in ,

22 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat buah naga untuk ibu hamil - Foto oleh Any Lane

Kepoinkuy.com  – Tampilannya yang unik dan rasanya yang lezat telah membuat buah naga populer di masyarakat, terutama para kalangan pecinta kuliner.

Selain enak, manfaat buah naga cukup beragam. Manfaat sehat tersebut mungkin belum Anda ketahui sebelumnya.

Begitu banyak nutrisi dan vitamin dalam buah naga sehingga seringkali disebut sebagai makanan super atau superfood.

Manfaat Buah Naga
Manfaat Buah Naga – Foto oleh Lovefood Art

Daging buah naga ada yang berwarna ungu dan putih. Biji-biji kecil pada dagingnya memberikan tekstur yang unik saat disantap.

Kandungan buah naga itulah yang membuatnya kaya akan manfaat dan bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Buah dengan rasa manis ini juga ternyata baik dikonsumsi ibu hamil.

Buah naga biasanya juga dijadikan salah satu makanan pendamping ASI atau MPASI. Buah yang kaya vitamin ini ternyata juga baik untuk kesehatan bayi.

Kandungan Buah Naga

Kandungan Buah Naga
Kandungan Buah Naga – Foto oleh Any Lane

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, kandungan gizi dari 100 gram buah naga merah mentah adalah:

  • Air: 85,7 gram
  • Energi: 71 kal.
  • Protein: 1,7 gram
  • Lemak: 3,1 gram
  • Karbohidrat: 9,1 gram
  • Serat: 3,2 gram
  • Abu: 0,4 gram
  • Kalsium: 13 mg
  • Fosfor: 14 mg
  • Zat besi: 0,4 mg
  • Natrium: 10 mg
  • Kalium: 128 mg
  • Seng (Zinc): 0,4 mg
  • Vitamin B1: ,5 mg
  • Vitamin B2: 0,3 mg
  • Niasin atau vitamin B3: 0,5 mg
  • Vitamin C: 1 mg

Tak hanya kandungan di atas, buah naga juga mengandung vitamin dan mineral lainnya, seperti vitamin E dan magnesium. Selain itu, Cleveland Clinic menyebut, buah ini juga mengandung likopen, yaitu senyawa dari kelompok karotenoid yang memberikan warna merah pada buah.

Likopen memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, sebagai penyebab munculnya berbagai penyakit. Selain likopen, buah naga juga mengandung senyawa antioksidan lainnya yang penting bagi tubuh, yaitu betalain dan hydroxycinnamates.

Berikut ini beberapa khasiat buah naga merah untuk kesehatan dan untuk ibu hamil.

Manfaat Buah Naga Merah

Manfaat Buah Naga Merah
Manfaat Buah Naga Merah – Foto oleh Any Lane

1. Mencegah anemia

Konsumsi buah naga merah secara rutin diketahui dapat mencegah tubuh dari anemia. Ini berkat kandungan zat besi yang ada di dalamnya. Zat besi merupakan jenis mineral yang penting dalam proses produksi sel darah merah.

Baca Juga : Kekurangan Darah? Ini dia 15 Makanan Penambah Darah!

Jika tubuh kekurangan zat besi, produksi sel darah merah akan terganggu dan Anda berisiko tinggi mengalami anemia. Dengan mengonsumsi buah naga merah, kebutuhan zat besi tubuh akan tetap terjaga.

2. Memelihara kesehatan tulang

Kalsium diperlukan tubuh untuk memelihara kesehatan tulang. Selain itu, kalsium juga diperlukan oleh organ, otot, dan saraf di dalam tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.

Buah naga merah diketahui mengandung kalsium di dalamnya. Oleh karena itu, Anda bisa menjadikan buah naga merah sebagai camilan sehat untuk mencukupi kebutuhan kalsium harian Anda.

3. Meningkatkan imun tubuh

Vitamin C tingkat tinggi dalam buah naga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga membantu dalam memerangi batuk dan asma.Vitamin ini juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka.

4. Melancarkan pencernaan

Buah naga mengandung prebiotik yang berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus Anda. Dilansir dari jurnal Food Chemistry, prebiotik adalah serat tanaman yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di lambung Anda.

