in

Mengerikan! Berikut Makanan dan Minuman Penghuni Neraka

Makanan dan Minuman Penghuni Neraka - Verse and Dimensions Wikia - Fandom

Sungguh, Neraka merupakan gambaran dari siksaan yang tiada berperi. Ia merupakan puncak dari segala kesakitan.

Apinya lebih panas 70 bagian dari api yang ada di dunia. Warnanya hitam, seperti gelapnya malam. Bara apinya apabila diletakkan pada telapak kaki, maka mampu membuat otak mendidih.

neraka
Makanan dan Minuman Penghuni Neraka – Verse and Dimensions Wikia – Fandom

Ternyata bagi mereka yang masuk neraka nanti, juga sudah disediakan makanan dan minuman sendiri. Jangan berpikir jika apa yang akan diminum atau dimakan di neraka sama dengan di dunia.

Berikut beberapa makanan dan minuman penghuni neraka berdasarkan dalil-dalil shahih dari Al Qur’an dan hadist Rasulullah.

Baca Juga : 7 Fenomena Alam Yang Sudah Dijelaskan dalam Al Quran

Minuman Penghuni Neraka

Setidaknya ada empat jenis minuman yang disiapkan Allah SWT bagi penghuni neraka. Empat jenis minuman itu menyandang nama hamim, ghassaq, ghislin dan shadid. Hamin adalah minuman yang panas, sedangkan gassaq sebaliknya, sangat dingin.

Al – Hamin

Hamim akan menjadi pendamping hidangan makan berupa buah zaqqum. Tentang pohon zaqqum, para ulama menggambarkan sebagai pohon kecil dengan dedaunan yang sangat busuk aromanya. Getahnya mengakibatkan bengkak bila menyentuh badan manusia. Al-Quran menggambarkan kengerian zaqqum dengan ‘mayangnya seperti kepala-kepala setan’.

Hidangan zaqqum dan minuman hamim dijelaskan Allah SWT dalam al-Quran surat As-Shaffat ayat 67:

ثُمَّ إِنَّ لَهُمْ عَلَيْهَا لَشَوْبًا مِّنْ حَمِيمٍ

Artinya : “Kemudian sesudah makan buah pohon zaqqum itu pasti mereka mendapat minuman yang bercampur dengan air yang sangat panas.” ( QS As-Shaffat : 67 )

Ayat tersebut menjelaskan bahwa setelah penduduk neraka memakan buah zaqqum, perut mereka mendidih karena kepanasan. Lalu mereka mencari minuman untuk mendinginkannya. Namun yang didapati adalah hamim, minuman yang justru sangat mendidih.

At-Thabari dalam kitab tafsirnya, Jami’ al-Bayan fi Ta’wil al-Qur’an menambahkan bahwa level mendidihnya air hamim sampai di titik terakhir. Sehingga bukannya malah melegakan namun panasnya semakin menjadi-jadi.

Dalam kitab tafsir Taisirul Karimirrahman fi Tafsiri Kalamil Mannan karya As-Sa’di dijelaskan bahwa ketika penduduk neraka meminum hamim tersebut usus-usus mereka sampai terputus karena saking panasnya.

Al-Ghassaq

Selain minuman hamim ada juga minuman ghassaq. Minuman jenis ini disebutkan Al-Quran dalam surat Shad ayat 57:

هَٰذَا فَلْيَذُوقُوهُ حَمِيمٌ وَغَسَّاقٌ

Artinya : “Inilah (azab neraka), biarlah mereka merasakannya, (minuman mereka) air yang sangat panas dan air yang sangat dingin.” ( QS Shad : 57 )

Ar-Razi dalam Mafatih al-Ghayb menjelaskan bahwa sifat ghassaq ini dingin karena dalam Bahasa Arab kata ini digunakan untuk memberikan keterangan kondisi sore hari ketika matahari tidak lagi menyengat tubuh manusia. Namun yang pasti dinginnya ghassaq ini sangat menyengat dan menyiksa tubuh.

Munasbah ayat yang menjelaskan ghassaq ini masih berkaitan dengan penjelasan hamim. Ketika penduduk neraka meminum air hamim yang sangat mendidih itu mereka mencari air yang bisa menyejukkan. Namun, ternyata yang didapatkan adalah ghassaq, minuman yang sama sekali tidak menyejukkan, malah memperparah keadaan mereka.

Ghislin

Ghislin disebutkan dalam Al-Quran pada surat Al-Haqqah ayat 36 :

وَلَا طَعَامٌ إِلَّا مِنْ غِسْلِينٍ

Artinya : “Dan tiada (pula) makanan sedikitpun (baginya) kecuali dari darah dan nanah.”

