dan memicu tsunami setinggi ribuan kaki. Kemudian setelah berjuta-juta tahun setelahnya, peristiwa ini masih berbekas disebuah kawah seluas 110 mil di Chicxulub di Pantai Meksiko.

What do you think?

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan, nulis, dan sedang mencari pasangan hidup hehe. “Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuha wa atazawwaj biha watakuna shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh”.

Muntingia calabura

Seri, Karsen Ataupun Calok, Buah Yang Sering Diabaikan Kini Dihargai Sangat Mahal Sesuai Dengan Beragam Manfaatnya

android lemot

Tips Membersihkan File Sampah & Cache di Android Supaya Tidak Lemot