in ,

Segudang Manfaat Daun Binahong dan Efek Sampingnya

Efek samping binahong - ivoox

Kepoinkuy.com – Secara tradisional daun binahong sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti hipertensi, asam urat, tipes, kolesterol tinggi, nyeri sendi, pegal linu, dan penyakit diabetes.

Binahong merupakan tanaman rambat yang kaya akan manfaat. Biasanya, tanaman binahong banyak dibudidayakan di pekarangan. Tidak heran, binahong termasuk dalam Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Melansir dari Healthline, daun binahong atau dikenal dengan daun madeira vine ini memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri yang penting untuk kesehatan tubuh.

Manfaat daun binahong
Manfaat daun binahong – alodokter

Hasil penelitian menyebutkan bahwa daun binahong mengandung banyak nutrisi, antara lain Glucan C, Betakaroten, Asam Organik, L-Arabinosa Mucopolysaccharide, D- Galaktosa, Asam aldonat, dan beberapa vitamin.

Selain itu, daun binahong juga didukung oleh kandungan senyawa alami seperti flavon, tanin, dan saponin yang mampu mencegah berbagai penyakit kronis. Daunnya bersifat antioksidan, antiinflamasi, serta anti nyeri.

Baca Juga : 20 Manfaat Daun Kelor dan Efek Sampingnya

Di tanah air Binahong banyak dimanfaatkan dalam dunia pengobatan herbal. Dari seluruh bagiannya daun binahong yang kerab dijadikan obat herbal.

Berikut manfaat daun binahong bagi kesehatan yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Mencegah Diabetes

Mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin dapat membantu mengontrol kadar gula di dalam darah.

Kandungan flavonoid di dalam daun binahong berperan menghambat penyerapan gula dan dapat meningkatkan produksi dan fungsi hormon insulin.

2. Lemah Syahwat

Buat para pria yang mengeluhkan soal ini, air rebusan daun binahong diyakini bisa mengembalikan kepercayaan diri Anda saat di atas ranjang.

Caranya, rebus 3-10 lembar daun binahong dengan dua gelas air sampai mendidih. Lalu, sisihkan menjadi satu gelas saja dan minum selagi hangat secara rutin.

3. Meminimalisir Risiko Serangan Kanker

Kaya akan antioksidan sehingga daun binahong dinilai mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Caranya, cukup minum air rebusan daun binahong kering satu kali sehari secara rutin.

4. Mengobati luka

Daun binahong juga memiliki efek farmakologis antimikroba yang berperan mencegah infeksi pada luka. Cukup tempelkan daun binahong di atas luka yang baru. Daun binahong mampu menyembuhkan dengan cepat luka tersebut.

Kandungan saponin pada daun binahon mampu berperan sebagai antiseptik, yang bisa menurunkan risiko infeksi bakteri yang dapat memperlambat penyembuhan luka. Sementara itu, kandungan flavonoid dalam daun binahong juga terbukti efektif mengurangi peradangan pada luka.

5. Mengatasi Asam Urat

Banyak faktor yang menjadi penyebab asam urat, salah satunya terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak.

Cara mengatasi asam urat yang paling mudah yaitu dengan ekstrak daun binahong. Kandungan flavonoid pada daun binahong berfungsi efektif menghambat pembentukan asam urat, sehingga mampu mengurangi risiko serangan asam urat.

6. Mencegah Hipertensi

Cara mengatasi hipertensi yang cukup efektif adalah dengan mengonsumsi ekstrak daun binahong merah.

Sebab, daun binahong merah memiliki efek obat hipertensi penghambat beta dan diuretik. Tentu saja manfaat daun binahong merah ini bisa didapatkan dengan cara mengonsumsinya secara teratur.

7.  Menurunkan Risiko Penyakit Ginjal

Banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ginjal, salah satunya mengonsumsi daun binahong merah.

Manfaat daun binahong merah ini didapat karena kandungan senyawa aktif yang mampu meningkatkan fungsi ginjal, khusunya pada kondisi gagal ginjal kronis.

Dengan mengonsumsi ekstrak binahong merah secara teratur, dapat meningkatkan fungsi ginjal.