Al-Maraghi menjelaskan bahwa ghislin adalah makanan neraka yang berasal dari darah dan nanah tubuh penduduk neraka.

Senada dengan pedapat tersebut Ar-Razi dalam kitab tafsirnya Mafatih al-Ghayb menjelaskan bahwa ghislin adalah makanan yang berasal dari darah dari kulit ahli neraka.

Laman Tafsir Al-Qur’an menjelaskan kata ghislin sendiri berasal dari kata ghasala yang artinya sesuatu kotoran yang keluar ketika seseorang membasuh tubuhnya. Maka bisa diibaratkan bahwa ghislin adalah sesuatu yang dikonsumsi penghuni neraka yang bersumber dari kulit mereka seperti nanah dan lainnya.

Ar-Razi menambahkan keterangan bahwa ghislin ini adalah makanan bagi mereka yang ketika di dunia sering berbuat buruk terhadap mereka sendiri maupun terhadap orang lain.

Ash-Shadid

Kata dasar shadid disebutkan 42 kali dalam Al-Qur’an. Namun Shadid yang disebut sebagai minuman ahli neraka terdapat satu pada surat Ibrahim ayat 16 :

مِّن وَرَائِهِۦ جَهَنَّمُ وَيُسْقَىٰ مِن مَّآءٍ صَدِيدٍ

Artinya : “Di hadapannya ada Jahanam dan dia akan diberi minuman dengan air nanah”

Wahbah Zuhayli dalam Tafsir al-Munir menjelaskan shadid sebagai cairan yang mengalir di tubuh dan kulit ahli neraka berupa darah dan nanah. Kata dasar shadid sendiri mempunyai makna sesuatu yang mengalir atau keluar dari luka bakar dan hal ini diibaratkan dengan minuman ahli neraka.

Penyiksaan di neraka sangatlah pedih. Penduduk neraka mau tidak mau harus makan dan minum itu karena hanya itulah makanan dan minuman yang tersedia. Sedangkan rasa lapar dan haus mereka tidak pernah sekalipun berhenti.

Selain itu, masih banyak siksaan di neraka yang begitu pedih dan kejam, tentunya diperuntukkan bagi orang-orang yang sering berbuat dosa, maksiat dan tidak mau menaati perintah-Nya ketika di dunia. Semoga kita semua dijauhkan dan diselamatkan Allah dari siksa neraka. Aamiin.

Makanan Penghuni Neraka

Melansir kanal YouTube Khalid Basalamah Official

1. Pohon Zaqqum

Pohon Zaqqum berbentuk sebatang pohon yang keluar dari dasar neraka dan buahnya seperti kepala setan-setan yang mengerikan, buahnya bahkan dapat membuat usus penghuni neraka menjadi rusak dan terlepas bercerai-berai.

Mengerikannya Ustadz Khalid Basalamah mengungkapkan bahwa jika air buah tersebut menetes kelapisan bumi maka bisa menghancurkan kehidupan umat manusia.

“Buah Zaqqum dikatakan dalam terjemahan mayangnya seperti kepala setan. Tumbuh dibawah dasar neraka jahim setiap yang memakannya maka usunya akan terburai. Dalam sebuah hadist andai saja setetes bauh Zaqqum ditetesan dibumi ini maka rusaklah segala kehidupan dibumi ini,” kata Ustadz Khalid Basalamah.

2. Pohon Dhari

Pohon dengan duri yang kering dan tidak memiliki daun. Ini makanan yang sangat kejam, jahat, jelek, dan pahit. Sehingga tidak menggemukkan tubuh orang yang memakannya, dan tidak menghilangkan rasa lapar mereka.

“Pohon Dhari pohon duri yang sangat keras tidak dapat mengemukan dan tidak menghilangkan lapar dan dia selalu menyumbat teggorokan sehingga keluar dari leher-leher penghuni neraka. Tidak keluar dan tidak masuk kedalam perut,” sambungnya

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan & nulis, anda senang saya pun ikut senang, jangan lupa untuk baca artikel menarik lainnya yak.

Azab Orang yang Tidak Mau Membayar Hutang

Azab Pedih Orang yang Tidak Mau Membayar Hutang

Ilustrasi Kepribadian (Sumber Pexels by Anastasiya Lobanovskaya)

Tahukah kamu? Kepribadian Seseorang Bisa Dilihat dari Bentuk Dahinya Loh!