Mengonsumsi buah naga secara teratur dapat mengurangi risiko infeksi pada saluran pencernaan dan diare. Kehadiran prebiotik akan mendorong pertumbuhan bakteri baik dan mengalahkan bakteri jahat.

5. Kaya Vitamin C

Buah naga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Karena itulah, manfaat buah naga dapat menjadi sumber vitamin C yang baik. Faktanya, jumlah vitamin C dalam buah naga ternyata tiga kali lipat lebih banyak daripada yang ada pada wortel.

Pada buah naga berukuran 100 gram terkandung 21 mg vitamin C, atau sebanding dengan 34 persen kebutuhan vitamin C harian orang dewasa.

Baca Juga : Mengonsumsi Vitamin C Dapat Menjaga Kesehatan dari Infeksi Virus Corona

Vitamin C yang terkandung dalam buah naga, selain berfungsi untuk menjaga kebugaran, daya tahan tubuh, dan kesehatan kulit, juga dapat berperan untuk membantu penyerapan zat besi di dalam saluran cerna.

6. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Buah naga merah merupakan jenis buah yang kaya antioksidan dan zat antosianin, yaitu pewarna alami yang memberikan warna cerah pada buah.

Kedua zat tersebut diketahui dapat melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan bahkan membantu tubuh terhindar dari risiko terkena kanker.

7. Merangsang pembentukan kolagen

Kandungan vitamin C yang ada pada buah naga merah bisa membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak kolagen. Dengan demikian, kelenturan dan kesehatan kulit akan tetap terjaga dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan.

Tak hanya untuk kesehatan kulit, vitamin C pada buah naga merah juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

8. Meningkatkan kesehatan usus

Buah naga memiliki kandungan prebiotik sehingga berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus. Prebiotik merupakan serat khusus yang penting untuk mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus.

Baca Juga : Inilah 5 Manfaat Serat Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Secara khusus, buah naga mendorong pertumbuhan dua bakteri sehat, yakni bakteri asam laktat dan bakteri bifidobacteria.

9. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah naga yang selanjutnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh berkat kandungan vitamin C dan karotenoid. Selain itu, dua kandungan tersebut juga bermanfaat untuk melindungi sel darah putih dari kerusakan.

10. Meningkatkan kadar zat besi

Buah naga merupakan salah satu buah yang mengandung zat besi, yang penting untuk pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan asupan zat besi, buah naga bisa menjadi pilihan yang tepat karena satu porsinya mengandung 8 persen dari kebutuhan harian zat besi.

11. Mencegah Sembelit

Manfaat lain dari buah naga yakni untuk mengatasi permasalahan pada pencernaan salah satunya sembelit. Buah ini memiliki kandungan oligosakarida yang merupakan prebiotik alami sehingga baik untuk kesehatan pencernaan.

Kandungan serat yang cukup tinggi juga membuat buah yang satu ini memiliki peran untuk mengontrol gerakan pada usus.

12. Cocok untuk Diet

Bagi anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan tidak ada salahnya untuk menambahkan buah naga dalam daftar makanan sehat yang dikonsumsi setiap hari.

Manfaat buah naga untuk diet karena didalamnya terdapat serat yang cukup tinggi namun kalorinya rendah sehingga cocok sekali untuk camilan saat sedang diet. Anda tetap bisa merasa kenyang tanpa perlu merasa bersalah dengan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

manfaat buah naga untuk ibu hamil
Manfaat buah naga untuk ibu hamil – Foto oleh Any Lane

13. Mencegah Keguguran

Manfaat buah naga untuk ibu hamil selanjutnya yakni untuk menjaga kandungan agar tidak keguguran. Buah naga memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang beperan penting dalam menjaga janin di dalam rahim ibu terutama saat trimester pertama.

14. Menambah Energi pada Ibu Hamil

Energi lebih sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Sebab pada masa kehamilan energi ini tidak hanya digunakan untuk kebutuhan ibu hamil saja namun juga diberikan kapa bayi yang dikandungnya. Oleh sebab itu, kebutuhan energi harus cukup.

