in ,

Makanan Ini Berlemak Tinggi, Tapi Baik Untuk Kesehatan

Kepoinkuy.com – Makanan berlemak tinggi sering dianggap tidak baik bagi kesehatan. Tetapi, tahukah Kamu bawasannya makanan berlemak tinggi tidak selalu berefek buruk bagi kesehatan malah justru bikin sehat. Kuy, cari tahu apa saja makanan yang berlemak tinggi baik untuk kesehatan.

Lemak merupakan salah satu nutrisi yang cukup penting bagi tubuh. Tubuh memerlukan sejumlah lemak dari makanan sebagai sumber kekuatan atau energi dan membantu proses penyerapan nutrisi lain, seperti vitamin yang larut dalam lemak.

Makanan berlemak yang tidak sehat adalah makanan yang mengandung banyak lemak jahat, seperti lemak jenuh, kolesterol, dan lemak trans. Jenis lemak ini terdapat pada makanan seperti daging merah, kulit ayam, susu full cream, hingga makanan cepat saji atau makanan olahan seperti kentang goreng, es krim, dan biskuit.

Tetapi, tidak semua makanan berlemak perlu Kamu jauhi. Ada banyak makanan berlemak tinggi yang mengandung lemak sehat dan baik untuk kesehatan.

Berikut Makanan Berlemak Baik untuk Kesehatan :

1. Telur

Telur Sehat

Sebagian orang enggan mengonsumsi telur karena kuning telur mengandung lemak jenuh dan tinggi kolesterol. Akan tetapi, beberapa studi telah membuktikan bahwa konsumsi telur tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan, asalkan jumlah telur yang dikonsumsi tidak berlebihan.

Telur memang mengandung lemak jenuh, namun juga mengandung lemak sehat omega-3 dan protein serta mineral yang tinggi. Kandungan nutrisi pada telur menjadikan makanan ini sehat untuk dikonsumsi. Konsumsi telur secara teratur bahkan dipercaya baik untuk kesehatan jantung, otak, dan mata.

 

2. Kacang

Kacang Sehat
Kacang kaya akan kandungan lemak, vitamin E, vitamin B, magnesium, serat, dan protein. Jenis lemak yang terkandung pada kacang-kacangan adalah lemak sehat. Sebagai contoh, kacang kenari mengandung asam lemak omega 6 atau asam linoleat yang baik untuk kesehatan jantung.

Penelitian menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi kacang cenderung memiliki risiko lebih rendah menderita obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

Selain kenari, kacang yang direkomendasikan sebagai makanan berlemak tinggi yang menyehatkan adalah kacang almond, kacang kedelai, kacang tanah, dan kacang mete. Agar lebih sehat, Anda dapat mengonsumsi kacang yang diolah tanpa banyak tambahan garam, gula, dan minyak.

 

3. Ikan

Ikan Sehat
Ikan termasuk makanan berlemak tinggi yang baik untuk kesehatan karena mengandung lemak tak jenuh ganda dan asam lemak omega-3. Jenis lemak tersebut baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan otak serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Berbagai riset kesehatan telah membuktikan bahwa orang yang rutin menjalani pola makan sehat, termasuk memperbanyak asupan asam lemak omega-3, memiliki risiko lebih rendah terkena beberapa penyakit seperti penyakit jantung dan Alzheimer.

Beberapa jenis ikan yang banyak mengandung lemak sehat, di antaranya ikan sarden, tongkol, kakap, salmon, dan tuna.

 

4. Alpukat

Alpukat Sehat
Alpukat mengandung banyak oleic acid atau lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa lemak tak jenuh tunggal yang terkandung dalam alpukat mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

Selain itu, alpukat juga mengandung nutrisi lain seperti serat, kalium, folat, zat besi, vitamin A, dan vitamin E.

Baca Juga : 7 Manfaat Daun Kelor yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

5. Coklat Hitam

Coklat Hitam Sehat
Coklat hitam merupakan salah satu jenis makanan berlemak tinggi. Selain lemak, coklat hitam juga mengandung serat dan berbagai mineral seperti zat besi, magnesium, mangan, dan tembaga. Coklat hitam juga kaya akan antioksidan.

Berbagai studi telah membuktikan bahwa konsumsi coklat hitam murni (tanpa pemanis) secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Coklat hitam juga dapat memelihara kesehatan dan fungsi otak serta menjaga kesehatan kulit.

Saat hendak mengonsumsi coklat hitam, pilihlah coklat yang tidak mengandung pemanis atau gula tambahan.

 

6. Minyak Zaitun Murni

Minyak Zaitun Sehat

Minyak zaitun murni kerap digunakan untuk memasak atau sebagai campuran salad. Kandungan lemak yang terdapat pada minyak zaitun murni adalah minyak tak jenuh tunggal yang baik bagi kesehatan.

Konsumsi minyak zaitun murni dalam kadar yang tepat dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan lemak pada minyak zaitun juga dapat mengurangi risiko pembentukan plak di pembuluh darah akibat kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Saat mengonsumsi makanan berlemak tinggi, Kamu juga disarankan untuk mengonsumsi makanan berserat. Serat akan membantu tubuh mencerna makanan berlemak tinggi dan membantu mengatasi sembelit.

Mengonsumsi makanan berlemak tinggi dari golongan lemak sehat merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Namun, jika Kamu memiliki masalah kesehatan tertentu, sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter gizi terlebih dahulu sebelum mengonsumsi makanan berlemak tinggi.

Hal ini penting agar dokter dapat menentukan jenis makanan berlemak tinggi yang dapat Kamu konsumsi dan berapa banyak porsinya.

What do you think?

Written by Rian D. Saputra

“Semangat mengubah hidup dengan doa, kesabaran, keikhlasan, ikhtiar akan menjadi ibadah yang sempurna di hadapan Allah”

8 Tanda Membuktikan Bahwa Seorang Pria Benar-Benar Mencintai Anda

8 Tanda Membuktikan Bahwa Seorang Pria Benar-Benar Mencintai Anda

chalwa

Viral Seorang Gadis Asal Purworejo Berteman Dengan 6 Ular Sanca