8. Mengatasi Maag

Maag bisa menyerang siapa saja. Saat maag kambuh, Anda pasti merasa tidak nyaman. Daun binahong efektif mengobat maag, solusi untuk Anda yang enggan minum obat kimia.

Anda cukup rebus 10 lembar daun binahong dengan satu gelas air sampai mendidih. Anda minum air rebusan binahong tiga kali sehari.

9. Sariawan kronis

Sariawan memang bukan penyakit yang mengkhawatirkan. Namun, Anda pasti merasa tidak nyaman saat menderita sariawan.

Daun binahong efektif mengobati sariawan kronis. Anda cukup minum air rebusan daun binahong yang sudah didinginkan.

10. Darah rendah

Anda penderita darah rendah? Daun binahong bermanfaat mengontrol tekanan darah dalam tumbuh. Selain itu daun binahong efektif mengobati darah rendah.

11. Mengobati Jerawat

Jerawat adalah musuh para kaum hawa. Ternyata, daun binahong efektif mengobati jerawat. Anda cukup bubuhkan daun binahong yang sudah dihaluskan ke permukaan wajah.

Untuk merasakan manfaat yang maksimal, Anda minum rebusan daun binahong dengan ditambahkan sedikit madu.

12. Menyembuhkan Batuk

Daun binahong juga bisa menyembuhkan batuk, solusi untuk Anda yang enggan minum obat batuk kimia. Untuk mendapatkan manfaatnya Anda cukup minum air rebusan daun binahong.

13. Sesak nafas

Daun binahong juga bermanfaat sebagai obat herbal untuk sesak nafas.Untuk merasakan manfaatnya, Anda rebus 7 lembat daun binahong dengan 2 gelas air sampai mendidih dan menyisahkan 1 gelas air. Anda minum air rebusan daun binahong selagi hangat. Anda sebaiknya minum obat herbal tersebut secara rutin.

11. Melancarkan haid

Kaum perempuan merasa tidak nyaman saat haid tidak lancar. Daun binahong bermanfaat untuk membantu melancarkan haid.

Untuk merasakan manfaatnya Anda rebus 3 lembar daun binahong dengan dua gelas air sampai mendidih dan menyisahkan setengahnya. Anda minum air rebusan daun binahong secara rutin.

12. Meningkatkan daya tahan dan stamina tubuh

Cuaca sedang tidak menentu, agar tidak mudah sakit Anda sebaiknya menjaga daya tahan dan stamina tubuh tetap maksimal.

Daun binahong dipercaya bisa meningkatkan daya tahan dan stamina tubuh. Anda cukup merebus satu lembar daun binahong dengan dua gelas air sampai menyisahkan setengahnya. Anda minum air rebusan daun binahong secara rutin satu kali sehari.

Baca Juga : 17 Khasiat Daun Bidara Bagi Kesehatan

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk daun binahong untuk orang dewasa?

Efek samping binahong
Efek samping binahong – ivoox

Tidak ada penelitian klinis hingga saat ini tentang petunjuk penggunaan herbal ini. Dosis dari tanaman herbal dapat berbeda pada tiap pasien. Dosis yang Anda perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain.

Ingat, tanaman herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi. Jadi, selalu diskusikan dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang cocok untuk Anda.

Efek samping binahong

Daun binahong memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi daun binahong secara berlebihan.

Sebab, mengonsumsi daun binahong terlalu banyak bisa menyebabkan kepala pusing, sulit buang air kecil, jantung berdebar, kehilangan nafsu makan, sakit kepala, mual, muntah, dan insomnia.

Beberapa hal penting yang harus diketahui sebelum mengonsumsi herbal ini adalah:

  • Hindari menggunakan herbal ini jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap daun binahong.
  • Hindari herbal ini jika Anda sedang hamil atau menyusui.

Written by Ikhsan Bakhri

Hobi jalan-jalan, makan & nulis, anda senang saya pun ikut senang, jangan lupa untuk baca artikel menarik lainnya yak.

Ini list anime genre komedi yang kamu cari, yuk simak!

5 Website Untuk Tes Kecepatan Internet Dari HP dan PC Agar Akurat

5 Website Untuk Tes Kecepatan Internet Dari HP dan PC Agar Akurat !