Buah naga memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, konsumsi buah naga juga bisa membantu mencukupi energi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

15. Menjaga Kesehatan Mata

Meskipun saat masih bayi belum banyak mengalami masalah pada mata, namun upaya pencegahan perlu dilakukan sedini mungkin. Buah naga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi.

Kandungan vitamin inilah yang beperan sangat penting untuk memelihara kesehatan mata. Tidak hanya itu, vitamin A juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit bayi.

Baca Juga : 6 Tips Cara Membuat Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan, For Mom’s !

16. Melancarkan Pencernaan Bayi

Manfaat buah naga selanjutnya yakni bisa melancarkan pencernaan bayi. Gangguan pencernaan ini memang sering dialami oleh bayi. Akan tetapi bayi belum boleh mengkonsumsi banyak obat kimia, sehingga untuk mengatasinya harus menggunakan bahan alami seperti buah naga.

Kandungan serat yang tinggi membuat buah ini bisa mengatasi sembelit. Selain itu, buah naga juga merupakan sumber prebiotik yang baik untuk menjaga kesehatan organ pencernaan.

manfaat buah naga untuk wajah
manfaat buah naga untuk wajah – Foto oleh Md. Momtaz Ali

17. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas juga ternyata berbahaya untuk kesehatan bayi. Salah satu upaya untuk melindungi bayi dari radikal bebas yakni dengan perbanyak konsumsi senyawa antioksidan.

Buah naga menjadi salah satu sumber antioksidan alami yang aman dikonsumsi bayi pada masa MPASI. Buah ini juga memiliki rasa yang manis, sehingga bayi pasti menyukainya.

18. Tinggi Serat

Sangat penting untuk menambahkan makanan yang kaya akan serat dalam konsumsi harian. Rekomendasi jumlah serat per hari untuk wanita, yaitu sebanyak 25 gram, sedangkan pada pria sebanyak 38 gram.

Khasiat buah naga berikutnya ialah mengandung serat sebanyak 7 gram untuk sekali sajian. Kandungan serat buah naga yang tinggi tersebut dapat memenuhi kebutuhan serat harian Anda.

19. Melawan Diabetes

Manfaat buah naga berikutnya adalah membantu kadar gula darah Anda tetap stabil. Para peneliti menyatakan, hal ini disebabkan karena buah naga dapat membantu regenerasi sel pankreas yang rusak pada penderita diabetes. Namun, penelitian yang lebih mendalam mengenai hal ini masih diperlukan.

20. Mengatasi Penuaan

Mengonsumsi buah naga dapat menjaga kulit Anda tetap awet muda dan tetap kencang. Anda dapat memperoleh manfaat buah naga yang satu ini dengan menjadikan buah naga sebagai masker wajah.

21. Mengatasi Kerusakan Rambut

Rambut yang telah diwarnai dengan zat kimia dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan. Nah, manfaat buah naga sangat baik untuk perawatan rambut yang telah diwarnai.

Caranya, Anda dapat memanfaatkan buah naga yang telah dijus. Kemudian, oleskan jus buah naga pada kulit kepala Anda sebelum keramas.

Hal ini akan membantu melindungi kesehatan folikel rambut. Vitamin dan mineral didalam buah naga dapat memberikan nutrisi pada kulit kepala agar pertumbuhan rambut Anda sehat.

22. Membantu Mengatasi Kulit yang Terbakar Matahari

Selain mengurangi jerawat, manfaat buah naga juga dapat mengatasi luka kulit akibat berjemur. Kandungan buah naga yang tinggi akan vitamin B3 dapat melembapkan kulit yang terbakar.

Anda dapat menggunakan pasta buah naga yang telah dicampur dengan timun dan madu

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan & nulis, anda senang saya pun ikut senang, jangan lupa untuk baca artikel menarik lainnya yak.

Manfaat Vitamin D3

Bisa Mengobati Penyakit, Berikut Manfaat Vitamin D3 Untuk Tubuh

Bacaan dzikir petang

Lengkap Bacaan Dzikir Petang Serta Manfaatnya